Ini 7 Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi, Anti Repot Dan Tanpa Drama!

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 28 Mei 2019 10:20 WIB
Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi Cover Parenting
Sumber: Yandex.com

Sebentar lagi lebaran tiba, apakah Moms punya rencana mudik ke kampung untuk merayakan lebaran disana? Walaupun perjalanan mudik mungkin akan terasa melelahkan nanti, faktanya berkumpul kembali bersama keluarga tentu jadi momen yang paling ditunggu. Tentu Moms juga perlu memiliki persiapan yang baik untuk perjalanan mudik tahun ini. Apalagi jika nanti mudik bersama bayi, pasti akan lebih lagi merepotkan lagi lho, Moms.

Karena itu Moms perlu tahu nih apa saja tips mudik lebaran bawa bayi agar tidak kesulitan dan kesehatan bayi juga terjaga selama perjalanan. Pasalnya bayi membutuhkan banyak hal yang harus disiapkan dan juga perhatian yang lebih. Ada beberapa hal yang harus Moms ketahui. Mulai dari apa saja perlengkapan yang harus dibawa, apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama perjalanan. Penasaran dengan tips mudik lebaran bawa bayi ini? Yuk simak!

1. Gunakan Baby Car Seat Ya Moms!

gunakan baby car seat ya moms
Sumber: Vannytelly.blogspot.com

Saat Moms mudik dengan bayi menggunakan mobil pribadi, Moms harus menyiapkan baby car seat. Selain akan memudahkan Moms untuk tidak menggendong bayi terus menerus, baby car seat juga sangat aman untuk bayi selama perjalanan. Baby car seat ini sudah banyak dijual di pasaran dan bisa disesuaikan dengan ukuran mobil juga, Moms. Walau mahal tetapi selama perjalanan bayi akan selalu nyaman dan terjaga. Bahkan kualitas tidur bayi selama perjalanan pun tidak akan terganggu.

2. Moms, Harus Packing Barang Jauh-jauh Hari Ya!

moms harus packing jauh-jauh hari
Sumber: Drbrownsbaby.com

Tips mudik lebaran bawa bayi berikutnya adalah melakukan segala persiapan dengan baik. Persiapan mudik bawa bayi akan sangat memakan waktu karena ada banyak sekali perlengkapan bayi yang harus ikut dibawa. Jangan packing perlengkapan yang akan dibawa terlalu mepet ya, Moms karena bisa menyebabkan beberapa barang ketinggalan. sebaiknya Moms packing barang dari jauh-jauh hari. Jangan lupa bawa barang-barang yang penting untuk bayi ya, Moms. Jadi selama perjalanan bayi tidak akan rewel, kebutuhannya terpenuhi dan perjalanan mudik keluarga menjadi nyaman.

3. Jangan Lupa Bawa Mainan/Barang Favorit Bayi Agar Tidak Rewel, Moms

jangan lupa bawa mainan barang favorit bayi agar tidak rewel moms
Sumber: Flickr.com/Photostream

Dari semua perlengkapan mudik bayi tersebut, jangan sampai lupa bawa barang atau mainan favorit bayi ya Moms. Bayi akan sangat anteng alias tidak rewel jika ada mainan atau barang favoritnya tersebut. Setiap bayi pasti memiliki mainan/barang favorit yang berbeda-beda. Jadi Moms harus tahu betul benda apa saja yang disukai bayi yang bisa membuatnya tidak rewel.

4. Siapkan Juga Cemilan/Snack Selain Makanan Utama Untuk Bayi

siapkan juga cemilan
Sumber: Gaya.tempo.co

Bayi yang sudah makan pelengkap ASI atau sudah tidak mengonsumsi ASI saja, maka Moms juga harus siapkan makanan si kecil untuk di sepanjang perjalanan. Jangan hanya membawa makanan utamanya saja, bawa juga beberapa cemilan yang bisa dikonsumsi si kecil. Hal ini penting karena menghangatkan makanan bayi setiap waktu selama di perjalanan mungkin akan sulit dilakukan. Untuk bayi yang masih minum ASI, Moms bisa menyiapkan cadangan ASI secukupnya untuk di perjalanan.

5. Atur Waktu Tidur Bayi Selama di Perjalanan Ya, Moms!

atur waktu tidur bayi selama di perjalanan
Sumber: Ibupedia.com

Jangan sampai waktu tidur bayi terganggu, Moms harus selalu atur waktu tidurnya selama di perjalanan. Ketika sudah waktunya bayi tidur, maka bantu bayi untuk tidur. Jangan biarkan bayi terlalu lama terjaga karena bermain atau selalu tertidur selama perjalanan ya, Moms. Ini akan menyulitkan Moms dan Dads nantinya karena bayi yang sudah puas tidur akan terus terjaga dan bisa saja nantinya akan menganggu waktu istirahat Moms dan Dads.

6. Moms Akan Membutuhkan Stroller di Waktu Tertentu, Jadi Jangan Lupa Dibawa Juga Ya!

Moms akan membutuhkan stroller di waktu tertentu
Sumber: Jawapos.com

Perjalanan mudik bersama bayi juga membutuhkan waktu istirahat sesekali. Saat beristirahat, Moms sebaiknya mengeluarkan bayi dari dalam mobil. Nah, disaat istirahat seperti ini Moms bisa memanfaatkan stroller karena menggendong bayi terus-terusan bisa membuat Moms jadi makin lelah. Dengan adanya stroller sebagai perlengkapan mudik bayi, Moms bisa menghemat banyak tenaga dan membuat bayi juga tidak bosan berada di dalam mobil terus menerus. Stroller tidak akan memakan tempat karena saat ini sudah banyak yang bisa dilipat juga.

7. Jangan Terlalu Stress Dan Nikmati Perjalanan Bersama Si Bayi

jangan terlalu stress dan nikmati perjalanan bersama si bayi
Sumber: Metrobali.com

Terakhir, hindari stress agar Moms bisa menikmati perjalanan mudik dengan bayi. Stress hanya akan membuat perjalanan mudik yang cukup jauh terasa semakin sulit dan berat. Moms bisa melihat sisi baik dari perjalanan mudik bersama bayi ini sebagai kesempatan untuk menikmati pengalaman baru bersama si kecil.

Itulah tadi pembahasan mengenai 7 tips mudik lebaran bawa bayi ya, Moms. Bagaimana menurut Moms apakah sudah siap melewati perjalanan mudik bersama si kecil? Yang penting Moms harus melakukan persiapan mudik bawa bayi dengan baik. Pastinya mudik tidak akan terasa terlalu memberatkan dan melelahkan jika semua persiapan dilakukan dengan baik.

Apakah Moms pernah punya pengalaman menarik saat mudik bersama bayi? Yuk share pengalamannya di kolom komentar untuk informasi tambahan bagi para pembaca lainnya. Kami tunggu pengalamannya ya, Moms.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini 7 Tips Mudik Lebaran Bawa Bayi, Anti Repot Dan Tanpa Drama!"
related post
Berapa Sih Harga Perlengkapan Bayi Baru Lahir? Lihat Yuk Moms!

Di samping berbelanja perlengkapan bayi baru lahir yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan, memperhitungkan harga ... Lanjut Baca

10 Cara Agar Cepat Tinggi Secara Alami Dengan Badan Ideal

Banyak orang yang mendambakan badan yang ideal dengan tinggi dan berat badan yang pas. Menurunkan ... Lanjut Baca

Perlengkapan Bayi Baru Lahir Yang Harus Disiapkan Supaya Hati Tenang

Perlengkapan bayi baru lahir memang perlu dipersiapkan untuk Moms yang saat ini akan memiliki momongan. ... Lanjut Baca