Ini Dia Kelebihan Anak Terlambat Bicara Yang Menjadikannya Istimewa

Waktu Baca: 5 menitSenin, 08 Februari 2021 09:18 WIB
kelebihan anak terlambat bicara
Sumber: babyology

Sebagai orang tua, setiap keterlambatan pertumbuhan pada anak akan membuat HappyFams khawatir padahal beberapa diantaranya memiliki kelebihan seperti kelebihan anak terlambat bicara. Kekhawatiran akan menyerang Moms & Dads jika hal tersebut terjadi pada anak yang menurut usianya sudah seharusnya lancar berbicara.

Jika HappyFams adalah seorang orangtua yang baru saja memiliki satu orang anak dan mengalami hal tersebut, maka tidak perlu khawatir. Biasanya fenomena ini sudah lumrah terjadi sehingga alternatifnya sudah banyak ditemukan. Bahkan beberapa ahli percaya mereka yang terlambat berbicara memiliki IQ yang terbilang cukup tinggi.

Usahakanlah untuk selalu menjaga lingkungan pertumbuhan anak untuk selalu dalam kategori positif. Jangan biarkan anak mendapatkan perlakuan dan omongan tidak baik dari orang orang disekitarnya. Sebaliknya penuhilah nutrisi sang anak baik dari segi asupan gizi serta cinta kasih yang masih diperlukannya.

Sebagai orang tua HappyFams juga harus sering membaca informasi terkait hal yang dialami anak HappyFams. Sangat perlu untuk membawa sang anak kepada ahlinya. Kenali dan pahami juga faktor apa yang membuat anak berada pada kondisi tersebut, bagaimana cara mengatasinya, dan kelebihan apa yang dimiliki sang anak.

Faktor yang Membuat Anak Terlambat Bicara

Sebelum masuk membahas tentang kelebihan bagi anak yang terlambat berbicara, Moms & Dads sebagai orangtua harus mengetahui faktor apa sajakah yang dapat membuat seorang anak dapat terlambat berbicara.

Faktor pertama adalah ada yang salah dengan mulut ana. Diduga pada fase ini kondisi pengikat lidah terhubung ke dasar mulut sehingga memperlambat anak untuk memproses suara. Beberapa suara yang mengalami penghambatan adalah pada huruf D, Z, T, th, S, R, dan L.

Kemudian faktor berikutnya adalah kelahiran anak secara prematur. Kelahiran secara premature akan membuat anak mengalami ketidaksempurnaan fungsi otak sehingga dapat menganggu kemampuan bicara dan bahasa sang anak. Namun sebenarnya beberapa ahli kedokteran dalam bidang ibu dan anak mengatakan bahwa hal tersebut tidak akan memengaruhi kemampuan anak dalam memahami bahasa dan komunikasi secara non-verbal.

Faktor selanjutnya adalah kemampuan mendengar yang tidak cukup baik. Hal ini sangat berhubungan karena ia tidak dapat menyerap kata kata sehingga sulit untuk mengulanginya Kembali.

Kemudian faktor berikutnya adalah stimulus yang diberikan sangat minim. Bagi pertumbuhan sang anak maka lingkungan menjadi peran penting. Anak harus lebih sering untuk diberikan stimulus seperti perhatian besar, sering diajak berbicara untuk bisa mencapai tonggak perkembangannya. Moms & Dads juga harus memberikan stimulus secara verbal agar anak mengerti karena setiap hari ia dapat mendengarkan secara terus menerus.

Kelebihan dari Anak Terlambat Bicara ...

Halaman: 12

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini Dia Kelebihan Anak Terlambat Bicara Yang Menjadikannya Istimewa"