Ini Penyebab Keputihan Saat Hamil Tua, Bisa Berbahaya Untuk Janin Lho!

Waktu Baca: 3 menitSabtu, 10 Oktober 2020 10:20 WIB
keputihan-saat-hamil-tua
Sumber: freepik

Tidak hanya dialami oleh wanita biasa saja, namun keputihan juga bisa dialami oleh wanita yang sedang hamil. Bahkan keputihan dapat terjadi semakin meningkat ketika hamil tua. Keputihan merupakan salah satu masalah kewanitaan di area miss V yang harus dihindari, karena dapat berdampak buruk pada kesahatan apalagi terjadi ketika dalam kondisi hamil tua. Dampak negatifnya dapat berpengaruh kepada proses persalinan dan janin. Namun tahukah HappyFams apa penyebab dari keputihan saat hamil tua? Yuk sama-sama kita pelajari dari ulasan berikut ini!

Mengetahui Penyebab Keputihan Ketika Hamil Tua

Tentunya cara agar cepat hamil sangat penting diketahui untuk HappyFams yang belum memiliki momongan. Namun bagaimana untuk Moms yang saat ini sedang hamil tua dan mengalami keputihan. Nah, sebenarnya apa penyebab dari keputihan ini? Secara normal keputihan saat hamil tua disebabkan oleh hormon, tekanan kepala bayi di serviks, dan perubahan serviks. Meningkatnya kadar hormon estrogen ketika hamil ternyata dapat menyebabkan peningkatan aliran darah di area panggul, dengan begitu hal ini dapat merangsang selaput lendir serta meningkatkan keputihan.

Tidak hanya itu saja, serviks hingga dinding vagina yang melunak saat hamil juga bisa mengeluarkan keputihan secara berlebih agar dapat membantu mencegah infeksi. Nah, ketika mendekati akhir kehamilan, maka kepala bayi bisa menekan leher rahim, dengan begitu tekanan ini dapat menyebabkan peningkatan keputihan. Biasanya keputihan yang terjadi oleh berbagai hal di atas tergolong normal. Namun keputihan yang dianggap abnormal ketika disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini.

  • Vaginosis bakteri, adalah infeksi bakteri yang sangat umum terjadi. Nah, vaginosis bakteri bisa menyebabkan peningkatan keputihan berbau menyengat. Kondisi ini dapat membuat vagina gatal, bengkak, dan kemerahan.
  • Infeksi jamur. Saat pertumbuhan jamur tidak terkendali di vagina, maka hal ini bisa memicu terjadinya infeksi jamur. Sehingga Moms bisa mengalami keputihan tebal, yang disertai dengan sensasi terbakar dan rasa gatal.
  • Trikomoniasis, adalah infeksi yang disebabkan protozoa yang membuat keputihan berwarna hijau atau kuning dengan bau yang menyengat. Moms juga bisa merasakan radang, nyeri, hingga gatal di area vagina.
  • Kencing nanah (gonore) dan klamidia. Moms yang sedang hamil tua juga bisa mengalami infeksi menular seksual, misalnya saja seperti gonore dan klamidia. Tentunya infeksi menular seksual ini bisa membuat keputihan abnormal berwarna kuning, hijau, dan gelap. Bahkan bisa membuat Moms nyeri panggul serta tidak konsisten saat buang air kecil.

Bahayakah keputihan saat hamil bagi janin?

bahaya keputihan saat hamil tua
Sumber: freepik

Apakah keputihan saat hamil berbahaya untuk janin yang ada di dalam kandungan? Keputihan saat hamil normal, bahkan tidak berbahaya bagi janin. Tetapi, ketika keputihan berwarna kuning atau hijau, disertai dengan rasa gatal, kemerahan, dan berbau tajam, HappyFams mungkin telah mengalami infeksi vagina. Namun selama keputihan saat hamil tidak gatal, tidak berbau menyengat, hingga tidak memiliki warna yang memang tak biasa, maka Moms tidak perlu khawatir karena hal ini cukup normal terjadi.

Namun alangkah baiknya Moms dapat terus menjaga kebersihan di area miss V, dan konsultasikan ke dokter bila mulai terasa sangat menggangu. Semoga bermanfaat ya HappyFams

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini Penyebab Keputihan Saat Hamil Tua, Bisa Berbahaya Untuk Janin Lho!"
related post
Cara Agar Cepat Hamil Yang Efektf Untuk Pasutri Cepat Punya Anak

Apakah Moms saat ini sedang mencari tahu bagaimana cara agar cepat hamil? Tenang, tidak perlu ... Lanjut Baca

Pemeriksaan Pap Smear Test Untuk Wanita, Apa Itu? & Berapa Biayanya?

Pasti sebagian besar dari Moms tentu sudah tidak asing dengan istilah pap smear yang marak ... Lanjut Baca

Cara Merapatkan Miss V Jadi Seperti Perawan Lagi Untuk Bahagiakan Dads

HappyFams, jika kita berbicara seputar hubungan suami istri maka ada beberapa Moms yang merasa ... Lanjut Baca