Ingin Agar Istri Cepat Hamil? Segera Lakukan 11 Hal Penting Ini

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 25 Juni 2019 00:00 WIB
Ingin Istri Cepat Hamil
Sumber: asianparenting.com

Bagi pasangan yang baru menikah, kehadiran buah hati pasti sangat dinantikan. Kehadiran malaikat kecil di antara Dads dan pasangan akan mempererat ikatan cinta dan membuat semangat Dads untuk bekerja demi keluarga bertambah. Suasana rumah juga sudah pasti semakin ramai jika diwarnai tawa dan tangis si kecil. Lalu bagaimana caranya agar pasangan muda seperti Dads bisa segera mendapatkan momongan? Berikut tips agar istri cepat hamil yang bisa dicoba seperti dilansir www.verywellfamily.com.

1. Konsumsi Antioksidan

konsumsi antioksidan
Sumber: bbc.co.uk

Para peneliti mengungkapkan jika antioksidan dapat mencegah penyakit kanker dan serangan jantung. Selain itu, antioksidan juga bisa memperbaiki kualitas sperma. Antioksidan yakni zinc, vitamin C, selenium, asam folat, dan lycopene. Dads bisa membeli suplemen atau mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti tiram, kepiting, daging unggas, daging merah, kacang-kacangan, paprika, kiwi, jeruk anggur, ikan tuna, kalkun, sayuran berwarna hijau, semangka, dan tomat. Jika memilih suplemen, pastikan Dads berkonsultasi dengan dokter sebelumnya agar hasil yang diperoleh sesuai harapan.

2. Berhubungan Seks Lebih Sering

seks lebih sering
Sumber: youtube.com

Mungkin ini terasa klise. Tetapi, berhubungan seks lebih sering dapat meningkatkan potensi kehamilan. Kalau Dads sudah sangat mengidamkan momongan, tidak ada salahnya memeriksa masa subur pasangan dan lebih banyak berhubungan seks pada waktu-waktu tersebut. Menurut sejumlah penelitian, agar istri cepat hamil, disarankan melakukan hubungan seks dua hari sebelum masa subur. Dads juga perlu memperhatikan pola kualitas sperma. Bagi lelaki dengan sperma sedikit, sperma berenang menuju sel telur dengan lebih baik setelah sehari menahan hasrat seksual. Untuk lelaki dengan sperma yang normal, kualitas sperma menurun setelah 10 hari menahan berhubungan seksual. Agar kualitas sperma tetap terjaga, setidaknya Dads harus bermain asmara paling tidak dua kali dalam seminggu.

3. Perhatikan Asupan Kedelai

saupan kedelai
Sumber: washingtonpost.com

Menurut penelitian, kedelai dapat mempengaruhi kualitas sperma karena dapat menekan testosteron. Dalam suatu penelitian terungkap lelaki yang gemar mengonsumsi kedelai baik dari tempe, tahu, minuman kesehatan, cemilan diet, atau olahan lainnya, diketahui memiliki lebih sedikit sperma yaitu 40 juta per mililiter (umumnya pria memiliki sperma 70-150 juta per milimeter). Meski kurang baik bagi sperma, Dads tidak boleh menjauhi kedelai karena makanan yang satu ini dapat mencegah kanker prostat. Jadi, cukup bijak saja dalam mengonsumsi kedelai ya Dads.

4. Hindari Racun Kimia di Tempat Kerja

hindari racun kimia
Sumber: scienceabc.com

Pekerja seperti petani, tukang cat, pekerja di pabrik baja, tukang las, dan tukang pernis paling rentan mengalami masalah ketidaksuburan karena kerap terpapar zat kimia berbahaya. Bagi pekerja pabrik baja, kualitas sperma menurun karena paparan suhu yang tinggi. Jika Dads bekerja di bidang itu tetap menginginkan agar istri cepat hamil, para peneliti menyarankan agar segera mencari pekerjaan baru. Tetapi jika tidak memungkinkan, Dads harus benar-benar memperhatikan instruksi kemanan bekerja seperti mengenakan masker, sarung tangan, pakaian khusus, atau sering mencuci tangan sehabis terpapar bahan kimia.

5. Berhenti Merokok

berhenti merokok
Sumber: kyivpost.com

Kebiasaan merokok dapat memperburuk kualitas sperma karena zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok. Jika Dads ingin agar istri cepat hamil, ada baiknya untuk berhenti merokok sementara guna mengembalikan kesuburan.

6. Jangan Sampai Panas

usahakan tetap adem
Sumber: asiantv.com

Suhu juga berpengaruh pada kesuburan. Untuk itu, jangan berendam di air panas terlalu lama. Jika bekerja di kantor yang mengharuskan Dads menghabiskan waktu berjam-jam di atas kursi, sesekali bangun dan berjalan-jalan sebentar agar wilayah bokong dan sekitar Mr P tidak panas. Selain itu, jangan pernah menaruh laptop di pangkuan karena suhu panasnya berpengaruh pada kualitas sperma. Terakhir, pilih pakaian dalam yang tidak ketat dan nyaman juga dapat dipertimbangkan untuk menjaga keseimbangan suhu dan tekanan pada penis.

7. Jaga Berat Badan

jaga berat badan
Sumber: hellosehat.com

Obesitas dapat melemahkan kualitas sperma. Untuk itu, Dads harus rutin memeriksa Body Mass Index (BMI) atau berat badan ideal. Cara menghitung BMI yaitu berat badan dibagi tinggi tubuh. Misalnya, Dads memiliki berat badan 80 kilogram dan tinggi 175 centimeter, maka cara menghitung BMI yaitu:

Pertama konversikan tinggi badan ke meter (175 centimeter = 1,75 meter) lalu kalikan dalam kuadrat (1,75 x 1,75 = 3,06). Selanjutnya, bagi berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan (80 : 3,06 = 26,1). Kemudian bandingkan angka BMI Dads (26,1) dengan kategori berat badan berikut:

Di bawah 18,5 = Kurang
18,5 – 22,9 = Normal
23 – 29,9 = Berat badan berlebih (Kecenderungan obesitas)
30 ke atas = obesitas

8. Tinggalkan Alkohol

tinggalkan alkohol
Sumber: bbc.co.uk

Penelitian menunjukkan hanya 12 persen pecandu alkohol yang memiliki kualitas sperma yang baik. Alkohol diyakini dapat menurunkan kualitas sperma dan memperlambat gerakan sperma ke sel telur.

9. Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

kesehatan gigi dan mulut
Sumber: istock.com

Pria yang tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut beresiko lebih tinggi terkena Bacteriospermia atau adanya bakteri di sperma. Untuk itu, disarankan agar Dads memeriksakan kesehatan gigi dan mulut setidaknya enam bulan sekali.

10. Perbanyak Sayur, Kurangi Makanan Cepat Saji

perbanyak sayur
Sumber: cbsnews.com

Makanan cepat saji tidak bagus bagi kesehatan dan kesuburan. Jika Dads ingin memperbaiki kualitas sperma, sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan cepat saji dan gantikan dengan makan makanan segar seperti ikan atau daging segar, sayur mayur, buah-buahan, dan gandum.

11. Sembuhkan Penyakit

sembuhkan penyakit
Sumber: washingtonpost.com

Jika Dads memiliki riwayat sakit diabetes, gangguan kelenjar tyroid, sakit celiac, gangguan saluran cerna atau anemia, jangan anggap sepele. Dads harus benar-benar menyembuhkan penyakit yang diderita karena sangat berpengaruh terhadap kesuburan.

Ayo semangat untuk perbaiki kualitas sperma ya Dads! Jangan sampai rencana kehamilan istri tertunda karena kebiasaan yang kurang baik. Coba share di kolom komentar, apa saja yang sudah Dads lakukan agar istri cepat hamil?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ingin Agar Istri Cepat Hamil? Segera Lakukan 11 Hal Penting Ini"
related post
5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca

Kenapa Ketika Bangun Pagi Kepala Pusing Dan Mulut Terasa Pahit

Bangun pagi merupakan kebiasaan yang positif, mampu menjaga mood tetap dalam keadaan bahagia sepanjang hari. ... Lanjut Baca

7 Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari, Kunci Mendidik Mental Anak Sehat

Memeluk anak merupakan kesempatan yang bahagaia bagi semua orang tua. Ketika sang buah hati baru ... Lanjut Baca