Inilah Pentingnya Kedekatan Emosional Ayah Dan Anak Perempuannya

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 24 Agustus 2019 11:00 WIB
Kedekatan Emosional Ayah Dan Anak
Sumber: valleyeye

Happinest.id - Tak bisa disangkal, hubungan Dads dan anak perempuannya adalah hubungan yang unik. Dalam beberapa keluarga, ada kalanya anak terihat malu, bahkan takut untuk berinteraksi dengan ayahnya. Dads, disadari atau tidak biasanya anak perempuan begitu mengidolakan ayahnya lho bahkan seringkali ia memposisikan Dads sebagai sosok lelaki pertama yang dicintainya. Faktanya, kedekatan ayah pengaruhi anak perempuan dalam segala aspek kehidupannya. Untuk memahami seberapa pentingkah kedekatan emosial Dads dengan anak perempuannya, yuk kita pelajari bersama di sini, Dads!

Kedekatan Dads Dengan Anak Perempuan Mampu Menguatkan Karakter Pribadinya Dalam Menjalani Kehidupan

Pentingnya Kedekatan Emosional Ayah Dan Anak Perempuannya Kedekatan Dads dengan Anak Perempuan Mampu Menguatkan Karakter Pribadinya
Sumber: Freepik.com

Sebagai lelaki pertama dalam hidup seorang anak perempuan, Dads menjadi sosok yang pertama mengenalkan identitas laki-laki pada anak perempuan. Ia akan menilai seorang laki-laki dari contoh yang dilakukan Dads kepada keluarga. Jika Dads orang yang keras, maka ia akan menerjemahkan lelaki sebagai manusia yang tidak intoleran. Jika Dads semena-mena, maka ia akan memandang remeh pada lelaki karena dianggap sebagai manusia yang tidak bertanggung jawab. Cara Dads bersikap sangatlah menentukan persepsi anak perempuan terhadap lelaki.

Dari Dads, anak perempuan mengenal sifat tegas dan berani untuk menghadapi permasalahan apa pun. Kekuatan yang Dads ajarkan akan membentuknya untuk tetap melangkah setelah menangis. Keberanian Dads mempertahankan prinsip hidupnya dapat menguatkan anak perempuan untuk membela prinsip hidup yang ia pelajari dari Dads. Hal ini tentu jadi alasan mengapa anak perempuan harus dekat dengan ayahnya. Berusahalah menjadi sosok ayah gentleman dengan cara Dads sendiri sehingga ia menjadikan Dads role model favoritnya.

Kehadiran Dads Dalam Pengasuhan Anak Perempuan Mampu Membentuk Pola Pikirnya Menjadi Lebih Baik

Kehadiran Dads Dalam Pengasuhan Anak Perempuan Mampu Membentuk Pola Pikirnya Menjadi Lebih Baik
Sumber: Yandex.com

Dads adalah sisi lain dalam kehidupan anak perempuan. Sikap Dads yang logis seringkali berhasil meluruskan anak perempuan yang terlanjur emosional. Dads yang berpikir praktis menjadi tempat belajar sehingga ia lebih aplikatif dalam memecahkan masalah. Sedangkan dari Moms, anak perempuan akan belajar keteraturan dan estetika. Kombinasi keduanya menjadikan anak perempuan memiliki pola pikir yang lebih baik. Kepercayaan anak perempuan akan semakin tinggi kepada Dads saat ia melihat perlakuan baik yang Dads tunjukan kepada Moms.

Kualitas Hubungan Dads Dan Anak Perempuan Dapat Mempengaruhi Persepsinya Tentang Sosok Pasangan Hidup Di Masa Depan

Kualitas Hubungan Dads Dan Anak Perempuan
Sumber: Thetahoeweekly.com

Alasan anak perempuan lebih dekat dengan ayah adalah karena ia membutuhkan pemenuhan rasa cinta dalam kehidupannya. Limpahan cinta, kasih sayang, dan perhatian dari Dads menjadi pengisi ruang cinta di dalam hati anak perempuan. Anak perempuan yang merasakan limpahan cinta dari ayahnya tidak akan mencari perhatian dari lawan jenisnya. Bahkan, sosok Dads menjadi gambaran ideal dari sosok lelaki yang akan menjadi pasangan hidupnya di masa depan.

Kualitas kedekatan Dads dengan anak perempuan bukan dinilai dari sering atau tidaknya Dads ada di rumah, lho. Namun bagaimana Dads menghadirkan seluruh perhatiannya saat quality time bersama anak perempuannya. Yuk, mulai hari ini Dads ekspresikan rasa cinta dan perhatian Dads yang begitu besar kepada anak-anak terutama anak perempuan. Entah itu dengan bahasa atau sikap yang bisa Dads tunjukkan sehingga anak sadar betapa besarnya limpahan rasa cinta dan kasih sayang dari Dads.

Sosok Dads Yang Sepenuhnya Hadir Untuk Anak Perempuan Mampu Memberikan Rasa Aman Dalam Dirinya

Sosok Dads Yang Sepenuhnya Hadir Untuk Anak Perempuan Mampu Memberikan Rasa Aman Dalam Dirinya
Sumber: Yandex.com

Rasa aman adalah salah satu kebutuhan utama manusia, termasuk bagi anak perempuan Dads. Bagi si kecil, Dads menjadi sosok lelaki terdekat dalam hidupnya dan mampu menghadirkan rasa aman baginya. Anak akan tampil sebagai pribadi yang percaya diri saat kebutuhan ini telah terpenuhi. Dukungan yang selalu Dads berikan adalah modal awal dalam membentuk karakternya. Inilah salah satu dampak psikologis jika anak dekat dengan ayahnya, Dads.

Kedekatan Dads Dengan Anak Perempuan Mampu Membuatnya Menghargai Perbedaan

Kedekatan Dads Dengan Anak Perempuan Mampu Membuatnya Menghargai Perbedaan
Sumber: Yandex.com

Perbedaan karakter Dads dan Moms adalah pelajaran pertama yang anak pahami tentang sebuah perbedaan. Dads bisa mulai menjelaskan betapa setiap manusia itu unik dengan karakternya masing-masing. Namun, hal yang terpenting adalah bagaimana karakternya dapat membawa kebaikan bagi orang lain dan tidak menjadi orang yang mudah menghakimi. Dads bisa mulai berbincang tentang sikap toleransi yang harus dimiliki sebagai manusia sosial.

Dads bisa lakukan berbagai momen bonding melalui berbagai kegiatan antara Dads dan anak perempuan agar hubungan batin semakin terjalin. Anak perempuan Dads adalah harta berharga yang dititipkan Tuhan kepada Dads. Jangan lupa untuk menerapkan berbagai metode pendidikan anak yang terbaik untuknya agar tak hanya pertumbuhan psikologisnya saja yang berkembang dengan baik, namun juga dari sisi kognitif anak perempuan Dads.

Demikian beberapa alasan pentingnya kedekatan emosional Dads dan anak perempuannya. Kualitas yang dimiliki perempuan yang dekat dengan ayah tentu akan membangun karakter sang anak perempuan menjadi semakin matang dan siap menghadapi tantangan. Semoga Dads semakin termotivasi untuk memperbaiki hubungan emosional dengan si anak gadis ya! Nah, bagaimana dengan Dads? Apakah Dads memiliki pendapat lain mengenai pentingnya menjalin kedekatan emosional dengan anak perempuan? Silakan bagikan pendapat Dads di kolom komentar. Kami akan sangat senang mendengar cerita dari Dads di seluruh Indonesia.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Inilah Pentingnya Kedekatan Emosional Ayah Dan Anak Perempuannya"
related post
Apa Benar Anak Yang Jujur Akan Dipercaya, Disayang Dan Menjadi Sukses?

Anak yang jujur akan mendapatkan kesuksesannya, asalkan mampu menjaganya sampai dewasa, apakah pernyataan ini benar? ... Lanjut Baca

Ini Lho Bahaya Ketika Anak Kebanyakan Main Gadget, Bisa Merusak Mata

Anak main gadget sebenarnya mempunyai dampak positif, hanya saja satu catatan penting yang perlu dipahami ... Lanjut Baca

7 Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari, Kunci Mendidik Mental Anak Sehat

Memeluk anak merupakan kesempatan yang bahagaia bagi semua orang tua. Ketika sang buah hati baru ... Lanjut Baca