Ikuti 5 Aturan Mudah Ini Sebagai Cara Menghilangkan Pikiran Stres!

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 31 Mei 2019 10:20 WIB
Cara Menghilangkan Pikiran Stres 2
Sumber: Unsplash.com/Paola Chaaya

Moms, stres merupakan suatu hal yang pasti akan kita alami dalam hidup ini. Berbagai masalah yang kita miliki, baik itu masalah rumah tangga, pekerjaan, percintaan, atau masalah dengan teman. Tidak semua orang bisa mengatasi masalahnya dengan cepat. Bahkan ada juga orang yang akhirnya mengalami stres karena tuntutan hidup yang makin berat. Padahal, ada banyak cara menghilangkan pikiran stres lho bila kita cerdik dalam menyikapinya.

Pada kenyataannya, stres mendasari semua yang Moms lakukan. Tanpa stres, maka Moms tidak punya rasa khawatir dalam mengerjakan berbagai aktivitas. Hanya, Moms perlu mengetahui cara menghadapi dan mengatasi stres agar tidak berdampak buruk pada kesehatan karena stres jangka panjang yang tidak terkendali, bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan depresi.

Gangguan kesehatan seperti sakit kepala, nafsu makan menurun, nyeri otot, insomnia dan susah konsentrasi juga merupakan gangguan yang timbul karena stres tidak terkendali. Oleh karena itu, ada baiknya Moms mengetahui cara menanggulangi stres agar terhindar dari beragam dampak buruk tersebut. Berikut beberapa cara menghilangkan pikiran stres secara mudah dan cepat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk simak!

1. Cobalah Metode Yoga

Coba Metode Yoga
Sumber: Pixabay.com

Teknik pernapasan dan meditasi pada yoga telah terbukti mampu memberikan mood yang lebih baik, sehingga bisa mengurangi bahkan menghilangkan stres yang Moms alami. Metode yoga juga sangat dianjurkan bagi Moms yang membutuhkan suatu cara menenangkan hati dan pikiran. Dengan melakukan yoga secara teratur, dijamin Moms akan terbebas dari stres. Pose-pose penangkal stres seperti sukhasana, child’s pose, triangle pose, atau camel pose, merupakan pose yang wajib Moms coba. Putar juga lagu relaksasi favorit Moms.

2. Perbanyak Konsumsi Makanan Penghilang Stres

Konsumsi Makanan Penghilang Stres
Sumber: Pixabay.com

Cara menghilangkan pikiran stres berikutnya adalah dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Beberapa makanan penghilang stres yang bisa Moms coba, antara lain:

  • Salmon: Kandungan omega 3 yang banyak terkandung dalam ikan salmon, bermanfaat untuk mengurangi kadar hormon kortisol yang merupakan pemicu terjadinya stres.
  • Blueberry: Antioksidan dan fitonutrien yang terkandung dalam blueberry sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang juga bisa memicu terjadinya stres.
  • Sayuran hijau: Sayuran seperti sawi dan bayam bisa merangsang rasa bahagia dan mengurangi stres yang Moms derita. Ini karena folat dalam sayuran hijau merupakan penghasil dopamin yang merupakan senyawa kimia perangsang rasa bahagia.
  • Oatmeal: Selain dopamin, serotonin juga bisa memberikan rangsangan rasa bahagia untuk mengurangi stres. Karbohidrat komplek pada oatmeal dipercaya merupakan neurotrasmitter perangsang rasa bahagia, karena membantu otak memproduksi serotonin.

Sayuran ini tentu mudah ditemukan di supermarket langganan Moms. Selain sehat, juga mudah kok untuk mengolahnya menjadi makanan lezat! Tengok saja yuk resep masakan rumah sehat!

3. Berenang atau Berendam Air Hangat

berenang
Sumber: Unsplash.com/Margot Pandone

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia dan dipublikasikan dalam International Journal of Management Stress, mengungkapkan bahwa mengambang di air bisa memicu respons relaksasi tubuh. Pada gilirannya, tindakan itu bisa menekan tingkat hormon pemicu stres. Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa berenang bisa mengurangi ketegangan dan rasa tertekan pada anak-anak usia 11 sampai 13 tahun lho, HappyFams! Menarik bukan fakta ini?

Jika tidak punya waktu untuk pergi ke kolam renang, alternatif lainnya adalah berendam air hangat di rumah. Metode ini akan semakin maksimal jika Moms menambahkan lilin aromaterapi disertai alunan musik lembut. Atau, mencoba metode rendam kaki menggunakan air hangat dengan tambahan minyak rempah atau aromaterapi. Tambahan aromaterapi ini bisa membantu agar stres yang dialami Moms hilang lebih cepat. Sejak dahulu kala, aromaterapi dengan aroma lavender telah terbukti mampu mengurangi tingkat stres yang dialami seseorang.

4. Seks Dengan Pasangan

Seks dengan Pasangan
Sumber: Pixabay.com

Seks ibarat kegiatan seperti pisau bermata dua bagi stres. Di satu sisi, seks bisa menyebabkan stres. Di sisi lain, seks juga merupakan cara menghilangkan pikiran stres yang efektif. Jika hubungan seksual Moms buruk, maka tentu hubungan Moms dengan pasangan juga buruk. Hal ini bisa berdampak pada munculnya stres. Pun sebaliknya, jika hubungan di ranjang baik, maka relasi dengan pasangan tentu akan bahagia dan membuat hidup Moms jauh dari stres.

Menurut NHS (program layanan kesehatan masyarakat di Inggris), orang yang melakukan seks penetratif, mengalami kenaikan terkecil dalam tekanan darah. Ini menunjukkan bahwa mereka mampu mengatasi stres dengan baik. Seks juga dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang membuat seorang menjadi lebih bahagia. Manfaat ini sama dengan manfaat yang Moms dapatkan ketika berolahraga atau meditasi. Artinya, seks bermanfaat ganda sebagai salah satu cara menghilangkan pikiran stres sekaligus menjaga kesehatan.

5. Ceritakan Masalah kepada Orang Lain

Ceritakan Masalah Kepada Orang Lain
Sumber: Unsplash.com/Hasan Almasi

Ketika mempunyai masalah, jangan pernah malu atau ragu untuk curhat kepada orang yang Moms percayai. Dengan menceritakan segala keluh kesah yang Moms alami, maka dijamin akan merasa lebih lega. Beban pikiran juga bisa berkurang. Sebaliknya, jika aneka masalah hanya disimpan sendiri, maka justru dapat memperparah stres.

Demikianlah rekomendasi 5 cara mudah yang bisa Moms coba untuk mengatasi stres. Jika tidak berhasil menanggulanginya dan stres yang diderita semakin parah, ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter atau psikolog secara langsung ya, jangan ditunda lagi. Jangan lupa bagikan juga artikel ini kepada teman-teman ya, Moms! Siapa tahu ada yang perlu tahu cara menghilangkan pikiran stres, tapi malu menceritakan kegalauannya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Ikuti 5 Aturan Mudah Ini Sebagai Cara Menghilangkan Pikiran Stres!"