Ini Lho Ujian Rumah Tangga 1 Tahun Pertama Dari Suami Sampai Mertua

Waktu Baca: 6 menitRabu, 07 Juli 2021 09:17 WIB
Ujian Rumah Tangga
Sumber: dreamstime

Kehidupan dalam suatu pernikahan tidak selamanya indah. Dapat dikatakan hal tersulit yang dialami oleh setiap rumah tangga yaitu mempertahankan keharmonisan rumah tangga. Setiap saat pasti ada hal-hal tertentu yang membuat hubungan antara suami istri sedikit bersitegang. Tidak sedikit pasangan rumah tangga yang mampu melewati hal sulit tersebut, namun ada pula yang gagal melewatinya.

Bahkan rumah tangga yang baru dibangun selama satu tahun sekalipun tidak dapat terhindar dari masalah rumah tangga. Sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di dalam jurnal "The Journal of Personality and Social Psychology" menunjukkan jika tahun pertama dan kedua pernikahan dapat menjadi berakhirnya sebuah rumah tangga.

Dari penelitian tersebut dikatakan kehidupan di tahun kedua pada pasangan baru menikah dapat mencerminkan kehidupan pernikahan untuk 13 tahun mendatang. Bagi pasangan yang sulit mengatasi perubahan cinta, kasih sayang, dan keyakinan kemungkinan besar mengalami perceraian daripada rumah tangga yang stabil.

Tidak hanya itu saja, sebuah survei yang dilakukan oleh Deakin University's Australian Centre terhadap 2.000 orang mengenai tingkat kebahagiaan dalam skala 0-100. Ditemukan jika orang dengan usia pernikahan kurang dari 1 tahun ternyata tidak lebih bahagia dibandingkan dengan orang yang telah menikah lebih lama.

Lalu apa saja ujian-ujian bagi rumah tangga di 1 tahun pertama yang sering terjadi?

BACA JUGA:

1. Perubahan Sikap Dan Kebiasaan

Kehidupan rumah tangga memang sangat berbeda ketika sebelum menikah. Hal yang paling terlihat yakni terjadi perubahan sikap pada pasangan. Bukan berarti pasangan sudah tidak sayang dan cinta, namun ketidaktahuan terhadap sifat pasangan yang belum pernah diketahui.

Hal ini wajar terjadi, sebab selama masa pacaran atau sebelum menikah banyak orang cendrung menutupi kekurangan yang dimilikinya dengan alasan malu dan lainnya. Padahal kehidupan setelah menikah dapat mengungkap sikap dan kebiasaan baru dari pasangan. Hal-hal seperti ini tidak jarang membuat Moms menjadi sebal dan ingin mengomel.

Misal meletakkan piring kosong sembarangan, tidak segera menjemur handuk basah, tidur dengan lampu menyala dan lain-lainnya. Terdengar sepele memang, namun sering menjadi perdebatan antara suami istri. Jika tidak ada saling memahami dapat berdampak fatal terhadap kehidupan rumah tangga.

2. Mertua Ikut Campur

Ujian rumah tangga dari mertua menjadi masalah berikutnya yang harus dihadapi pada satu tahun pernikahan. Tanpa sengaja mertua masih turut ikut campur dalam mengurus kehidupan rumah tangga anaknya, terutama bagi pasangan yang masih tinggal sementara dengan mertua.

Bahkan sebuah survei yang diikuti oleh 2.000 orang menemukan jika ibu mertua menjadi penyebab utama timbulnya konflik pada pasangan di Inggris. Alasannya beragam, mulai dari keterlibatan mertua dalam masalah rumah tangga sampai dengan ketidakcocokan sifat antara mertua dan menantu.

Permasalahan yang terjadi antara istri dan ibu mertua menjadi hal yang wajar terjadi dalam usia pernikahan satu tahun. Satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan saling berkomunikasi secara jujur dengan pasangan.

3. Masalah Finansial

ujian rumah tangga ekonomi
Sumber: freepik

Tidak dipungkiri jika ujian rumah tangga ekonomi menjadi hal yang sering terjadi pada pasangan pengantin baru. Bayangkan sebuah pasangan baru harus dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran rumah tangga yang dimilikinya dengan sebaik-baiknya. Apalagi jika sumber pendapatan berasal dari satu orang saja.

Permasalahan yang sering timbul biasanya tentang bagaimana cara mengatur pengeluaran, jumlah simpanan atau tabungan setiap bulannya, dan lainnya. Permasalahan finansial dalam rumah tangga tidak seharusnya menjadi masalah besar jika masing-masing pasangan saling terbuka antara satu dengan lainnya.

Masalah finansial dan tanggung jawab masing-masing sudah seharusnya dikomunikasikan terlebih dahulu sebelum menikah hingga awal pernikahan, dan telah ada kesepakatan di dalamnya. Sehingga saat menjalankan kehidupan rumah tangga masalah finansial dapat harus dapat teratasi.

4. Belum Memiliki Keturunan

Dapat dikatakan jika ujian terberat dalam rumah tangga yakni kehadiran anak. Ujian bertambah berat jika pasangan suami istri berada di lingkungan yang terfokus kepada anak. Sehingga tidak heran selalu timbul pertanyaan seperti "sudah isi?" atau "anaknya berapa?"

Pertanyaan tersebut memang terdengar mudah untuk dijawab, namun dapat menjadi masalah baru di dalam kehidupan rumah tangga.

Permasalahan memiliki anak umumnya telah dibicarakan sebelum menikah. Namun terkadang jawaban untuk memiliki anak atau tidak bisa jadi berubah setelah pernikahan. Tidak ada salahnya untuk membicarakan lagi masalah ini dengan pasangan, apakah benar pasangan berkeinginan untuk memiliki anak dalam waktu dekat? Berapa banyak anak yang akan dimiliki? Hingga haruskah mengorbankan karir hanya demi membesarkan anak nantinya?

Untuk itu jangan pernah lelah mendiskusikan hal ini kepada pasangan, sebab bagaimanapun keberadaan anak merupakan tanggung jawab dari orang tua.

5. Perselingkuhan

ujian rumah tangga suami selingkuh
Sumber: freepik

Perselingkuhan menjadi hal yang paling ditakutkan dalam hubungan rumah tangga. Ujian rumah tangga suami selingkuh dapat menjadi pemicu timbulnya keretakan rumah tangga hingga akhirnya berujung pada perceraian. Rasa jenuh terhadap pasangan dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya perselingkuhan karena suami istri selalu bertemu dan melakukan rutinitas yang sama.

Hal terbesar timbulnya perselingkuhan yakni salah satu pasangan sudah tidak lagi memiliki rasa menyayangi dan mencintai. Sehingga besar kemungkinan pasangan akan mencari orang lain yang dianggap dapat dicintai dan mencintai lebih dari pasangan sebenarnya.

6. Suami Tidak Menafkahi Istri

Mencari nafkah merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang suami. Namun ada kalanya suami tidak dapat memberikan nafkah kepada istri. Padahal di dalam Islam sendiri seorang suami wajib bertanggung jawab kepada istri dan anak untuk menafkahinya, meskipun istri telah memiliki pekerjaan yang layak dan gaji besar sekalipun.

Tidak heran jika suami yang tidak menafkahi istrinya menjadi salah satu ujian rumah tangga dalam Islam dan hukumnya haram atau berdosa. Terlebih lagi jika setelah menikah suami tidak mau bekerja dengan alasan malas dan hanya mengandalkan kekayaan yang dimiliki sang istri.

Lain cerita jika kondisi suami mengalami PHK. Seorang istri diperbolehkan bekerja untuk membantu ekonomi rumah tangga namun dengan syarat mampu menjaga kehormatannya serta tidak mengabaikan keluarga.

7. Hubungan Seks

Mungkin saat awal pernikahan hubungan seks menjadi hal yang paling menyenangkan karena dapat meningkatkan hubungan, menghilangkan stres, bahkan menjadi kegiatan untuk saling memberikan kesenangan satu dengan lainnya. Namun siapa sangka jika hubungan seks dapat menjadi ujian rumah tangga 10 tahun pertama.

Seiring berjalannya waktu pernikahan terjadi penurunan keinginan untuk melakukan seks dengan pasangan setelah berumah tangga selama bertahun-tahun. Stres, obat-obatan, kesehatan mental dan fisik, dan lainnya menjadi masalah yang mempengaruhi hubungan suami istri.

Segera diskusikan masalah ini segera mungkin dengan pasangan. Tidak ada salahnya untuk menjadi pihak yang aktif dan mesra untuk mendorong perasaan yang mungkin telah sedikit memudar demi hubungan yang semakin romantis.

Itulah beberapa ujian-ujian rumah tangga yang sering dihadapi oleh suami istri di 1 tahun pertama pernikahan. Ingat tidak ada kehidupan rumah tangga yang selalu damai. Saling menghargai, diskusi, percaya, dan terbuka kepada pasangan menjadi kunci keharmonisan rumah tangga.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini Lho Ujian Rumah Tangga 1 Tahun Pertama Dari Suami Sampai Mertua"
related post
Tujuan Menikah Secara Umum Untuk Laki-Laki Dan Wanita Selain Ibadah

Menemukan pasangan hidup dan melakukan pernikahan merupakan salah satu fase hidup dari seorang manusia. Pernikahan ... Lanjut Baca

4 Rahasia Rumah Tangga Yang Sederhana Supaya Bahagia Sampai Tua

Setiap orang pasti memiliki rahasia rumah tangga masing-masing untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis dan ... Lanjut Baca

Perlukah Melakukan Perjanjian Pra Nikah Dengan Calon Suami Atau Istri?

Pernikahan adalah momentum sakral dalam perjalanan hidup percintaan antar sepasang kekasih yang saling mencintai. Di ... Lanjut Baca