Jadi Ibu Baru, Ini Tips Menghadapi Jadwal Tidur Baby New Born

Waktu Baca: 2 menitRabu, 10 Juni 2020 10:59 WIB
jam-tidur-baby-new-born

happinest.id - Usai perjuangan berat melahirkan sang buah hati, seorang ibu membutuhkan banyak waktu untuk beristirahat guna memulihkan tenaga dan mengurus anak sepanjang hari. Sayangnya, hal itu jarang dialami ibu baru (new Moms) yang harus berjibaku dengan jadwal tidur bayi baru lahir yang berantakan.

Selain masih mudah lapar, sang buah hati juga belum bisa membedakan siang dan malam, sehingga sering terbangun di malam hari. Tapi, Moms bisa kok mengatur jadwal tidurnya sejak kecil dengan tips-tips dari The Baby Sleep Guide yang ditulis oleh Stephanie Modell.

Sebenarnya wajarkah bayi baru lahir tidur terus? jangan cemas dulu Moms, Banyak faktnya kalau bayi banyak tidur itu malah normal-normal saja kok.

Berikut Tips Menghadapi Jadwal Tidur Baby New Born:

Ajarkan Tentang Perbedaan Siang dan Malam

Agar anak terbiasa bangun di pagi hingga siang hari dan beristirahat lebih lama di malam hari, ajarkan tentang beda siang dan malam sejak dini. Pada siang hari berikan lebih banyak interaksi verbal dan fisik, misalnya pergi berjalan-jalan untuk menikmati cahaya matahari dan udara segar di taman maupun luar rumah.

Berkebalikan dengan yang dilakukan oleh kebanyakan orang, biarkan si kecil tidur siang dengan suara-suara normal di sekitarnya. Sedangkan di malam hari, jaga ruang tidur bercahaya redup atau matikan untuk membuat anak lebih cepat terlelap.

Selain itu, minimalkan interaksi dengan menyanyikan lagu lembut atau mendengarkan white noise. Jaga agar kamar tetap nyaman dan hangat, tapi tidak terlalu dingin atau terlalu panas yang dapat mengganggu tidurnya.

Konsisten pada Jadwal Tidur

Jadwal tidur yang teratur bisa mulai diperkenalkan sejak bayi. Perkirakan kapan si kecil mulai menunjukkan tanda-tanda mengantuk dan butuh tidur. Jika sudah bisa mengira waktu tidur, biasakan untuk meredupkan cahaya lampu untuk memproduksi hormon melatonin, hormon yang bertanggung jawab mengatur pola tidur.

Ciptakan Rutinitas Sebelum Tidur

Semakin lama, bayi mulai mengerti rutinitas yang dilakukannya setiap hari. Misalnya setiap pagi jika ia seakan sudah menunggu saatnya mandi atau saat dibawa berjalan-jalan ke luar rumah. Sama dengan melatih bayi agar dapat tidur dengan teratur, ciptakan rutinitas yang konsisten sebelum tidur. Mulai dari memandikan dengan air hangat yang bikin rileks, memberinya susu, bacakan dongeng, lalu redupkan lampunya.

Beri Kesempatan untuk Terlelap Sendiri

Saat mengantuk dan ingin tidur, bayi biasanya menjadi rewel. Kebanyakan orangtua baru akan buru-buru menggendongnya hingga tidur atau memberikan susu dalam botol dot sampai ketiduran.

Percayai kemampuannya dan beri waktu untuk mencoba menenangkan dirinya sendiri sebelum benar-benar tidur dengan nyenyak. Cara ini akan membantunya untuk dapat kembali tidur sendiri, saat tiba-tiba terbangun di tengah malam.

Baringkan Bayi untuk Tidur

Jangan tunggu sampai anak tertidur dalam gendongan atau pangkuan. Baringkan si kecil di tempat tidurnya dalam kondisi sangat mengantuk, sehingga hanya butuh waktu sebentar untuk terlelap. Dalam jangka panjang, cara ini akan membantunya terbiasa tidur sendiri dan berlangsung sepanjang malam.

Bayi baru lahir bisa memiliki pola tidur yang teratur, asal konsisten menerapkan kebiasaan ini. Selamat mencoba Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Jadi Ibu Baru, Ini Tips Menghadapi Jadwal Tidur Baby New Born"
related post
Pasangan Baru Menikah, Yuk Pahami Tips Keuangan Keluarga Dari Dasar

happinest.id - Yang baru menikah, pasti sedang hangat-hangatnya. Pergi ke mana pun, tangan selalu menggandeng ... Lanjut Baca

Apakah Popok Sekali Pakai Untuk Bayi Baru Lahir Aman Digunakan?

happinest.id - Menjadi seorang ibu baru pasti memberikan kesan tersendiri dalam mengurus buah hati. Tentunya ... Lanjut Baca

Tips Mempertahankan Keharmonisan Keluarga Setelah 5 Tahun Menikah

happinest.id - Ketika pernikahan tak seindah dulu, ketika baru saja mengucap janji setia sampai mati, ... Lanjut Baca