Hubungan Toxic Itu Gimana Sih & Bagaimana Cara Melepas Hubungan Toxic?

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 20 November 2021 10:26 WIB
hubungan toxic
Sumber: xframe.io

Hubungan toxic menjadi hubungan yang tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental pasangan. Bila HappyFams pernah mengalami perlakuan yang tidak adil, menjadi sasaran amarah dari pasangan ini berarti HappyFams sedang berada di dalam toxic relationship.

Hubungan toxic adalah sebuah istilah yang muncul untuk menggambarkan hubungan kurang sehat serta bisa memberikan dampak untuk keadaan fisik maupun masalah kesehatan mental dari seseorang.

Tentu saja toxic relationship bukan hanya dapat terjadi pada sepasang kekasih. Ketika menjalani sebuah hubungan ideal, pada dasarnya tiap pasangan akan saling mengasihi, menyayangi serta memberi rasa aman. sayangnya, pada toxic relationship salah satu pihak akan mendominasi pihak yang lain yang selalu berujung bertengkar dengan pasangan.

Namun, tidak banyak yang memahami hubungan toxic seperti apa, yang seharusnya pasangan dapat bersikap dewasa dalam rumah tangga. Sehingga hanya menganggapnya seperti angin lalu saja. Namun, hubungan ini dapat membuat salah satu pihak menjadi merasa tertekan.

Hubungan Toxic Itu Gimana Sih

BACA JUGA:

Ciri Toxic Relationship yang Harus Disadari

Pertanyaan seperti hubungan toxic gimana sih, dapat terjawab jika HappyFams mengetahui ciri dari toxic relationship, berikut berbagai cirinya, seperti:

1. Menerima kekerasan fisik

Sebuah hubungan bisa dikatakan sebagai toxic relationship bila sudah terdapat kekerasan fisik di dalamnya. Pasangan yang kurang sehat secara emosional biasanya akan "main tangan" ketika terjadi sebuah perselisihan dalam hubungannya.

2. Selalu mengekang dan mencurigai

Rasa cemburu yang muncul dari pasangan pada dasarnya adalah sebuah hal yang normal. Namun pada hubungan toxic, rasa cemburu ini bisa berlebihan bahkan dapat melakukan hal sangat ekstrim seperti menyita ponsel hingga melabrak orang yang dicemburuinya.

Toxic relationship bila pasangan sudah berubah menjadi begitu posesif sehingga ingin mengetahui berbagai macam kegiatan sehari-hari dan akan marah jika pasangan tidak segera menjawab pesan yang dikirimkannya.

Bukan hanya itu, kadang pelaku juga melarang HappyFams untuk menggunakan jenis pakaian tertentu sehingga tidak menarik perhatian orang.

3. Sering dibohongi

Kejujuran adalah sebuah pondasi agar bisa membentuk hubungan sehat. Tetapi, bila pasangan HappyFams sudah sering berbohong hingga akhirnya menutupi berbagai macam hal ini artinya HappyFams sedang berada pada toxic relationship.

4. Selalu dikontrol pasangan

Sebuah tanda yang sangat jelas dari hubungan toxic adalah salah satu pihak selalu mengontrol pihak yang lain. Contohnya pasangan HappyFams memaksakan kehendak pada hidup yang kalian jalani.

5. Tidak memperoleh dukungan

Sebuah hubungan yang sehat merupakan hubungan yang memberikan dukungan antara satu dengan yang lainnya. Sayangnya, pada hubungan ini, semua pencapaian yang didapatkan adalah kompetisi yang negatif.

Jika pasangan HappyFams tidak berhasil melakukan hal yang membuat ia bangga sedangkan HappyFams berhasil, ia akan sangat marah.

Cara Lepas dari Hubungan Toxic

Ada berbagai macam cara mengatasi hubungan toxic ini, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan HappyFams, seperti:

1. Segera melepaskan hubungan

Tidak sedikit orang yang menyangkal kemudian berharap jika orang yang dicintainya akan berubah menjadi mencintainya seiring dengan berjalannya waktu.

Namun hal ini sangat kecil kemungkinannya. Akan lebih baik jika HappyFams segera meninggalkannya, masih banyak orang di luar yang lebih baik dari dirinya.

2. Mengurangi interaksi

HappyFams bisa pergi bersama dengan teman untuk bersenang-senang agar bisa melupakan dirinya. Terus menerus memberikan kesempatan melakukan komunikasi malah bisa mempersulit HappyFams untuk menjauhinya.

3. Lakukan berbagai macam hal yang positif

Melupakan kenangan bersama dengan seseorang memang menjadi hal yang sulit, namun bukan berarti tidak mungkin bukan, HappyFams. Oleh sebab itu lakukan aktivitas yang positif untuk melakukan aktivitas yang HappyFams lakukan bersamanya.

Kadang kala, aktivitas tertentu malah bisa membuat kenangan dirinya muncul kembali, sehingga HappyFams bisa melakukan hal positif yang bisa membuat kembali bahagi, salah satu contohnya dengan berkebun.

4. Terbuka dengan orang terdekat

Ketika berada dalam hubungan toxic, HappyFams biasanya akan menjauhi orang-orang terdekat. Hal ini disebabkan karena pengaruh dari pasangan.

Oleh sebab itu mulai dari sekarang, HappyFams bisa memperbaiki hubungan dengan orang terdekat kemudian bersenang-senang bersama dengan mereka.

5. Jangan biarkan ia meracuni pikiran HappyFams

Ini memang menjadi hal yang sangat sulit untuk dilewati. Ketika ia mulai mengacaukan pikiran HappyFams kembali, HappyFams bisa mengingat hal yang membuat HappyFams tidak menyukainya.

6. Cintai diri sendiri

Melupakan masa lalu memang menjadi sebuah hal sangat sulit bahkan mengurang air mata. Namun HappyFams harus ingat jika HappyFams juga berhak bahagia, caranya dengan mencintai diri sendiri.

Hubungan yang toxic menjadi hal yang harus HappyFams hindari. HappyFams dapat melakukan konsultasi pada psikolog jika menganggap hubungan toxic ini sudah sangat menganggu.

Semoga dengan memahami cara-cara ini HappyFams dapat terlepas dan terhindar dari hubungan Toxic, dan mendapatkan pasangan yang saling mendukung positif.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Hubungan Toxic Itu Gimana Sih & Bagaimana Cara Melepas Hubungan Toxic?"
related post
Bagaimana Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Yang Selalu Marah?

Orang tua toxic menjadi hal yang paling dihindari anak di dalam sebuah keluarga. Hubungan yang ... Lanjut Baca