Inilah Ciri Masa Puber Anak, Orangtua Wajib Pahami Nih!

Selasa, 20 Agustus 2019 11:00 WIB
ciri masa puber anak
Sumber: Pixabay.com/Manseok

Happinest.id - Masa remaja seringkali datang tanpa disadari orang tua. Padahal Moms dan Dads harus tahu apakah anak sudah memasuki puber dan bagaimana ciri anak puber itu sendiri. Jika tidak siap dalam menghadapi anak puber, maka dampaknya hubungan Moms dan anak pun bisa turut merenggang. Ini terjadi karena si anak remaja membutuhkan pemahaman, sedangkan Moms dan Dads mungkin belum bisa memahaminya. Apalagi jika anak puber lebih awal. Nah, maka dari itu, pahamilah dahulu bila masa puber anak akan diikuti dengan berbagai ciri. Ada ciri ciri puber anak perempuan dan anak laki-laki. Yuk pelajari tiap ciri anak puber tersebut, Moms!

Ciri Ciri Puber Anak Perempuan

Pada dasarnya, ciri anak puber pada perempuan dan laki-laki berbeda. Namun, untuk lebih mudah mengenalinya, Moms harus mempelajari keduanya. Pada bagian pertama ini, mari kita pelajari apa saja ciri ciri yang akan muncul di masa puber anak remaja perempuan. 

1. Anak Perempuan Mengalami Perubahan Bentuk Pada Payudara Dan Pinggul Lho Moms

Anak Perempuan Mengalami Perubahan Bentuk Pada Payudara Dan Pinggul Lho Moms
Sumber: Pixabay.com/Silviarita

Sebenarnya, ciri-ciri puber anak perempuan ternyata bukanlah menstruasi, tetapi perubahan bentuk fisik pada payudara dan pinggul sang remaja. Secara umum, memang ada banyak anak perempuan yang sudah mengalami perubahan pada bentuk payudara dan pinggul, tapi belum mengalami menstruasi. Walau begitu, anak perempuan ini sudah bisa dikatakan mengalami masa puber anak remaja, lalu dilanjutkan dengan proses datangnya menstruasi pertama. Jika Moms sudah lihat perubahan, segera edukasi cara berpakaian yang tepat ya, Moms!

2. Nah, Anak Perempuan Pasti Mengalami Menstruasi Pertama (Menarche) Dan Muncul Jerawat

Nah, Anak Perempuan Pasti Mengalami Menstruasi Pertama (Menarche) Dan Muncul Jerawat
Sumber: Pixabay.com/Kjerstin_Michaela

Menstruasi menjadi salah satu ciri ciri puber anak perempuan yang seringkali dijadikan patokan bahwa masa puber anak remaja perempuan sudah mulai. Di saat inilah Moms memiliki peranan penting dalam menemani anak remaja perempuan memahami periode menstruasi tersebut. Berikan edukasi kepadanya tentang bagaimana menjaga kebersihan selama menstruasi atau cara menggunakan pembalut. Saat masa ini pula biasanya akan muncul jerawat yang biasanya membuat mereka tidak percaya diri. Namun, Moms bisa katakan ia tetap cantik apa adanya.

3. Moms, Edukasi Tumbuhnya Rambut Pada Kemaluan Anak Perempuan Ya

Moms, Edukasi Tumbuhnya Rambut Pada Kemaluan Anak Perempuan Ya
Sumber: Pixabay.com/Silviarita

Ciri masa puber anak perempuan berikutnya adalah tumbuhnya rambut pada kemaluan. Jika anak Moms sifatnya tertutup, Moms yang harus mencari tahu dengan bertanya. Pastikan bahwa anak perempuan Moms memahami mengapa tumbuh rambut pada kemaluannya dan bagaimana menjaga kebersihannya. Selalu temani anak perempuan di masa puber anak remaja ini ya Moms, dengan begitu mereka bisa melaluinya dengan lebih mudah.

Ciri Ciri Puber Anak Laki-laki

Setelah mengetahui apa saja ciri ciri puber anak perempuan, selanjutnya mari kita pelajari apa saja ciri anak puber laki-laki. Peran Dads sangat diperlukan untuk membantu anak laki-laki memahami ciri anak puber yang dialaminya. Penasaran? Berikut ulasannya ya Dads!

1. Dads, Edukasi Anak Laki-laki Yang Mengalami Mimpi Basah Ya

Dads, Edukasi Anak Laki-laki yang Mengalami Mimpi Basah Ya
Sumber: Unsplash.com/Joel Overbeck

Pada anak laki-laki, ciri anak puber yang pertama dialami biasanya adalah mimpi basah. Ini merupakan kondisi ereksi yang dialami remaja laki-laki di pagi hari yang terjadi secara alami. Alasannya memang tidak dimengerti oleh si anak, tetapi sebenarnya kondisi ini adalah sebagai tanda bahwa dirinya telah memasuki masa puber anak remaja. Ada anak mengalami mimpi basah lebih awal di usia 11 tahun, adapun juga yang baru mengalaminya di usia 15 tahun. 

2. Anak Laki-laki Akan Tumbuh Jakun Dan Mengalami Perubahan Suara Juga Nih!

Anak Laki-Laki Akan Tumbuh Jakun Dan Mengalami Perubahan Suara Juga Nih
Sumber: Wikipedia.com

Ciri masa puber anak laki-laki berikutnya dapat dilihat pada bagian lehernya nih, Dads. Biasanya anak laki-laki yang sudah beranjak remaja akan muncul jakun. Jika sudah memiliki jakun, suara anak laki-laki akan berubah menjadi lebih berat. Tidak ada lagi suara cempreng seperti masih kanak-kanak. Jadi, Dads bisa memperhatikan dari bentuk jakun di leher dan suara si anak ya.

3. Akan Terjadi Juga Pembesaran Pada Bagian Penis Lho Dads

Akan Terjadi Juga Pembesaran Pada Bagian Penis Lho Dads
Sumber.com: Unsplash.com/Baylee Gramling

Selanjutnya, ciri puber anak remaja laki-laki yang juga mungkin akan sangat enggan diceritakan pada Moms dan Dads adalah pembesaran pada bagian penisnya. Hal ini sangat umum terjadi di masyarakat Indonesia, karena anak-anak menganggap tabu membicarakan mengenai tanda perubahan organ intim yang dialaminya pada orang tua. Oleh karena itu, Dads bisa lebih aktif menanyakan dan kemudian edukasi dengan baik perubahan fisik pada anak laki-laki ini.

4. Anak Laki-laki Juga Mengalami Tumbuhnya Rambut Pada Kemaluan Dan Bagian Tubuh Lain

Anak Laki-laki Juga Mengalami Tumbuhnya Rambut Pada Kemaluan Dan Bagian Tubuh Lain
Sumber: Unsplash.com/Ben Warren

Ciri anak puber ini sama antara anak perempuan dan laki-laki. Anak perempuan juga mengalami tumbuhnya rambut pada kemaluan di masa puber anak remaja, begitu juga anak laki-laki. Dads kali ini berperan untuk membantu anak laki-laki memahami bagaimana pentingnya menjaga kebersihan rambut pada kemaluan dan menjaga kebersihan kemaluan itu sendiri.

Moms dan Dads sekarang sudah mengetahui apa saja ciri-cirinya dan bisa lebih memperhatikan tandanya pada anak-anak. Memang setiap anak bisa memasuki masa puber yang berbeda-beda. Yang penting, Moms dan Dads segera menyadari masa puber anak remaja yang terjadi ini dan menemani anak menghadapinya dengan baik. Apakah Moms dan Dads kini sudah memiliki anak yang sedang masuk masa puber? Jika Moms punya informasi lain mengenai berbagai ciri yang ditunjukkan anak saat puber atau cara hadapi anak puber, boleh yuk share di kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Inilah Ciri Masa Puber Anak, Orangtua Wajib Pahami Nih!"