Ini 5 Cara Mudah Melatih Anak Laki-Laki Berpuasa. Dads Sudah Tahu?

Waktu Baca: 7 menitJum'at, 17 Mei 2019 10:00 WIB
Cara Mudah Melatih Anak Laki Laki Berpuasa
Sumber: Pixabay.com

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Jam kerja menjadi lebih berkurang, jalanan lebih lengang dari biasanya, dan para umat Muslim saling berlomba melakukan amal ibadah. Kewajiban berpuasa di bulan Ramadan yang hanya terjadi satu tahun sekali merupakan waktu yang tepat untuk mengajarkan si kecil berbagai ilmu agama, termasuk puasa lho, Dads. Ditambah lagi, dengan melihat lingkungannya yang dipenuhi orang yang menjalani ibadah puasa, tentu saja akan mendorong si kecil untuk belajar berpuasa bersama Dads.

Mengapa Harus Mengajarkan Anak Berpuasa?

Memang, si kecil saat ini mungkin belum baligh, dan belum berkewajiban melaksanakan puasa Ramadhan. Namun, tidak ada salahnya melatih anak puasa sejak dini agar ia memahami makna berpuasa dan tahu bagaimana pelaksanaannya kelak. Tantangannya adalah anak laki-laki cenderung sangat aktif dan senang bermain sehingga di awal latihan puasa, ia biasanya akan merasa kesulitan menahan lapar saat perutnya keroncongan.

Bisa saja nih, si kecil malah diam-diam ke dapur dan mengambil makanan kesukaannya disana. Hayo, apakah Dads juga pernah melakukan hal tersebut saat masih kecil? Untuk itulah, mengenalkan puasa pada anak sedini mungkin dapat membuat ia terbiasa dengan puasa Ramadhan yang hukumnya wajib bagi umat Islam. Sehingga saat besar nanti (sudah baligh), ia bisa melakukan ibadah wajib ini dengan sebaik-baiknya dan mendapatkan berkah dalam berpuasa penuh sebulan lamanya.

Hal Yang Penting Dilakukan Agar Anak Mau Berpuasa

Sebagai orangtua yang baik, Dads perlu melatih anak berpuasa dengan cara yang tepat agar si kecil merasa sukarela dan senang melakukan ibadah puasa.Dads tidak perlu memaksa ia berpuasa, sebab khawatir jagoan Dads malah membantah dan tidak mau melaksanakannya. Pendekatan yang tepat tentu saja perlu Dads lakukan agar anak laki-laki Dads melakukan ibadah puasa sesuai dengan keinginannya sendiri. Lalu, bagaimana sih cara mengajarkan puasa pada anak yang ampuh dan mudah Dads lakukan? Yuk mari simak beberapa tips berikut ini!

1. Memberi Tahu Anak Makna Puasa Akan Membuatnya Paham Alasan Berpuasa

memberi tahu makna puasa pada anak
Sumber: Shutterstock.com

Sebelum menjalankan praktik puasa, anak harus memahami dulu, apakah arti dan tujuan dari berpuasa di bulan Ramadan. Ketika ia disuruh berpuasa, anak akan biasanya akan heran dan bingung, “Ayah, memangnya kenapa kita harus puasa dan menahan lapar saat ada makanan?”. Sebagai orangtua, Dads perlu memberikan pengertian yang sederhana kepada mereka, gunakan bahasa yang mudah yang bisa dimengerti oleh anak.

Dads bisa menjelaskan kepada anak, bahwa puasa dilakukan salah satu kewajiban yang harus dijalankan bagi umat islam. Dimana dengan berpuasa, Allah juga memberikan ampunan dan berkah kepada umatnya. Dads juga bisa memberitahu anak makna puasa yang diantaranya untuk memahami kondisi orang miskin di luar sana, agar anak menjadi pribadi yang bersyukur dan berempati kepada orang lain.

Selain itu, jelaskan pada anak bahwa dengan melakukan puasa ia bisa mendapatkan pahala dan masuk surga. Dads bisa menceritakan bagaimana keindahan surga dan buruknya neraka agar anak mulai berkeinginan untuk berpuasa. Tidak usah terlalu memaksanya diawal, berikan saja contoh, yang akan ia lihat dan ikuti. Dengan begitu, anak akan melakukan ibadah puasa sesuai keinginan dari dalam hatinya sendiri.

2. Melatih Anak Dengan Sabar, Biarkan Ia Berpuasa Dengan Keinginannya Sendiri

melatih anak laki laki berpuasa
Sumber: Eventkampus.com

Jangan pernah memaksa anak untuk melakukan puasa ya, Dads. Meski sudah menjelaskan makna dan pentingnya berpuasa, jagoan Dads bisa saja melawan. Ia belum tentu paham benar dan merasa belum perlu berpuasa apalagi jika disuruh dengan cara yang menyebalkan. Cara untuk melatih mereka berpuasa, ialah dengan mengajaknya untuk mengikuti sebagaimana Dads berpuasa. Contohnya, ajak ia untuk bangun dan sahur pagi bersama keluarga. Ajak juga jagoan Dads berbuka puasa di masjid bersama atau bersama keluarga kecil Dads.

Dads bisa mencoba mengajak anak berpuasa dengan cara memberikan kata-kata rayuan seperti, “Kakak kalau puasa nanti ada ayam dan sop buah dingin yang banyak esnya, lho”. Ataupun memberikan reward hadiah seperti, “Kalau puasa setengah hari satu bulan, nanti Ayah belikan sesuatu deh”. Merayu anak dengan sesuatu yang ia sukai, akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan memaksa. Percaya deh, secara perlahan nanti anak akan mengikuti kebiasaan Dads yang melakukan ibadah puasa.

3. Meminta Si Kecil Berpuasa Secara Bertahap, Puasa Setengah Hari Hingga Akhirnya Sampai Maghrib

mengajarkan anak laki laki berpuasa
Sumber: Flickr.com/Andy Lawson

Menyuruh anak berpuasa selama satu hari semenjak pagi hingga sore hari akan terasa sangat berat bagi anak. Terutama kalau ia baru Dads kenalkan dengan ibadah puasa. Dads bisa mengajarkan mereka berpuasa sesuai dengan umur mereka. Misalnya saja, anak dengan umur 5 tahun diajarkan untuk berpuasa pada jam 7-10 pagi, dan anak yang sudah memasuki Sekolah Dasar diperbolehkan puasa setengah hari atau hanya sampai azan dzuhur. Latih mereka untuk menahan lapar sesuai dengan kemampuan mereka dan beri meraka apresiasi apabila berhasil melakukannya.

4. Memanfaatkan Sifat Ikut-Ikutan Pada Anak Membuatnya Termotivasi, Lho

 Cara Mendidik Anak Puasa Di Bulan Ramadan
Sumber: Blog.syiir.com

Kebanyakan anak kecil, akan melakukan suatu hal setelah melihat apa yang orang lain lakukan. Dads bisa menggunakan trik ini sebagai cara mendidik anak di bulan Ramadhan. Dengan mengetahui bahwa anak-anak cenderung mengikuti perilaku orang tua, saudara hingga teman-teman disekitarnya, Dads bisa mencari teman si jagoan atau orang lain yang berpuasa kemudian katakan, “Kak, mereka aja puasa, kamu besok puasa juga ya!”

Biasanya sih, ketika dibandingkan dengan oranglain, maka karakter anak yang senang mencontoh dan juga tidak mau kalah akan mengikuti apa yang dilakukan oleh sekitarnya. Dads cari saja teman-temannya yang seumuran dan juga melakukan ibadah puasa, sehingga jagoan Dads merasa terpacu untuk melakukan hal yang sama. Coba deh Dads lakukan strategi ini dengan bantuan Moms juga!

5. Mengajak Anak Melakukan Kegiatan Menyenangkan Selama Berpuasa Agar Tidak Cepat Bosan

 Ajarkan Anak Berpuasa Saat Ramadan
Sumber: Eventkampus.com

Jagoan Dads sudah pasti merasa bosan saat harus menahan lapar seharian saat bulan Ramadan. Jangan sampai ia merengek meminta berbuka puasa saat belum mencapai targetnya berpuasa pada hari itu ya, Dads. Alihkan saja pikiran si kecil yang ingin makan dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya ialah mengajaknya melakukan kegiatan yang menyenangkan ketika puasa atau mengajaknya bermain.

Dads bisa biarkan si jagoan tertidur hingga pukul 9 pagi setelah sahur agar ia tidak merasakan puasa terlalu lama. Setelah itu, ajak ia menonton acara kegemarannya, sekadar membantu membersihkan rumah, ataupun ajak ia bermain seperti permainan berikut ini. Menjelang berbuka, minta ia untuk membantu ibu di dapur yang menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Buatlah si kecil sibuk sehingga tidak bosan menjalani puasa.

Nah, apakah mengajarkan anak laki-laki Dads berpuasa masih terlihat sulit? Meski begitu, hal-hal positif memang harus ditanam sedini mungkin lho, Dads. Tidak hanya mengajarkan jagoan Dads berpuasa, Dads bisa menggunakan kesempatan Ramadhan ini untuk mengajarkan ia sholat dan membaca Al-Qur’an. Bulan Ramadhan juga bisa menjadi wadah untuk mengajarkan anak Dads berbagi kepada sesama. Dengan begitu, kelak anak akan memiliki jiwa sosial yang terbawa sampai ia besar nanti.

Bagaimana dengan Dads nih, apakah punya trik khusus lainnya saat mengajak anak berpuasa? Bagikan pengalaman Dads dengan komentar di kolom artikel ini, ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ini 5 Cara Mudah Melatih Anak Laki-Laki Berpuasa. Dads Sudah Tahu?"