Ini Bahaya Gangguan Kecemasan Dan Depresi Berlebih Pada Anak Remaja

Waktu Baca: 5 menitKamis, 19 Agustus 2021 17:03 WIB
gangguan kecemasan dan depresi
Sumber: pexels

Belakangan ini gangguan kecemasan mudah menyerang anak usia remaja. Mulai dari faktor internal dan eksternal semua dapat berpotensi meningkatkan gangguan kecemasan. Ada berbagai macam penyebab yang perlu diketahui agar dapat menanggulangi gangguan kecemasan secara tepat.

Faktor internal yang dapat menjadi penyebabnya biasanya dari lingkungan keluarga. Apabila kondisi rumah tangga kurang harmonis maka potensi terjadinya masalah seperti ini memang bisa saja terjadi. Faktor lingkungan merupakan penyebab eksternal yang mungkin juga menjadi penyebabnya. Apalagi sekarang pergaulan sudah semakin bebas dan membuat orang tua sulit mengontrol bagaimana kehidupan sosial anak.

Ketika sudah menyadari dua faktor tersebut maka gangguan kecemasan pada remaja dapat dihindari. Jadi sebagai orang tua Moms sebaiknya menyadari ciri awal sebelum gangguan mental seperti ini terjadi.

Memang ada beberapa ciri secara umum yang dapat dijadikan sebagai dasar. Apabila sudah melihat ciri-ciri terkait kesehatan mental anak lebih sebaiknya segera melakukan konsultasi pada dokter.

Tidak perlu khawatir kami disini akan memberikan beberapa ciri-ciri secara umum bagaimana melihat terjadinya penuruan kesehatan mental. Jadi Moms bisa segera menyadari jika memang terjadi pada anak. Apalagi jika setiap hari berinteraksi maka gejalanya dapat segera diketahui secara dini. Oleh karena itu sebaiknya dipelajari agar dapat melakukan pencegahan sebelum masalah berlarut-larut dan menjadi akut.

Meskipun di negara kita kondisi seperti ini sering diremehkan, namun sebenarnya dapat membahayakan. Banyak orang tidak menyadari akibat yang terjadi ketika remaja mengalami masalah psikis. Baru ketika semuanya sudah terlanjur dan menjadi parah keluarga menyadarinya. Pada momen seperti ini hanya penyesalan yang dapat dilakukan. Karena ketika psikis rusak maka lama proses penyembuhannya.

Ciri Terjadinya Gangguan Kecemasan Secara Umum

bahaya gangguan kecemasan
Sumber: pexels

BACA JUGA:

  1. 7 Kata Bijak, Nasehat Ibu Untuk Anak Yang Beranjak Remaja
  2. Penyebab Dan Cara Mengatasi Gangguan Makan Pada Anak Dan Remaja

Secara umum gejala dari masalah psikis seperti ini dapat dipersempit dalam tiga aspek. Jadi Moms bisa melakukan pencegahan dan penanganan sebelum gangguan psikis berubah menjadi akut.

1. Agitasi

Agitasi merupakan sebuah gangguan psikomotor akibat otak terlalu intens bekerja. Biasanya ditandai dengan berjalan bolak-balik, atau menggigit kuku ketika terjadi kecemasan.

Ini merupakan salah satu ciri gangguan kecemasan berlebih yang sering ditemui di Indonesia. Namun jika durasinya tidak terlalu lama maka bisa jadi hanya sekedar cemas biasa.

Ketika masalah sudah pelik maka hasutsan dalam pikiran tidak akan tertahankan. Keinginan untuk terus melakukan gerakan aneh akan dilakukan dalam jangka waktu lama bahkan bisa berjam-jam.

2. Insomnia

Apabila remaja mengalami gangguan tidur atau insomnia maka besar kemungkinan kondisi pikirannya sedang terganggu. Memang gangguan psikis sering menjadi penyebab utama bagi remaja.

Ini merupakan ciri dari gangguan kecemasan yang paling mudah dideteksi. Karena ketika jam tidur sudah berubah dan menjadi terlalu malam maka Moms sebaiknya menanyakan bagaimana keadaan anak.

3. Anti Sosial

Ketika anak sudah mulai mengurung diri dan membatasi interaksi sosialnya maka besar kemungkinan ada yang salah. Besar kemungkinan masalah sudah mulai pelik dan sebaiknya segera diatasi dan umum sekali terjadi cyber bullying pada zaman sekarang.

Ketika anak sudah mulai berubah sikap menjadi lebih dingin dan acuh Moms disarankan untuk menggali isi hatinya. Tanya dengan baik apa yang terjadi dan jika memungkinkan bawa ke psikiater.

Tiga ciri tersebut tentu bisa dijadikan sedikit acuan untuk mulai melakukan pecegahan terhadap gejala psikis anak. Apabila sudah terlanjur terjadi maka sebaiknya dibawa untuk konsultasi pada dokter spesialis psikologi.

Menekan Gangguan Kecemasan Pada Anak

gangguan kecemasan pada anak

Meskipun sulit disembuhkan bila terlalu akut, namun Moms tetap dapat menekan potensi terjadinya masalah psikis anak dengan pola asuh anak yang lebih modern. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

1. Meningkatkan Perhatian

Meskipun sudah beranjak remaja namun anak tetap membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Moms sebaiknya jangan mengacuhkan ketika terjadi masalah pada anak.

Salah satu bentuk konkret untuk mencegah gangguan kecemasan dan depresi adalah menanyakan kegiatan sepulang sekolah. Memang sepele namun hal tersebut cukup efektif sebagai tindakan pencegahan.

2. Memperbanyak Kegiatan Bersama

Meluangkan waktu saat liburan memang penting dilakukan karena dapat membuat hubungan keluarga semakin harmonis. Langkah ini juga efektif dalam mengurangi potensi terjadinya masalah psikis.

Tidak perlu dengan jalan-jalan ke tempat wisata, sekedar berolahraga seperti jogging juga dapat dilakukan. Jadi semakin banyak kegiatan bersama maka anak juga terjauh dari gangguan kecemasan sosial.

3. Memperdalam Ikatan Spiritual

Di Indonesia ikatan spiritual memang sangat penting sifatnya. Ini dapat memperkuat psikologi seseorang sehingga lebih kuat mengatasi berbagai masalah. Tidak salah jika Moms mengajak anak untuk sering beribadah.

Mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa juga efektif menjadi sebuah pelampiasan batin. Karena dengan mengeluarkan keluh kesahnya seseorang dapat menemukan rasa lega dan menghilangkan tekanan.

Dari ketiga cara tersebut tentunya tidak terlalu sulit diaplikasikan bukan. Yang paling penting adalah ikatan antara orang tua dan anak tidak boleh sampai renggang agar gangguan kecemasan dapat dicegah. Bila sudah sampai mengarah sampai kenakalan remaja, Moms wajib tahu cara mengatasi kenakalan remaja saat ini.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini Bahaya Gangguan Kecemasan Dan Depresi Berlebih Pada Anak Remaja"
related post
Bagaimana Cara Balikan Sama Mantan Yang Sudah Lama Putus? Bisa, Tapi!

Bagi beberapa orang berpisah dengan seseorang yang pernah menjalin hubungan percintaan bukanlah hal yang ... Lanjut Baca