Ini 7 Cara Sederhana Menciptakan Kekompakan Ayah Dan Anak. Dads Tahu?

Waktu Baca: 7 menitMinggu, 25 Agustus 2019 11:00 WIB
Membangun Kekompakan Ayah Dan Anak
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Bagi sebagian Dads, membangun kedekatan dengan anak adalah hal yang cukup menantang. Pekerjaan biasanya menjadi alasan utama Dads memiliki waktu yang sedikit dengan anak, tidak bisa dipungkiri jika ini penyebab seorang ayah susah dekat dengan anak. Sehingga Dads butuh usaha ekstra untuk menjalin kedekatan dengan anak agar ia tidak merasa canggung saat berinteraksi bersama Dads

Hubungan ayah dan anak harus dibina sejak usia dini melalui berbagai aktivitas seru yang dilakukan bersama-sama. Ada banyak kegiatan yang dapat menumbuhkan kedekatan dan kekompakan Dads dan anak-anak lho. Beberapa cara sederhana ini dapat langsung Dads lakukan tanpa perlu berpikir panjang. Kuncinya hanya satu Dads, lakukan dengan niat tulus dan ikhlas. Yuk, langsung simak saja cara sederhana menciptakan kekompakan Dads dan anak-anak

1. Yang Paling Mengasyikkan, Melakukan Kegiatan Hobi Bersama

 Cara Sederhana Menciptakan Kekompakan Ayah Dan Anak Melakukan Kegiatan Hobi Bersama
Sumber: Shutterstock.com

Akhir pekan adalah saat yang paling tepat untuk memanfaatkan momen bersama anak-anak. Lakukanlah hobi yang menyenangkan bersamanya sebagai salah satu cara untuk membangun bonding yang kuat antara Dads dan anak. Apalagi jika Dads memiliki anak laki-laki, melakukan hobi yang sama jadi cara terbaik menjalin ikatan ayah anak laki laki. Dads bisa mulai dengan melibatkannya untuk menemani Dads melakukan hobi dan ungkapkan betapa Dads bahagia dapat melakukan hobi tersebut bersamanya.

Semakin intens interaksi Dads dengan anak, semakin kompak juga hubungan yang terjalin diantara keduanya. Komunikasi yang intens mampu memberikan pemahaman akan kondisi masing-masing sekaligus menumbuhkan kedekatan antara Dads dan anak. Bonding yang kuat tidak selalu berkaitan dengan seberapa banyak waktu Dads untuk menemaninya, namun kehadiran Dads seutuhnya adalah momen quality time yang jauh lebih berarti bagi sang anak.

2. Kenyangkan Perut Senangkan Hati Di Momen Makan Bersama

Kenyangkan Perut Senangkan Hati Di Momen Makan Bersama
Sumber: Yandex.com

Makan bersama adalah kegiatan kecil namun berarti. Jadikan aktivitas makan malam bersama menjadi momen paling dinantikan setiap harinya. Singkirkan semua gawai, urusan kantor, dan distraksi lainnya. Duduklah di meja makan atau area makan dengan santai. Santap makanan diawali doa dan penuh rasa syukur. Sambil menikmati makanan yang disajikan, ajaklah anak untuk bercerita tentang aktivitasnya di sekolah atau berbagai hal yang terjadi di hari itu.

Momen makan bersama merupakan assembly point keluarga yakni momen berharga saat berkumpul bersama seluruh anggota keluarga. Momen kecil seperti ini memberikan memori yang indah dalam hubungan ayah, ibu, dan anak, sehingga meningkatkan kekompakan. Dads, mungkin kegiatan makan bersama terdengar sepele namun kegiatan ini adalah cara sederhana agar ayah makin dekat dengan anak laki-laki maupun anak perempuannya.

3. Gotong Royong Membersihkan Rumah Yang Menyenangkan

Gotong Royong Membersihkan Rumah
Sumber: Yandex.com

royong adalah kegiatan simpel yang bisa dilakukan keluarga setiap weekend. Dads berperan sebagai pengarah dan penanggung jawab kerja berat bersama anak lelaki. Ajak anak lelaki untuk sama-sama bertukang, memotong rumput, membersihkan lantai, dan kegiatan lainnya. Sedangkan Moms dan anak perempuan dapat bekerja sama menyajikan makanan atau mencuci pakaian kotor yang menumpuk.

Pastikan setiap anak melakukan tanggung jawabnya dengan baik di bawah arahan Dads dan Moms. Jika anak masih melakukan kesalahan saat membantu, Dads memiliki tugas untuk menunjukkan lagi caranya dengan benar. Cobalah lebih bersabar saat menghadapi anak-anak yang sedang mempelajari hal-hal baru dalam hidupnya. Dengan begitu, Dads sudah menunjukkan makna tanggung jawab dengan baik kepada anak-anak.

4. Maksimalkan Kekompakan Di Momen Jalan Dan Olahraga Bersama Ya, Dads

Cara Sederhana Menciptakan Kekompakan Ayah Dan Anak Maksimalkan Kekompakan Di Momen Jalan Dan Olahraga Bersama
Sumber: Freepik.com

Cara seru lainnya menikmati weekend, tentu saja jalan-jalan. Tidak harus ke tempat mewah, mengelilingi kompleks perumahan di pagi hari saja sudah cukup. Sehabis subuh, ajak anak jalan-jalan sekaligus beli sarapan pagi. Selain jalan-jalan, Dads bisa mengajak anak berolahraga bersama. Kegiatan olahraga bersama dapat menjadi momen efektif bagi Dads untuk mengenali karakter anak lho. Dengan cara sederhana ini, Dads bisa mengetahui bakat anak dan seberapa banyak ketertarikannya di bidang olahraga.

5. Mengantarkan Anak Ke Sekolah Atau Kegiatan Lainnya Juga Efektif Membuat Kompak Lho, Dads

Mengantarkan Anak Ke Sekolah Atau Kegiatan Lainnya Juga Efektif Membuat Kompak Lho
Sumber: Yandex.com

banyak yang tahu mengantar anak ke sekolah dapat menumbuhkan kekompakan dalam hubungan orangtua dan anak. Apalagi jika Dads memiliki kesempatan untuk mengantarnya sampai gerbang sekolah. Tentu momen ini menjadi memori yang terpatri dalam ingatan anak. Begitupun saat momen menjemput anak ke sekolah, kegiatan ini mampu menumbuhkan kedekatan Dads dengan anak-anak. Dads, mengantar atau menjemput anak ke sekolah tidak perlu setiap hari kok tapi pastikan Dads memiliki jadwal rutin untuk melakukan hal tersebut, ya.

6. Mendengarkan Curhatannya Merupakan Momen Yang Tidak Kalah Spesial

Mendengarkan Curhatannya Merupakan Momen Yang Tidak Kalah Spesial
Sumber: Yandex.com

Salah satu momen paling bahagia dalam hidup anak adalah saat orangtuanya mampu memahami apa yang ia rasakan dan memberikan dukungan penuh dalam situasi apa pun. Dads bisa memulainya dengan mengajukan pertanyaan kepada anak tentang apa yang dirasakannya hari ini dan dengarkan dengan seksama saat anak mulai bercerita. Mendengarkan seluruh curahan hati anak menjadi momen sederhana yang menumbuhkan kedekatan Dads dan anak.

Alasan kenapa ayah lebih cuek pada anak laki-laki biasanya karena Dads percaya bahwa anak laki-laki lebih kuat dan dapat mengatasi sendiri permasalahannya. Namun itu bukanlah sikap yang tepat, Dads. Dads tidak boleh bersikap lebih cuek atau tidak peduli pada anak laki-laki. Berikanlah perhatian yang sama baik untuk anak laki-laki maupun anak perempuan karena mereka sama-sama membutuhkan Dads.

7. Berikan Apresiasi Dan Hukuman Pada Saat Yang Tepat Ya, Dads

Berikan Apresiasi Dan Hukuman Pada Saat Yang Tepat Ya, Dads
Sumber: Yandex.com

Ada saat-saat tertentu anak berhasil meraih sebuah prestasi atau ia berhasil menyelesaikan sebuah tantangan meskipun belum maksimal. Berikanlah apresiasi sebagai bentuk penghargaan untuknya Dads. Bisa dengan beragam cara mulai dari apresiasi secara verbal dengan kalimat pujian atau Dads membelikan barang kesukaan anak. Tapi lakukan ini sesuai porsinya, jangan sampai berlebihan Dads.

Begitupun saat anak melakukan kesalahan, jangan terburu-buru memberikan hukuman. Cobalah Dads berdialog dengannya mengenai perilaku anak dan sisipi nasihat Dads dengan lembut kepada anak. Kalaupun harus memberikan hukuman karena ia melanggar apa yang sudah Dads peringatkan sebelumnya, berilah hukuman yang tidak melukai fisiknya.

Untuk memberikan keduanya, ego dan emosi Dads memang harus dipersiapkan dengan baik. Dads dan Moms harus memiliki visi yang sama untuk membangun nilai dalam keluarga. Memang tidak mudah untuk menjadi orangtua yang ideal dalam berbagai hal, namun bukan tidak mungkin jika Dads dan Moms mau terus belajar untuk menjadi orangtua yang lebih baik.

Itulah 7 hal sederhana yang bisa menjadi cara untuk membangun kedekatan ayah dan anak. Kadangkala, tak harus menggunakan hal yang mahal dan sulit untuk membuat anak dekat dengan Dads. Praktekkan tips di atas untuk meningkatkan kepercayaan dan kekompakan antara Dads dan anak-anak. Mari mulai membuka diri untuk lebih dekat dengan anak ya, Dads!

Apakah Dads punya cara seru lainnya untuk menciptakan kekompakan dengan anak-anak? Yuk, bagikan pengalaman seru Dads di kolom komentar agar semakin banyak Dads di seluruh Indonesia yang terinspirasi melalui cerita Dads! Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini 7 Cara Sederhana Menciptakan Kekompakan Ayah Dan Anak. Dads Tahu?"
related post
Hubungan Tahap Perkembangan Keluarga Dan Beberapa Jenis Tugasnya

Bagi HappyFams para calon Moms and Dads, sebelum masuk ke jenjang pernikahan HappyFams harus mengetahui ... Lanjut Baca

7 Cemilan Sehat Untuk Anak Usia 1-2 Tahun Ini Bikin Lahap Makannya

Sebagai orang tua penting untuk mengetahui apakah anak telah tercukupi kebutuhan gizinya atau belum. Jenis ... Lanjut Baca

Penyebab Mata Merah Pada Anak Serta Cara Mencegah Kerusakan Mata Anak

Mata menjadi satu-satunya organ tubuh manusia yang berfungsi untuk melihat. Untuk itu penting bagi setiap ... Lanjut Baca