Ini 7 Langkah Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Moms

Jum'at, 20 September 2019 11:00 WIB
ini 7 langkah mempersiapkan kecerdasan anak sejak dalam kandungan moms
Sumber: Pxhere.com

Happinest.id - Moms pasti setuju dong, kalau mempersiapkan kecerdasan anak itu sangat penting. Perlu diketahui nih Moms, bahwa kecerdasan otak bisa dibentuk sejak anak masih dalam kandungan lho. Menurut penelitian, semakin baik Moms dalam menjaga pola hidup sehat selama masa kehamilan, semakin baik pula perkembangan otak janin. Perkembangan otak janin dimulai sejak minggu ketiga masa kehamilan. Perkembangan itu terjadi pada lapisan sel-sel tipis yang disebut dengan lembaran neuron (lembaran saraf).

Richard M.Restak, seorang ahli saraf menceritakan awal terbentuknya otak janin yang terdiri dari 125.000 sel neuron. Sel tersebut akan terus berkembang setiap menitnya hingga jumlahnya berkali-kali lipat menjadi miliaran neuron hingga membentuk otak yang sempurna. Dalam masa pembentukan dasar otak inilah Moms bisa mempersiapkan kecerdasan anak sejak dalam kandungan. Apa yang bisa Moms lakukan agar bayi cerdas sejak dalam kandungan? Nah, beberapa hal berikut bisa Moms terapkan supaya janin cerdas dan sehat.

1. Konsumsilah Makanan Yang Bergizi Tinggi, Moms!

Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Konsumsilah Makanan Yang Bergizi Tinggi
Sumber: Cloudninecare.com

Makanan dikonsumsi tiap hari sangat mempengaruhi pertumbuhan dan pembentukan otak janin dalam kandungan lho. Itulah mengapa Moms harus mengkonsumsi makanan bergizi tinggi yang mengandung protein, AA-DHA, asam amino, omega 3, 6, dan 9, vitamin A, B, dan C, kalsium, asam folat, dan zat besi. Semua nutrisi ini bisa Moms dapatkan dari makanan sehat yang bebas pengawet yang sebaiknya hasil olahan sendiri ya, Moms. Berikut adalah makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan yang sangat baik Moms konsumsi.

A. Ikan Laut

Ikan laut seperti tuna dan salmon kaya akan kandungan omega 3 yang sangat bagus untuk perkembangan otak janin lho, Moms. Agar janin cerdas, Moms bisa mengkonsumsi ikan tuna dan salmon ini sebanyak 3 porsi dalam seminggu. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak mengkonsumsi ikan mentah atau setengah matang. Mengapa? Ikan yang Moms konsumsi secara mentah bisa saja berasal dari perairan yang tercemar limbah berbahaya dan terkontaminasi bakteri. Bakteri ini bisa membahayakan janin Moms, bahkan bisa menyebabkan keguguran hingga cacat lahir.

B. Telur

Kuning telur mengandung asam amino dan protein yang bagus untuk pembentukan otak janin dalam kandungan. Agar bayi cerdas sejak dalam kandungan Moms juga bisa menambahkan telur untuk variasi menu sehari-sehari. Berbagai olahan telur yang enak  bisa Moms konsumsi selama hamil agar janin mendapatkan nutrisi dengan baik.

C. Yogurt

Tahukah Moms bahwa yogurt merupakan sumber protein yang bagus untuk pembentukan sel-sel saraf janin? Yogurt dapat memberikan energi tambahan pada proses pembentukan otak janin sehingga kematangan pada sel-sel saraf dapat terbentuk dengan baik. Dalam yogurt juga ada kandungan yodium yang dapat meningkatkan IQ anak hingga 17,25 poin lho, Moms.

D. Bayam

Sayur bayam kaya akan kandungan zat besi dan asam folat yang berperan dalam mengedarkan kandungan oksigen ke dalam sel otak janin. Selain itu kandungan nutrisi pada bayam juga dapat mengoptimalkan perkembangan otak janin selama masa kehamilan Moms.

E. Buah Beri

Buah-buahan memang penting dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Buah dalam kelompok beri seperti stoberi, blueberi, dan rasberi kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan dalam buah-buahan ini akan membantu mengoptimalkan pembentukan sistem saraf janin dan dapat melindungi jaringan otak janin dari pancaran radiasi. 

F. Kacang-Kacangan

Tahukah Moms bahwa kacang-kacangan juga merupakan sumber asam folat yang dibutuhkan selama hamil untuk pembentukan sel-sel otak janin? Asupan asam folat ini sangat penting sekali selama hamil karena dapat mencegah kelainan atau cacat otak pada janin lho, Moms.

2. Ajak Janin Mendengarkan Musik Bersama

Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Mendengarkan Musik Bersama Janin
Sumber: Chiaus.com

Cara lain agar janin cerdas adalah memperdengarkan musik pada si kecil sejak ia masih dalam kandungan. Moms mungkin bingung, apakah bayi dalam kandungan bisa mendengar musik dan suara-suara yang ada diluar kandungan? Menurut para pakar kesehatan nih Moms, janin mulai bisa mendengar saat memasuki usia kehamilan antara 23 hingga 27 minggu. Apa saja manfaat mendengarkan musik kepada janin?

Alunan musik dapat merangsang janin untuk bergerak dan memberikan respon, Moms. Hal ini disebut dengan perangsangan produksi hormon serotonin. Janin yang aktif bukan dalam artian janin akan bergerak secara terus menerus, namun janin aktif dalam memberikan refleks terhadap rangsangan dengan baik. Hasilnya, ketika bayi lahir nanti ia akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih aktif dan peka terhadap lingkungan sekitarnya.

Pilihan musik yang tepat untuk didengar bersama janin adalah musik klasik atau musik yang menenangkan. Alunan irama yang lembut dapat mempengaruhi si kecil untuk tumbuh menjadi anak yang tenang. Sebaliknya Moms, jika musik yang didengar adalah yang berirama keras dan menghentak maka si kecil pun bisa menjadi anak yang agresif.

3. Ajaklah Janin Mengobrol Selama Hamil, Moms

Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Ajaklah Janin Mengobrol Selama Hamil, Moms
Sumber: Romper.com

Selain mendengarkan musik, mengajak bayi ngobrol saat ia masih dalam kandungan juga jadi salah satu langkah untuk merangsang kecerdasan bayi lho, Moms. Mengajak janin berbicara bermanfaat untuk perkembangan emosional anak nantinya dan dapat meningkatkan kemampuan bahasanya. Jadi, jangan malas ngajak si kecil ngobrol selama hamil ya, Moms.

4. Lakukan Olahraga Yoga Dan Berenang

Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Lakukan Olahraga Yoga Dan Berenang
Sumber: Conceiveplease.com

Selama kehamilan, tubuh juga harus tetap berolahraga. Olahraga yang bisa jadi pilihan Moms selama hamil adalah yoga dan berenang. Kedua olahraga ini bisa membuat bayi cerdas sejak dalam kandungan lho, Moms. Hormon endorfin yang dihasilkan tubuh saat berolahraga ikut tersalurkan kepada janin sehingga turut menstimulasi perkembangan otak pada janin.

5. Hindari Dan Jangan Konsumsi Zat Adiktif

Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Hindari Dan Jangan Konsumsi Zat Adiktif
Sumber: Bebefino.com

Banyak pakar kesehatan setuju bahwa mengkonsumsi zat adiktif dapat menggangu perkembangan bayi selama masa kehamilan. Hindari zat adiktif seperti alkohol, rokok (tembakau), kafein (kopi dan teh), dan obat-obatan tanpa seizin dokter. Semua zat ini tidak baik dan berbahaya untuk perkembangan otak janin dalam kandungan Moms.

6. Berjemur Di Pagi Hari Untuk Mendapatkan Asupan Vitamin D

Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Berjemur Di Pagi Hari
Sumber: Beritagar.id

Dengan berjemur di pagi hari selama 20 menit pada pukul 6 hingga 9 pagi, tubuh Moms akan mendapat asupan vitamin D yang cukup. Vitamin D ini akan membantu dalam pembentukan tulang yang kuat bagi si kecil, serta membantu mengatasi resiko gangguan pada otak janin. Bahkan kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan anak terlahir autisme.

7. Hindarilah Stres Selama Kehamilan Ya, Moms!

Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Hindarilah Stres Selama Kehamilan, Moms
Sumber: Momsley.com

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk tidak stres hingga persalinan nanti. Itulah kenapa selama hamil Moms juga perlu dukungan dari Dads dan anggota keluarga lainnya. Stres, cemas dan rasa khawatir yang berlebihan masuk ke dalam salah satu gangguan kehamilan karena dampaknya cukup besar bagi janin lho, Moms. Selama masa kehamilan, Moms dan si kecil saling berbagi hormon sehingga jika Moms merasa khawatir dan stres si kecil dalam rahim pun bisa merasakannya dan hal ini tidak baik untuk perkembangan otak janin Moms. 

Tahukah Moms stres berat bisa mengakibatkan anak memiliki tingkat IQ rendah. Maka dari itu, agar janin cerdas Moms juga harus berupaya untuk selalu berpikir positif. Jangan terlalu cemaskan hal yang sebenarnya belum tentu terjadi dan bicarakanlah keresahan yang Moms rasakan pada Dads atau orang terdekat agar mereka bisa membantu memberikan pencerahan.

Itulah 7 cara mempersiapkan kecerdasan anak sejak dalam masa kandungan Moms. Jadi sudah tahu ya, kalau mempersiapkan kecerdasan anak itu harus sejak masa kehamilan. Sejak awal hamil Moms benar-benar harus melengkapi semua nutrisi yang dibutuhkan si kecil untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Apakah Moms punya tips lain dalam mempersiapkan kecerdasan anak sejak dalam kandungan? Jangan lupa untuk berbagai di sini ya, Moms.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini 7 Langkah Mempersiapkan Kecerdasan Anak Sejak Dalam Kandungan Moms"
related post
Menjadi Cantik Atau Pintar? Ayo, Raih Keduanya Dengan Cara Ini Moms!

Happinest.id - Apakah Moms lebih memilih untuk menjadi cantik atau pintar, nih? Atau keduanya? Yups, ... Lanjut Baca