Ini Lho Penyebab Bau Badan Menyengat Saat Hamil Dan Setelah Melahirkan

Waktu Baca: 4 menitRabu, 04 Agustus 2021 08:30 WIB
penyebab bau badan menyengat 4754
Sumber: freepik

Bau badan saat hamil menjadi hal yang sangat menganggu. Ketika hamil, beberapa wanita mungkin terlihat lebih bersinar dan lebih cantik. Namun, tidak semua wanita mengalami hal tersebut, karena ada beberapa yang mendapati bau badan tidak sedap.

Sebelum hamil, Moms mungkin begitu menjaga kesehatan kebersihan tubuh serta kesehatan. Tetapi, saat hamil serta melahirkan Moms memiliki masalah bau badan serta keringat yang mudah muncul.

Bau badan yang muncul ketika hamil disebabkan karena tingkat metabolisme basal meningkat di masa kehamilan. Kondisi ini ikut meningkatkan aliran darah dan suhu tubuh. Sehingga kelenjar keringat menjadi semakin aktif.

Bukan hanya itu, ketika hamil dan setelah melahirkan, indera penciuman Moms juga lebih tinggi, sehingga Moms mudah mencium bau keringat. Padahal, bau badan ketika hamil bisa biasa saja, namun Moms menganggap sebagai hal yang menganggu.

Penyebab Bau Badan Setelah Melahirkan dan Saat Hamil dan Setelah Melahirkan

BACA JUGA:

Bau badan sebenarnya tidak perlu Moms cemaskan, karena tidak berpengaruh dalam perkembangan serta pertumbuhan buah hati. Tidak bisa dipungkiri bila bau badan yang menyengat menjadi masalah serius untuk Moms.

Masalah bau badan ini dapat dikelola dengan baik dari perubahan gaya hidup serta pola makan ketika hamil dan melahirkan. Berikut berbagai faktor yang memicu bau badan Moms, antara lain:

1. Perubahan hormon

Masa hamil dan melahirkan tidak akan terlepas dari perubahan hormon. Semakin meningkatnya kadar hormon ternyata bisa meningkatkan indera penciuman. Oleh sebab itu, Moms akan mencium aroma yang sangat kuat di bagian genital.

Perubahan indera penciuman ini sudah biasa dari awal trimester pertumbuhan janin. Perubahan indera penciuman Moms ini juga diberengi dengan indera penglihatan serta rasa. Hormon ini juga bisa disebabkan karena perubahan suasana hati serta kemunculan perubahan kulit.

2. Berubahnya pola makan

Setiap makanan yang dikonsumsi oleh Moms bisa mempengaruhi komposisi tubuh. Contohnya saja makanan laut, makanan laut bisa mempengaruhi keringat serta keputihan.

Sedangkan, daging merah bisa mempengaruhi bau tubuh Moms. Sehingga lebih baik Moms menyeimbangkan makanan yang Moms konsumsi ketika hamil dan melahirkan, sehingga tubuh tetap terjaga dengan baik. Perhatikan juga daftar makanan yang dilarang ibu hamil sehingga perlu untuk dihindari.

3. Keringat mudah muncul

penyebab bau badan
Sumber: istockphoto

Ibu hamil serta ibu yang baru melahirkan mudah berkeringat. Ini disebakan karena berat badan yang semakin meningkat dan semakin beratnya Moms menopang tubuh.

Tetapi, hal yang harus dipahami adalah bukan keringat yang membuat bau badan Moms menjadi tidak sedap, namun keringat yang mengendap pada beberapa bagian tubuh. Hal inilah yang memicu pertumbuhan bakteri serta menciptakan bau badan Moms menjadi kurang sedap.

Cara Mengatasi Bau Badan Wanita Saat Hamil dan Setelah Melahirkan

Moms sebenarnya tidak perlu cemas karena bau badan ketika hamil serta setelah melahirkan ini bisa dengan mudah dihilangkan. Berikut beberapa cara yang bisa Moms lakukan, seperti:

1. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan badan Moms tentu menjadi sebuah kegiatan penting agar bau badan menjauh. Oleh sebab itu, Moms harus mandi minimal 2 kali dalam sehari, meskipun sibuk mengurus rumah.

2. Hindari menggunakan baju yang ketat

bau badan saat hamil
Sumber: shutterstock

Baju ketat akan membuat Moms mudah berkeringat, oleh sebab itu akan lebih baik menghindari pakaian yang ketat dan mencuci baju sesudah dikenakan. Moms bisa mencuci baju dengan menggunakan tambahan pewangi pakaian.

3. Tambahkan lemon ketika mandi

Menambahkan lemon ketika mandi bisa mengatasi bau badan. Moms bisa memberikan air lemon ini di bilasan terakhir setelah mandi.

4. Menggunakan cuka apel

Selain manfaat cuka apel untuk kecantikan tubuh dan wajah, cara menghilangkan bau badan yang lainnya adalah menggunakan cuka sari apel. Moms bisa menggunakan cuka apel sesudah mandi. Cuka apel bisa mengurangi pH kulit. Dengan pH yang berkurang, bau badan juga tidak begitu menyengat.

5. Menggunakan deodoran

Moms sebenarnya bisa menggunakan deodoran buatan sendiri. Moms bisa mencampur lobak dan gliserin. Cairkan dan masukkan ke botol semprot. Simpan di lemari es ketika tidak menggunakannya.

Moms juga bisa menggunakan minyak dari pohon teh untuk deodoran alami. Cara ini bisa membantu mengurangi bau badan saat kehamilan dan melahirkan karena mengandung anti bakteri.

Mengusir bau badan memang membutuhkan kesabaran. Namun, dengan gaya hidup yang lebih sehat, bau badan menyengat yang Moms rasakan tidak akan ada lagi. Selamat mencoba Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini Lho Penyebab Bau Badan Menyengat Saat Hamil Dan Setelah Melahirkan"
related post
Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

Program bayi tabung menjadi solusi alternatif bagi Moms and Dads yang ingin mempunyai keturunan. Ketika, ... Lanjut Baca

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca