Inilah Cara Menyiapkan MPASI Saat Mudik, Segera Catat Ya Moms!

Waktu Baca: 7 menitRabu, 22 Mei 2019 08:00 WIB
Tips Menyiapkan MPASI Saat Mudik
Sumber: Pexels.com/Daria Shevtsova

Ramadhan tiba, artinya lebaran sebentar lagi. Rencana mudik pasti mulai disusun, mulai dari jadwal mudik ke rumah keluarga Moms atau Dads, hendak bepergian menggunakan moda transportasi apa, hingga alokasi budget yang dianggarkan untuk mudik. Persiapan mudik ekstra pun perlu diperhatikan oleh Moms bila memiliki bayi berusia mulai dari enam bulan ke atas. Hal ini dikarenakan di usia tersebut, biasanya si kecil masih memerlukan asupan mpasi dalam perjalanan. Maka dari itu, Moms pun juga harus tahu bagaimana cara menyiapkan dan menyimpan MPASI yang akan dibawa saat mudik. Jadi, simak artikel ini ya, Moms!

Cara Menyiapkan MPASI Bagi Bayi Di Perjalanan

Kita boleh berharap yang terbaik, tapi juga jangan lupa untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk. Dalam perjalanan walaupun dengan persiapan matang, tentu ada saja halangan maupun tantangan tertentu. Yuk simak cara mempersiapkan MPASI saat mudik lebaran berikut!

1. Rancang Bahan MPASI yang Akan Moms Siapkan, Yuk!

Rancang Bahan MPASI
Sumber: Freepik.com/Jcomp

Selama perjalanan, Moms disarankan untuk memilih makanan yang bergizi, awet, dan mudah untuk disiapkan. Selain itu Moms juga wajib mengenenali usia anak, karena pada dasarnya akan ada beberapa perbedaan antara MPASI awal dan MPASI lanjutan. Bagi MPASI awal, Moms dapat mengutamakan serealia bagi bayi yang cenderung berpostur kurus dengan memberikan asupan buah-buahan atau mencoba menu MPASI 6 bulan. Sedangkan untuk MPASI lanjutan, Moms dapat menambahkan bahan lainnya seperti protein hewani dan protein nabati lainnya.

Ketahuilah juga bahwa salah satu siasat dalam menyiapkan MPASI di perjalanan mudik lebaran adalah menggunakan buah yang praktis seperti pisang, apel, dan pir. Selain itu, untuk sumber protein, Moms dapat membawa MPASI beku untuk travelling berupa puree dari kaldu yang dapat dicairkan, atau menggunakan keju. Jangan lupa juga untuk siapkan biskuit MPASI untuk berjaga-jaga seandainya HappyFams dihadapkan pada kondisi yang lebih darurat. Terutama ketika keadaan membuat Moms tidak bisa menyiapkan MPASI yang diolah sendiri.

Terkahir, pahami bahwa dalam memilih bahan makanan mpasi, sebaiknya Moms juga mengingat riwayat alergi yang diderita sang buah hati. Dengan begitu, segala resiko timbulnya gejala alergi di tengah jalan nanti bisa terhindarkan sehingga perjalanan lebih aman dan nyaman bagi HappyFams. Bawalah makanan dan snack favorit si kecil, agar beban stres si kecil selama hiruk pikuk perjalanan tidak bertambah karena tidak mendapatkan makanan kesukaannya. Bila si kecil senang, perjalanan jadi lebih nyaman kan, Moms?

2. Jangan Lupa Persiapkan Peralatannya Juga

siapkan peralatan bayi
Sumber: Pexels.com/Burst

Beberapa alat yang dapat disiapkan untuk menyiapkan mpasi selama perjalanan mudik adalah baby cube, blender tangan, cooler box/bag dengan blue ice/gel icenya, botol susu, dan termos berisi air panas.Baby cube sendiri adalah kotak makan berbentuk kubus dan berukuran kecil sekitar 40 ml. Biasanya digunakan untuk menyimpan satu jenis MPASI seperti hasil blenderan sayur, buah, dan daging. Makanan yang disimpan dalam baby cube ini nantinya dapat dibekukan dan dipanaskan dalam air panas lalu dicampurkan dengan bahan lainnya ya, Moms.

Sementara, blender tangan adalah alat yang akan sangat membantu karena ukurannya yang kecil, portable, dan praktis bagi Moms. Dengan menggunakan blender tangan, Moms dapat menghaluskan bahan MPASI dimanapun selama ada soket listrik. Wadah blender ini juga mudah dicuci kok, dan jangan lupa persiapkan air mineral bersih bila memang perlu mencucinya di perjalanan. Yang tidak kalah penting agar MPASI yang disiapkan tidak mudah basi dalam pejalanan lebih dari 4 jam adalah Moms wajib menyiapkan cooler box atau cooler bag beserta blue ice atau gel ice yang bisa beku lebih lama daripada balok es biasa.

Pahamilah bahwa penyimpanan menggunakan pendingin ini dapat menunda pembusukan dengan lebih efektif dan memudahkan membawa MPASI beku untuk travelling. Masa penyimpanan makanan di cooler box adalah sekitar 7-8 jam, dan dalam cooler bag sekitar 4-5 jam. Jika Moms merasa kedua alat ini terlalu mahal, maka Moms bisa membuatnya menggunakan wadah styrofoam tebal bertutup. Catat segera dan siapkan dari sekarang ya Moms supaya tidak ada yang ketinggalan saat perjalanan mudik nanti!

3. Perhatikan Porsi Makan Bayi Ya, Moms

perhatikan porsi makan bayi
Sumber: Pexels.com/Pixabay

Agar makanan tidak terbuang percuma saat melakukan perjalanan, maka Moms harus perkirakan porsi makan untuk si kecil yang cukup. Sediakan porsi yang sesuai dengan usia bayi dan tambahkan sedikit kelebihan untuk jaga-jaga di perjalanan seandainya terjadi keterlambatan. Sebagai patokan, bayi 6-9 bulan makan 2 hingga 3 kali sehari. Sedangkan bayi 9 hingga 12 bulan makan 3-4 kali sehari.

4. Cara Menyajikan MPASI Juga Wajib Diperhatikan

perhatikan cara menyajikan mpasi
Sumber: Pexels.com/Sydney Troxell

Agar tidak kekurangan nilai nutrisi makanan, Moms wajib memperhatikan cara menyajikan makanan. Pertama, untuk MPASI beku atau ASIP beku. Kedua makanan ini mengandung protein dalam jumlah dan jenis beragam, dan pahamilah juga bila protein dapat hancur apabila terpapar perubahan suhu yang mendadak ya, Moms. Maka dari itu, saat Moms mengeluarkan MPASI beku dari pendingin, sebaiknya diamkan dulu sejenak di suhu ruang, barulah simpan ke dalam wadah berisi air hangat. Bagi Moms yang menggunakan baby cube, pakailah wadah yang BPA free ya.

Kedua, untuk makanan yang berupa jenis buah-buahan, Moms disarankan menyajikannya dalam kondisi segar. Akan tetapi, jika Moms ingin sekalian menstimulasi gigi si kecil dengan buah-buahan beku, maka Moms dapat memotong-motong buah dan menyimpannya dalam wadah es loli, lalu bekukan. Saat si kecil akan makan, Moms dapat mencairkan buah di suhu ruang. Dengan kondisi yang beku ini, si kecil pun akan senang melahapnya!

Simak Sekelumit Pengalaman Mudik Lebaran Bersama Si Kecil Berikut Ini!

pengalaman mudik bersama si kecil
Sumber: Pexels.com/Sklei

Berbicara mengenai menyiapkan MPASI saat mudik, akan terasa lebih afdhol jika kita menyimak penjelasan dari yang sudah pengalaman travelling dengan bayi MPASI nih, Moms. Salah satunya kita bisa menyimak pengalaman dari Stella Bunga, blogger laman The Joy of Joel.

Di awal sharingnya, Stella memaparkan karakteristik makanan yang Baby Joel sukai. Sebaiknya Moms juga mengenali hal ini agar memudahkan persiapan MPASI saat traveling nanti. Stella juga membawa peralatan memasak berupa multicooker atau steamer (namun disarankan bagi Moms memilih multicooker yang lebih multifungsi saat memasak), peralatan makan bayi lengkap, dan peralatan masak seperti pisau atau talenan. Namun, Stella malah lebih sangat menyarankan penggunaan bahan yang sudah dipotong. Stella juga menyarankan untuk membuat jadwal makan bayi beserta menunya agar bahan yang disiapkan tepat jumlah.

Sementara Ririn, blogger laman Lumongga Anandita, menyarankan untuk membawa oatmeal terutama bagi Moms yang bertekad memberikan MPASI homemade. Disarankan untuk melatih si kecil mengonsumsi oatmeal sebelum berangkat ya, Moms. Senada dengan Stella, Ririn juga menyarankan untuk membuat rencana perjalanan dengan jadwal makan bayi. Kedua ibu blogger ini menyarankan untuk melibatkan peran suami juga dalam persiapan MPASI kala traveling. Hal ini memungkinkan persiapan MPASI lebih lancar dan efektif, sehingga akan ada lebih banyak waktu santai bagi HappyFams. Jadi, jangan sungkan berbagi tugas ya!

Masa bayi hanya akan terjadi sekali seumur hidup, jadi Moms harus dapat memberikan yang terbaik demi tumbuh kembang si kecil ke depannya. Dads pun wajib memndampingi Moms dalam menjaga tumbuh kembang si kecil. Dalam kondisi mudik dan traveling akan sangat dibutuhkan teamwork yang baik agar perjalanan tetap menyenangkan. Kami harap tips-tips diatas dapat membantu HappyFams mempersiapkan perjalanan yang berkesan.

Nah, apakah Moms dan Dads punya pengalaman dan tips mudik bersama si kecil? Share di kolom komentar ya! Selamat mudik dan semoga selalu dalam perlindunganNya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Inilah Cara Menyiapkan MPASI Saat Mudik, Segera Catat Ya Moms!"
related post
Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Kewajiban Siapa Ketika Berkeluarga

Pekerjaan rumah terkadang memang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun sebenarnya tidak juga, namun rasa lelah ... Lanjut Baca

Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

Program bayi tabung menjadi solusi alternatif bagi Moms and Dads yang ingin mempunyai keturunan. Ketika, ... Lanjut Baca

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca