Ini 7 Kuliner Enak Di Jogja Yang Enak Dan Bikin Nagih!

Waktu Baca: 3 menitJum'at, 07 Februari 2020 10:00 WIB
Kuliner Jogja
Sumber: rajatourjogja.com

happinest.id - Berwisata ke Yogjakarta tanpa menikmati kuliner khasnya pastilah terasa kurang lengkap. Karena itu, saat datang ke Jogja jangan sampai HappyFams melewatkan kesempatan untuk mampir ke berbagai tempat makan untuk mencicipi kuliner Jogja yang enak, dan belum tentu bisa ditemukan di daerah tempat HappyFams berdomisili. Tapi, tentunya HappyFams juga butuh referensi kuliner di Jogja yang enak, bukan? Tenang, berikut adalah 7 kuliner Jogja yang populer dan terkenal lezat yang wajib HappyFams coba!

1. Sate Klathak Pak Pong

Kuliner Jogja Yang Enak
Sumber: jogjacardriver.com

Sate klathak ini merupakan sate berbahan dasar daging kambing yang disajikan dengan kuah yang gurih. Ciri khas dari sate ini adalah dagingnya ditusuk menggunakan besi yang mirip dengan jari-jari roda. Tusukan besi ini dipilih karena panas yang dihasilkan lebih merata sehingga daging pun bisa matang hingga ke dalam.

Nah, salah satu sate klathak yang bisa HappyFams cicipi saat di Jogja adalah sate klathak Pak Pong. Restoran legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1960, dan cita rasa satenya pun masih dipertahankan hingga sekarang. Tak hanya sate yang digemari para pengunjung di sini, tapi juga ada tengkleng yang tak kalah lezatnya. Restoran yang selalu ramai pengunjung ini berada di daerah Bantul, sekitar 10 km dari kota Jogja.

2. Bakmi Jawa Mbah Mo

Kuliner Jogja 24 Jam
Sumber: gudeg.net

Kuliner Jogja yang enak tentunya banyak sekali, jika HappyFams adalah penggemar bakmi Jawa, maka jangan lewatkan lezatnya bakmi Jawa Mbah Mo yang ada di jalan Parangtritis km 11, kabupaten Bantul. Meski berada di pelosok desa, namun bakmi Mbah Mo yang sudah berdiri sejak tahun 1986 ini tidak pernah sepi oleh pelanggan lho!

Yang membedakan bakmi di sini dengan yang lainnya adalah rasa kuahnya yang khas, gurih, kental, dan kekuningan karena dicampur dengan telur bebek dan di masak menggunakan tungku tanah liat. Mie yang digunakan pun berbeda dengan bakmi pada umumnya. Sementara ayam yang digunakan murni ayam kampung dan HappyFams bisa request sayap, paha, atau hati ampela untuk tambahannya.

3. Gudeg Mbah Lindu

Kuliner Jogja Malioboro
Sumber: sharedpengetahuan.wordpress.com

Kalau HappyFams lagi berada di kota Jogja, maka kuliner Jogja Malioboro yang sayang untuk dilewatkan adalah gudeg Mbah Lindu. Makanan khas Jogja dengan cita rasa manis ini berbahan dasar nangka yang dicampur dengan krecek dan telur. Sejak zaman penjajahan Jepang dulu, cita rasa dari gudeg Mbah Lindu ini tidak pernah berubah. Tempat makan yang satu ini juga selalu ramai oleh pembeli karena selain enak harganya pun juga sangat terjangkau. Cukup dengan membayar Rp 15.000 saja, HappyFams sudah bisa menikmati satu porsi gudeg plus nasi hangat.

4. Artemy Italian Gelato

Kuliner Jogja Gelato
Sumber: khairunnisakhaleda.blogspot.com

Artemy Italian Gelato jadi tujuan kuliner Jogja berikutnya yang sangat pas HappyFams nikmati di siang hari yang panas. Pelopor es krim Itali di Jogja ini menawarkan 24 varian rasa gelato yang bisa dipilih sesuai selera. Di sini HappyFams bisa bersantai sejenak melepas penat setelah berkeliling kota Jogja karena tempat ini nyaman dengan desain interior yang klasik. Untuk merasakan nikmatnya es krim ini, HappyFams hanya perlu membayar Rp 11.000 untuk satu scoop gelato dalam varian rasa apapun.

5. Soto Ayam 61

Kuliner Jogja Soto Ayam
Sumber: tripzilla.id

Soto jadi hidangan khas nusantara dengan cita rasa yang berbeda di tiap daerahnya. Dan hidangan soto khas Jogja adalah soto ayam yang lezat dan gurih. Soto ayam ini sangat pas dijadikan sebagai santapan makan siang atau makan malam. Nah, hidangan soto yang patut HappyFams coba saat berada di kota wisata ini adalah Soto Ayam 61 yang sudah ada sejak tahun 1976. Di sini HappyFams bisa menikmati gurihnya soto ayam berkuah bening yang segar. Pilihan lauk pauk lainnya pun banyak seperti perkedel, sate ayam, dan sate telur puyuh. Soto ayamnya makin terasa nikmat jika disantap dengan sambal kecap.

6. Angkringan Lek Man

Kuliner Jogja Malam
Sumber: jogja.idntimes.com

Untuk kuliner Jogja malam hari yang terkenal adalah angkringan Lek Man. Tidak sulit untuk menemukan angkringan ini karena lokasinya strategis, yakni berada di dekat stasiun Tugu. Angkringan ini menawarkan bermacam lauk-pauk yang bisa HappyFams nikmati dengan nasi kucing dan berbagai menu lainnya. Udara malam yang dingin membuat kopi joss khas angkringan Lek Man ini pun sayang untuk dilewatkan. Angkringan ini buka mulai dari sore hari hingga subuh.

7. Jajanan Pasar Mbah Satinem

Kuliner Jogja Pagi
Sumber: food.detik.com

Makanan yang enak disantap saat sarapan tentunya bukan makanan berat. Nah, untuk mengisi energi di pagi hari HappyFams bisa menikmati berbagai kuliner Jogja pagi berupa jajanan pasar khas Jogja. Aneka jenis jajanan paling mudah ditemukan di pasar tradisional, kalau di Jogja HappyFams bisa datang ke jajanan pasar Mbah Satinem.

Lokasinya ada di pertigaan jalan Diponegoro dan jalan Bumijo kota Jogja. Uniknya di sini, HappyFams harus mengambil nomor antrian untuk membeli jajanan di sini karena saking ramainya pembeli. Semua jajanan yang dijual ini dibuat dari bahan-bahan alami, dan yang menjadi favorit pembeli di sini adalah lupis dan cenil.

Nah, setelah mengetahui berbagai kuliner Jogja yang enak dan sayang untuk tidak dicicipi ini, saat berwisata Jogja HappyFams jangan lupa mampir, ya! Apa HappyFams punya rekomendasi tempat makan di Jogja yang super enak? Yuk, berbagi dengan yang lain!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini 7 Kuliner Enak Di Jogja Yang Enak Dan Bikin Nagih!"
related post
Makanan Bergizi Untuk Anak Balita, Seperti Apasih Jenis-Jenisnya?

happpinest.id - Saat si kecil sudah memasuki usia balita, besarnya kalori yang dibutuhkan tentu berbeda ... Lanjut Baca

Makanan Simple Dari Telur Dan Mie Instant Untuk Moms Kreasi Memasak

happinest.id - Memikirkan olahan sehari-hari untuk keluarga merupakan salah satu tanggung jawab Moms di rumah. ... Lanjut Baca