Ini Lho Arti Sakinah Mawadah Warahmah, Ucapan Keluarga Yang Menikah!

Waktu Baca: 5 menitSenin, 22 Februari 2021 08:30 WIB
Sakinah Mawadah Warahmah
Sumber: freepik

Saat melihat teman ataupun kerabat yang menikah, tentu harapan doa yang terbaik untuk pasangan baru selalu tercurahkan. Pada hari yang berbahagia tersebut tentu banyak orang mengharapkan kepada pasangan baru agar menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.

Banyak dari HappyFams tentu sering mendengar kalimat keluarga sakinah, mawadah, warahmah sebagai bentuk ucapan selamat kepada pengantin baru. Namun pada kenyataannya tidak sedikit juga yang kurang memahami apa sebenarnya arti dari sakinah, mawadah, warahmah.

Nah untuk mengetahuinya, mari disimak penjelasannya di bawah ini!

Arti Sakinah Mawadah Warahmah

arti sakinah mawaddah warahmah
Sumber: Freepik.com

Jika diperhatikan kalimat sakinah mawadah warahmah berasal dari tiga kata yang memiliki arti tersendiri. Ketiga kata tersebut sebenarnya berasal dari bahasa Arab yakni sakinah dari kata "sakana", mawadah yang berasal dari kata "wadda", dan juga warahmah dari kata "rahmah".

Ketiga kata tersebut apabila diartikan dapat menjadi sakinah berarti tentram dan damai, mawadah artinya cinta dan harapan, serta warahmah yang berarti kasih sayang. Bahkan kata sakinah mawadah warahmah diambil dari salah satu surat di Al-Qur'an yakni Ar Rum ayat 21.

Berdasarkan isi ayat tersebut dapat diketahui bahwa makna sakinah mawadah warahmah yakni bahwa manusia diciptakan secara berpasangan antara suami dan istri untuk dapat memperoleh kedamaian, cinta dan juga kasih sayang.

Makna lainnya yakni di dalam hubungan antara suami istri yang harus dilandasi oleh rasa cinta, penuh dengan kasih sayang, agar tercapainya rumah tangga yang dapat memberikan kedamaian dan ketentraman.

Sakinah mawadah warahmah sendiri merupakan bentuk doa yang sering diharapkan oleh para pasangan muslim baru menikah. Lalu apa makna dari setiap kata sakinah mawadah warahmah tersebut?

Makna Dari Sakinah

Sakinah memiliki arti ketentraman, aman, damai atau ketenangan. Rumah tangga sakinah artinya rumah tangga yang memiliki ketentraman, keamanan, dan kedamaian bagi setiap anggota keluarga. Setiap rumah tangga pasti memiliki masalah namun akan lebih baik jika permasalahan tersebut dapat segara diselesaikan.

Jangan sampai masalah kecil membuat rumah tangga menjadi kehilangan ketentraman dan kedamaiannya. Salah satu pemicu terjadinya keguncangan dalam rumah tangga yakni rasa ketidakpercayaan dan saling curiga kepada pasangan.

Untuk mencapai keluarga yang sakinah mulailah dengan menghadapi suatu permasalahan dengan mencari solusinya menggunakan pikiran jernih dan langsung pada intinya, hindari perdebatan dan perkelahian yang akan menambah masalah baru.

Makna Dari Mawadah

Mawadah artinya perasaan kasih sayang atau cinta yang menggebu. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan perasaan cinta yang membara pada pasangan yang baru menikah dan ini dianggap suatu hal yang wajar dimiliki oleh setiap manusia.

Perasaan cinta yang menggebu ini muncul oleh banyak faktor seperti kecantikan atau ketampanan pasangan, kedudukan, moralitas, dan lain sebagainya. Tentunya dengan adanya mawadah membuat kehidupan rumah tangga yang baru dibina penuh dengan rasa cinta.

Adanya rasa cinta tentu kehidupan rumah tangga akan terasa lebih berwarna. Bahkan setiap pasangan suami istri akan rela berkorban dan memberikan hal lebih untuk pasangannya. Karena pada dasarnya cinta dapat memberikan perasaan untuk saling memiliki dan juga saling menjaga satu dengan lainnya.

Rasa cinta memang tidak bisa datang secara tiba-tiba di dalam rumah tangga. Perasaan cinta hadir jika jika kedua pasangan suami istri saling mencintai bersama dengan anak-anaknya kelak. Untuk itu sangat penting adanya mawadah dalam setiap rumah tangga.

Makna Dari warahmah

Warahmah berasal dari kara rahmah yakni rahmat, karunia, dan kasih sayang. warahmah akan muncul apabila setiap pasangan saling mencintai, percaya, berusaha untuk saling menutupi kekurangan dari pasangannya, saling memahami dan pengertian.

Meskipun begitu untuk mewujudkan keluarga yang warahmah dibutuhkan kesabaran dan penuh pengorbanan. Dengan begitu rahmat dan kasih sayang akan muncul sebagai bentuk rasa cinta tertinggi di kehidupan rumah tangga.

Karakteristik Keluarga Sakinah Mawadah warahmah

Tentunya semua orang termasuk HappyFams ingin memiliki kehidupan rumah tangga yang harmonis dan jauh dari perselisihan, bukan? HappyFams harus tahu karakterisik dari keluarga sakinah mawadah warahmah berikut ini!

  1. Mempunyai rasa cinta, kasih sayang, dan juga rasa untuk saling memiliki antara satu dengan lainnya.
  2. Selalu ikhlas dan tulus dalam melaksanakan perannya sebagai suami istri untuk membina rumah tangga.
  3. Berusaha untuk menjauhkan diri dari rasa tidak percaya, curiga, hingga merasa tidak aman kepada pasangan,
  4. Adanya ketenangan dan kedamaian yang selalu terjaga. Bukan konflik yang dapat menjadi pemicu perceraian.
  5. Selalu mendukung pasangannya, baik dalam hal karir, pekerjaan, hingga ibadah. Selama hal tersebut mengarah kapada hal-hal positif.

Cara Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawadah warahmah

makna sakinah mawaddah warahmah
Sumber: freepik.com

Membangun sebuah rumah tangga memang tidaklah mudah. Akan tetapi jika HappyFams dan pasangan yang baru menikah berpedoman pada sakinah mawadah warahmah tentu kehidupan rumah tangga antara suami dan istri dapat berjalan dengan damai, saling mencintai, saling pengertian, saling menghormati, dan yakin untuk tidak ragu memberikan kasih sayangnya.

Untuk mewujudkan rumah tangga sakinah mawadah warahmah dapat dimulai dengan saling memaafkan apabila salah satu pasangan melakukan kesalahan. Tidak hanya itu saja, setiap pasangan berusaha untuk saling melindungi dan mengingatkan dalam hal kebaikan.

Terakhir yakni selalu berusaha untuk mencari solusi dengan cara bermusyawarah. Sebab dalam menghadapai masalah alam rumah tangga, perlu melibatkan pasangan suami istri untuk menghindari konflik di kemudian hari.

Memang ucapan semoga sakinah mawadah warahmah bukanlah sebatas kalimat biasa saja. Namun berisi makna yang mendalam untuk pasangan yang akan membangun kehidupan rumah tangga baru. Nah, HappyFams sekarang sudah tahu apa arti dari sakinah mawadah warahmah, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini Lho Arti Sakinah Mawadah Warahmah, Ucapan Keluarga Yang Menikah!"
related post
Gambaran Keluarga Kecil Bahagia, Harmonis, Sakinah, Ideal Dan Sehat

Memiliki keluarga yang bahagia tentu impian bagi sebagian besar pasangan di seluruh dunia. Tidak heran ... Lanjut Baca

Cara Bersihkan Rumah Pasca Banjir Agar Tak Jadi Sarang Penyakit

Bencana banjir memang dapat mengancam siapapun, terutama bagi Dads yang tinggal di daerah rawan banjir. ... Lanjut Baca

Kewajiban Ayah Terhadap Anak Sebagai Kepala Keluarga Yang Jadi Panutan

Setiap pasangan suami istri tentu memiliki perannya masing-masing di dalam sebuah keluarga. Peran mereka akan ... Lanjut Baca