Ini 7 Rahasia Awet Muda Alami Ala Wanita Jepang. Catat Ya Moms!

Senin, 23 September 2019 11:00 WIB
Rahasia Awet Muda Alami
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Terlihat awet muda merupakan impian semua wanita di dunia, termasuk Moms bukan? Tampil awet muda dengan make up memang cantik, tapi terkadang malah terlihat tidak natural, bahkan bisa memperparah kerutan di wajah. Tidak hanya make up saja, tapi juga rangkaian skincare yang dipakai pun efeknya belum tentu permanen. Facial sebagai salah satu rangkaian perawatan wajah dianggap sebagai solusi yang paling praktis untuk mengatasi penuaan. Apakah Moms juga beranggapan demikian?

Padahal, facial hanya akan merusak jaringan kulit yang akibatnya kulit jadi tidak bisa beregenerasi. Jadi, gimana dong cara membuat wajah awet muda dan kencang yang aman? Tenang, Moms! Ada satu resep rahasia wanita awet muda dan cantik serta secara alami tanpa make up, skincare, maupun facial. Resep kecantikan ala wanita Jepang ini sudah digunakan turun-temurun lho, Moms. Moms pasti penasaran dengan rahasia awet muda alami yang menjadi andalan wanita Jepang ini, bukan? Langsung saja yuk Moms simak tipsnya!

1. Rajin Berendam Air Hangat

Rahasia Awet Muda Alami Rajin Berendam Air Hangat
Sumber: Thelifepile.com

Berendam air hangat tidak hanya bermanfaat untuk merelaksasikan tubuh lho Moms, namun juga dapat untuk membuat kulit dan wajah awet muda. Namun suhu airnya jangan terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi dan kulit malah jadi mengerut. Selain itu jangan berendam lebih dari 20 menit ya, Moms. Apa saja manfaat berendam air hangat untuk kecantikan?

A. Mengatasi Jerawat Dan Kulit Kusam

Saat berendam air panas pori kulit akan terbuka sehingga proses pengangkatan kotoran di kulit pun jadi lebih mudah, termasuk dalam mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Nah, sel kulit mati inilah yang sebenarnya membuat wajah tampak lebih kusam sehingga terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Dengan bersihnya wajah dari kotoran menumpuk maka jerawat di wajah pun perlahan bisa memudar. Namun, setelah membersihkan wajah dengan air hangat jangan lupa bilas dengan air dingin ya, Moms. Agar pori-pori wajah yang terbuka tadi dapat menutup kembali dan kotoran jadi nggak mudah masuk ke pori.

B. Mengangkat Minyak Berlebih Pada Kulit

Berendam air hangat juga bagus nih untuk Moms yang punya masalah kulit berminyak. Air hangat tidak hanya mampu mengangkat kotoran yang menyumbat pori, namun sekaligus akan membuat minyak wajah jadi berkurang Moms.

C. Mengatasi Kulit Pecah-Pecah

Moms punya masalah kulit pecah-pecah seperti pada area tumit atau area lainnya? Berendam air hangat bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasi masalah ini, Moms! Air hangat dapat membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh, menjaga kelembapan kulit, dan melembutkan kulit. Nggak heran ya Moms, wanita Jepang suka berendam dengan air hangat, ternyata inilah salah satu rahasia wajah awet muda para wanita di negeri Sakura itu.

D. Menjaga Keelastisan Kulit

Keelastisan kulit yang tetap terjaga merupakan kunci utama untuk kulit dan wajah awet muda, Moms. Nah, salah satu cara membuat wajah awet muda dan kencang adalah dengan berendam air hangat karena metode ini mampu menyamarkan keriput dengan baik. Agar hasilnya lebih maksimal Moms bisa tambahkan beberapa bahan seperti madu dan jeruk nipis ke dalam wadah yang telah terisi air hangat untuk berendam atau pun mencuci muka.

2. Rutin Konsumsi Teh Hijau (Green Tea)

Rahasia Awet Muda Alami Rutin Konsumsi Teh Hijau
Sumber: Allabout-japan.com

Teh hijau dipercaya orang Jepang sebagai ramuan alami untuk mendapatkan wajah awet muda karena mengandung antioksidan, anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Rutinlah mengkonsumsi teh hijau Moms, namun jangan lupa pula untuk mengkonsumsi air putih, ya! Nah, berikut adalah manfaat teh hijau untuk kecantikan.

A. Mengatasi Dan Mencegah Jerawat
Teh hijau memiliki senyawa yang berfungsi sebagai anti-inflamasi, anti-septik, dan anti-bakteri sehingga ampuh untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat dan mencegah peradangan. Teh hijau juga bermanfaat untuk mengurangi kelebihan sebum pada wajah. Untuk hasil yang maksimal, Moms juga bisa mengaplikasikan teh hijau sebagai masker wajah lho. Caranya cukup dengan menghaluskan teh hijau lalu tambahkan air secukupnya dan aduk sampai berbentuk pasta dan aplikasikan pada wajah. Moms bisa memakai masker ini 2 kali dalam seminggu.

B. Mempercantik Kulit Wajah
Kandungan dalam teh hijau juga mampu mengeluarkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, mengurangi peradangan, serta meningkatkan elastisitas kulit, Moms. Nah, mulai sekarang beralih untuk mengkonsumsi teh hijau yuk, Moms?

C. Mengatasi Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari
Teh hijau ternyata juga bisa mengobati kulit yang terbakar matahari nih, Moms. Caranya cukup dengan mengkompreskan teh hijau pada kulit yang terbakar sinar matahari. Berkat kandungan anti-inflamasinya kulit jadi lebih tenang dan lebih cepat sembuh.

D. Mengatasi Mata Panda
Moms mengalami masalah mata panda yang menyebalkan? Konsumsilah teh hijau Moms, tapi ampasnya jangan dibuang ya, Moms! Kandungan kafein pada teh hijau efektif untuk mengecilkan pembuluh darah di area bawah mata. Untuk mengatasi mata panda ini Moms cukup mengkompreskan ampas teh hijau pada area bawah mata selama kurang lebih 20 menit. Lakukan secara rutin ya Moms agar mata panda teratasi dengan maksimal.

3. Rutin Mengkonsumsi Ashitaba Untuk Anti Penuaan

Rahasia Awet Muda Alami Rutin Mengkonsumsi Ashitaba Untuk Anti Penuaan
Sumber: Skepat-lombok.blogspot

Ashitaba terdengar asing ya, Moms? Ini adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga wortel atau dikenal juga dengan seledri Jepang. Namun, tanaman ini bisa tumbuh di Indonesia dan bisa ditanam di pekarangan rumah, jadi Moms nggak perlu ke Jepang untuk mendapatkannya. Bahkan, tanaman ini sudah ditanam di beberapa wilayah Indonesia seperti pegunungan Welirang, Jawa Timur. Malah, kini sudah ada loh minuman Ashitaba yang dikemas dalam kemasan sehingga jauh lebih praktis. Ashitaba ini mengandung dimenthoxychalcone atau DMC dan flavonoid yang terbukti bisa melindungi sel kulit dari efek penuaan. Ramuan ini bisa Moms seduh dengan air panas secukupnya dan bisa Moms konsumsi setiap hari satu gelas.

4. Rajinlah Konsumsi Rumput Laut, Moms!

Rahasia Awet Muda Alami Rajinlah Konsumsi Rumput Laut, Moms
Sumber: Dailymail.co.uk

Rumput laut mengandung vitamin dan mineral yang mampu merawat kecantikan kulit, Moms. Selain dua kandungan tersebut, rumput laut juga memiliki senyawa anti-inflamasi dan kaya akan yodium yang dapat mengatasi jerawat dan meningkatkan fungsi kelenjar tiroid pada kulit. Kelenjar tiroid berperan dalam menghasilkan asam amino yang melancarkan metabolisme dan peredaran darah serta proses peremajaan kulit. 

5. Gunakan Masker Beras Dengan Rutin

Rahasia Awet Muda Alami Gunakan Masker Beras Dengan Rutin
Sumber: Frocknet.com

Ekstrak beras sudah sangat dikenal dalam beberapa produk kecantikan Jepang. Beras mengandung retinol yang dapat mencegah penuaan dan vitamin A berperan sebagai antioksidan untuk melawan penuaan. Yuk resepn cara membuat masker beras ini, Moms!

Bahan:

  • 2-3 sdm beras
  • 1 sdm susu atau yogurt
  • 1 sdm madu

Cara Membuat:

  • Masukkan beras ke dalam panci, tambahkan air secukupnya dan rebus hingga lunak dengan api sedang.
  • Kemudian angkat dan saring, lalu simpan air rebusannya ya, Moms.
  • Cuci nasi menggunakan air dingin dan tambahkan susu dan madu. Aduk rata hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit saja.
  • Lalu bilas menggunakan air rebusannya tadi Moms.

Mudah bukan Moms membuat masker beras demi kecantikan kulit Moms? Yuk coba!

6. Manfaatkan Kacang Merah Sebagai Toner Dan Exfoliator

Rahasia Awet Muda Alami Manfaatkan Kacang Merah Sebagai Toner Dan Exfoliator
Sumber: Timesofindia.indiatimes.com

Kacang merah ternyata tidak hanya sehat untuk dikonsumsi, tapi juga punya manfaat untuk meremajakan kulit lho Moms. Cara memanfaatkan kacang merah untuk wajah awet muda, Moms bisa coba beberapa metode berikut.

  • Sebagai Toner
    Air rebusan dari kacang merah bisa Moms pakai sebagai toner lho. Untuk membuat tonernya, Mom cukup rebus ¼ mangkuk kacang merah. Kemudian angkat dan biarkan tertutup hingga dingin. Kemudian tampung air rebusannya ke wadah toner yang Moms punya dan aplikasikan ke wajah seperti pemakaian toner pada umumnya.
  • Sebagai Exfoliator
    Kacang merah juga bisa dijadikan sebagai exfoliator, caranya kacang merah dihaluskan kemudian aduk dengan air hingga membentuk pasta. Lalu aplikasikan ke wajah 2-3 kali dalam seminggu. Ingat, kacang merahnya yang belum di rebus ya, Moms!

Menarik bukan mengetahui berbagai fungsi dari kacang merah yang bisa dijadikan toner maupun exfoliator? Apakah Moms tertarik mencobanya?

7. Perbanyak Konsumsi Sayuran, Moms!

Rahasia Awet Muda Alami Perbanyak Konsumsi Sayuran, Moms!
Sumber: Ivmechicago.com

Sayuran mengandung banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan dan sekaligus membantu proses peremajaan sel kulit, Moms. Beberapa sayur yang bagus dikonsumsi untuk kecantikan kulit adalah tomat, wortel, brokoli, bayam, asparagus dan paprika. Moms yang biasanya nggak doyan sayuran harus mulai rutin mengkonsumsi sayuran ya agar wajah awet muda dan cantik alami.

Itulah 7 rahasia awet muda alami ala wanita Jepang, Moms. Selamat mencoba dan menerapkan berbagai tips awet muda di atas ya, Moms. Moms punya tambahan lain nggak nih seputar cara membuat wajah awet muda dan kencang? Jangan lupa berbagi di kolom komentar ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini 7 Rahasia Awet Muda Alami Ala Wanita Jepang. Catat Ya Moms!"