Ini Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) Pada Anak Dan Bayi

Waktu Baca: 4 menitSenin, 22 November 2021 10:24 WIB
infeksi saluran pernapasan atas ispa
Sumber: istockphoto

Tidak sedikit infeksi saluran pernapasan atas dialami oleh anak-anak di Indonesia. Sebagai orang tua maka tentunya Moms sebaiknya paham mengenai gejala infeksi ini sehingga bisa melakukan tindakan secara cepat jika sewaktu-waktu terjadi.

Anak-anak usia dini memang seringkali mengalami gejala infeksi untuk saluran pernapasan atas tersebut. Menurut data dari suatu penelitian menyebutkan bahwa angka infeksi yang terjadi pada anak mencapai 40%, dan semuanya menderita gejala yang sama.

Sebagai informasi awal yang penting untuk Moms ketahui adanya infeksi saluran pernapasan atas tentu dipengaruhi oleh virus dan bakteri. Sayangnya gejala mengenai saluran pernapasan ini memang sering dialami oleh anak, dan tentunya menjadi hal yang sangat penting diperhatikan.

Sebagaimana pemahaman mengenai semua aspek kesehatan maka hal pertama yang juga penting diketahui bahwa infeksi pada saluran pernapasan atau ISPA ini dibagi menjadi dua. Yang pertama infeksi saluran pernapasan bagian atas dan bagian bawah.

Infeksi saluran pernapasan atas adalah gangguan infeksi yang terjadi pada bagian rongga hidung, lanjut pada sinus, hingga mencapai tenggorokan. Salah satu tanda ada gangguan berupa infeksi ini ialah terjadinya pilek, tonsillitis, hingga gangguan seperti laryngitis, bahkan sampai sakit kepala.

Untuk gangguan pada ISPA ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa jenis virus dan bakteri. Salah satu jenis bakteri yang seringkali menjadi penyebab utama adalah influenza dan parainfluenza, selain itu ada beberapa bakteri yang juga menjadi penyebab utama dari gangguan ini.

Pertimbangan untuk bisa memahami lebih lanjut mengenai semua gejala dari ISPA ini tentu sebaiknya perlu Moms perhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal terkaitnya.

Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) Pada Anak Dan Bayi

BACA JUGA:

Alasan Infeksi Saluran Pernapasan Atas Terjadi Pada Anak

Hal pertama yang mungkin bisa menjadi aspek penting dalam memahami gangguan seperti ISPA ini ialah alasan mengapa seringkali terjadi pada anak. Sehingga sebagai orang yang paling bertanggung jawab, Moms and Dads bisa lebih waspada dalam melakukan segala hal.

Penyebab infeksi saluran pernapasan atas pada anak adalah virus dan bakteri seperti influenza dan parainfluenza. Artinya secara tidak langsung memang anak tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk bertahan dari virus tersebut.

Mengapa balita atau bayi tidak memiliki kemampuan cukup kuat dalam mengatasi adanya virus dan bakteri? Sebab secara metabolisme ketahanan tubuh, bayi dan balita belum sepenuhnya memiliki sistem yang kuat sehingga sangat rentan terkena dan terpapar virus.

Pertimbangan lebih lanjut yang perlu Moms perhatikan ialah dengan memastikan kekebalan tubuhnya bisa terus menerus baik. Salah satu caranya ialah dengan memberikan pasokan ASI yang cukup, sebab ASI bisa membuat ketahanan tubuh anak lebih kuat.

Selain itu penting juga untuk diperhatikan ialah infeksi saluran pernapasan atas pada bayi biasanya juga terjadi akibat ruangan lembab. Oleh sebab itu Moms sebaiknya memperhatikan semua aspek ruangan memiliki pencahayaan yang cukup untuk mencegah kelembapan.

Gejala Umum Pada Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Setelah mengetahui alasan mengapa ISPA seringkali terjadi pada anak, maka aspek selanjutnya yang penting diperhatikan ialah gejalanya. Pertimbangan untuk mengetahui gejala ini setidaknya menjadi aspek yang cukup penting untuk proses penyembuhan.

Gejala infeksi saluran pernapasan atas yang seringkali terjadi pada anak biasanya dimulai dari batuk, pilek, ada rasa sakit pada bagian tenggorokan hingga umum juga terjadi gejala berupa demam. Dan semua siklus tersebut terjadi selama 14 hari lebih.

Jika Moms menemukan berupa tanda yang berhubungan langsung dengan gejala seperti yang dijelaskan maka penting untuk segera melakukan pertolongan pertama. Pada aspek ini penting untuk disadari terlebih dahulu bahwa Moms tidak perlu untuk panik berlebihan.

Tindakan Terhadap Insfeksi Saluran Pernapasan Atas

Langkah awal yang penting untuk dilakukan tentunya segera memeriksakan anak ke dokter spesialis anak. Setelah mendapatkan pertolongan pertama dari dokter.

Maka Moms perlu memperhatikan beberapa aspek penting yang bisa membantu menyelesaikan gejala tersebut. Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya adalah memastikan bahwa anak memiliki pasokan ASI yang cukup.

Selain itu penting juga dilakukan ialah kondisi ruangan anak sangat steril dan tentunya bersih untuk meminimalisir tumbuhnya virus dan bakteri. Semua aspek mengenai infeksi saluran pernapasan atas memang perlu diperhatikan dengan detail, sehingga bisa dilakukan langsung pertolongan pertama.

Semoga dengan memahami penyebab dan gejala insfeksi saluran pernapasan pada bayi dan anak ini dapat membantu Moms mencegah terjadi pernyakti ini pada anak-anak Moms.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) Pada Anak Dan Bayi"
related post
Waspada! 7 Penyakit Ini Yang Selalu Menyerang Di Musim Hujan Tiba

Hujan semakin sering terjadi, yang artinya musim penghujan mulai terjadi di sekitar kita. Selain musibah ... Lanjut Baca