Ini Dia Nih Bahaya Gula Darah Rendah Maupun Tinggi, Bisa Mematikan!

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 13 November 2021 09:30 WIB
bahaya gula darah
Sumber: genprex

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bahaya gula darah merupakan penyebab penyakit diabetes yang dapat berdampak kematian bagi para penderitanya. Hal ini banyak terjadi di seluruh dunia khususnya Indonesia. Oleh sebab itu, pastikan HappyFams tetap menjaga kesehatan agar gula darah terkontrol.

Gula darah memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh sebagai sumber energi. Dengan catatan, dalam kadar normal dan ideal. Sebab, akan sangat berbahaya jika kadar gula darah terlalu tinggi atau rendah.

Pemicu utama ketidak seimbangan gula darah adalah pola hidup yang tidak sehat. Misalnya saja kurang berolahraga, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula, stress, dan lain sebagainya. Oleh karena itu pola hidup seimbang sangat penting untuk menjaga kadar gula darah normal

Lantas, memang apa saja bahaya gula darah tinggi dan rendah selain gejala diabetes? Untuk mengetahui jawaban mengenai bahayanya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Risiko Bahaya Gula Darah Saat Tinggi

BACA JUGA:

Gula darah dikatakan tinggi jika kadarnya sama dengan atau lebih dari 400 mg/L. Kondisi ini disebut dengan hiperglikemia. Orang yang sangat rentan terkena penyakit ini adalah ketika berat badannya terlalu berlebih.

Artinya penderita tersebut sering mengonsumsi makanan tinggi kalori dengan tidak dibarengi olahraga. Gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita adalah selalu kehausan, pengellihatan mulai kabur, sering lapar, dan buang air kecil.

Bahkan jika kondisinya sudah cukup parah, HappyFams bisa merasakan mual, muntah, kesemutan, hingga mati rasa. Gejala ini menjadi awal bahaya gula darah 500 mg/L.

Pada kadar tersebut, kondisinya sudah cukup parah. Berikut ini bahaya lainnya yang lebih baik HappyFams waspadai:

1. Penyakit Jantung

Gula darah yang berlebihan di dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan fungsi otot jantung. Sehingga, dapat menyebabkan pembengkakan jantung karena organ ini bisa gagal dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

2. Penyakit Stroke

Hiperglikemia juga dapat menyebabkan pembentukan plak pada pembuluh darah (aterosklerosis). Sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tersumbat, termasuk ke otak yang dapat memicu stroke.

3. Kerusakan Ginjal

Bahaya gula darah berikutnya adalah dapat menurunkan fungsi ginjal. Sehingga, proses filtrasi pada ginjal tidak berjalan optimal dan meningkatkan risiko gagal ginjang yang mematikan.

4. Kerusakan Jaringan Syaraf

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan syaraf pada tangan dan kaki (neuropati perifer). Kondisi ini menyebabkan tangan dan kaki menjadi lemas, sering kesemutan, hingga mati rasa.

Tidak hanya itu saja, sebab sistem organ lainnya juga akan ikut terpengaruh. Misalnya adalah sistem seksual, pencernaan, dan kontrol terhadap kandung kemih.

5. Kerusakan Mata

Kadar gula darah yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan HappyFams terkena katarak. Hal ini dikarenakan lensa mata menjadi berkabut dan mengganggu penglihatan.

Tidak hanya itu saja, bahaya gula darah naik menyebabkan glaukoma. Kondisi di mana pembuluh darah pada mata rusak dan berpotensi menyebabkan kebutaan.

6. Masalah Kesehatan Kulit

Penderita hiperglikemia juga sangat rentan terkena infeksi bakteri dan jamur kulit. Sehingga, menyebabkan berbagai penyakit.

Risiko Bahaya Gula Darah Saat Rendah

bahaya gula darah
Sumber: shutterstock

Selain gula darah tinggi, ternyata gula darah rendah (hipoglikemia) juga sangat berisiko untuk kesehatan. Penyakit ini dapat menyebabkan koma hingga kematian. Gejala umum yang biasa terjadi adalah rasa lapar ekstrem.

Selain itu, HappyFams juga akan merasakan mual, berkeringat dingin, tubuh bergemetar, dan jantung berdebar kuat. Berikut ini adalah bahaya gula darah saat rendah yang mengintai si penderita:

1. Mudah Sekali Merasa Lelah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, gula darah memiliki fungsi untuk memberi energi pada tubuh. Oleh sebab itu bahaya gula darah turun salah satunya menyebabkan HappyFams mudah merasa lelah.

2. Pusing Hingga Pingsan

Gangguan sistem syaraf pusat yang disebabkan gula darah rendah dapat membuat HappyFams kerap merasa pusing. Bahkan, gejala pusingnya cukup parah dan berisiko hingga pingsan.

3. Sakit Kepala Hebat

Gangguan pada sistem syaraf pusat juga akan menyebabkan bahaya gula darah rendah berupa sakit kepala hebat. Sakit kepala ini terjadi sangat intens selama HappyFams menderita gula darah rendah.

4. Menyebabkan Stress

Gangguan kesehatan ini sangat sering menyerang penderita hipoglikemia. Gejala stres ini di antaranya adalah gugup, merasa cemas tanpa alasan yang jelas, hingga mudah tersinggung.

Bahkan, jika kadar gula darah ini terjadi di malam hari, maka HappyFams akan mengalami mimpi buruk, menangis saat tidur, dan gangguan lainnya. Tidak jarang HappyFams akan menderita insomnia.

Sesuatu yang berlebihan dan kekurangan memang tidak baik, termasuk gula darah. Sebab, bahaya gula darah yang terlalu tinggi atau rendah dapat mengancam kesehatan dan nyawa.

Semoga HappyFams dan keluarga dapat terhindar dari penyakit bahaya gula darah ini ya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini Dia Nih Bahaya Gula Darah Rendah Maupun Tinggi, Bisa Mematikan!"
related post
Menjaga Pola Hidup Sehat Dan Bersih Anak Terlepas Dari Penyakit

Sebagai orang tua yang peduli terhadap pola hidup sehat, maka perlu pula untuk menerapkan pola ... Lanjut Baca