Hubungan Tahap Perkembangan Keluarga Dan Beberapa Jenis Tugasnya

Waktu Baca: 5 menitSenin, 29 Maret 2021 08:26 WIB
tahap perkembangan keluarga
Sumber: xframe.io

Bagi HappyFams para calon Moms and Dads, sebelum masuk ke jenjang pernikahan HappyFams harus mengetahui ada beberapa tahap perkembangan keluarga. Hal ini dibuat untuk menyadarkan setiap anggota keluarga bahwa sebuah keluarga juga bisa bertumbuh setiap harinya.

Adanya perbedaan tahap juga memberikan HappyFams dan pasangan bahwa perbedaan tugas serta beban oleh masing masing orang tua akan berbeda seiring berjalannya waktu. Setiap tahap akan memberikan satu tantangan baru bagi orang tua. Hal tersebut juga akan berkaitan dengan kedewasaan suatu rumah tangga.

Sejatinya makhluk hidup yang mengalami pertumbuhan, keluarga juga akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan ini harus diterima dan dijalani oleh HappyFams dan pasangan, diikuti dengan anak anak tentunya. Tahapan yang ada juga akan memberikan tugas dan tanggung jawab berbeda pada setiap anggota keluarga.

Hubungan Tahap Perkembangan Keluarga Dan Beberapa Jenis Tugasnya

Beberapa Tahap Perkembangan pada Keluarga

Terdapat delapan tahap perkembangan pada keluarga yang harus calon Moms and Dads ketahui yaitu pertama adalah tahap keluarga baru. Sesuai dengan namanya, tahap ini adalah fase awal dimana dua orang bergabung menjadi satu dalam ikatan pernikahan. Hubungan yang intim dan sah antar dua orang baru saja terbentuk.

Selanjutnya adalah tahap keluarga dengan kelahiran anak pertama. Setiap orang tua tentu berbeda antar satu dengan yang lainnya, setelah menunggu beberapa tahun akhirnya sang buah hati pertama lahir melengkapi dua insan yang sudah lama menunggu kehadirannya. Akhirnya title pasangan berubah menjadi Mom (Ibu) dan Dad (Ayah).

Selanjutnya adalah tahap Keluarga dengan Anak Pra-Sekolah. Pada tahap ini adalah dimana anak anak sudah berada di usia 5 tahun (balita). Tahap berikutnya adalah keluarga dengan Anak Sekolah. Tentu pada dua tahap ini tanggung jawab orang tua semakin besar karena harus mengutamakan biaya sekolah yang tidak sedikit.

Tahap perkembangan pada keluarga yang ke-5 adalah Keluarga dengan Anak remaja. Pada fase ini anak HappyFams akan berada pada usia remaja dimana ia mulai mengenal hal hal baru. Banyak orang berpendapat bahwa pada usia tersebut anak sedang berada pada fase 'nakal-nakalnya'.

Tahap ke-6 adalah keluarga dengan Anak Dewasa. Pada fase ini Moms and Dads harus siap melepas sang anak mengenal dunia yang sesungguhnya, seperti tuntutan kuliah dan pekerjaan. Anak HappyFams sudah saatnya untuk berpijak pada kakinya sendiri dan mulai belajar mandiri secara finansial.

Berikutnya di tahap ke-7 adalah Keluarga Usia Pertengahan. Pada tahap ini adalah dimana salah seorang dari Moms and Dads mungkin telah berpulang kepada yang Maha Kuasa dan anak anak HappyFams memutuskan untuk membentuk bahtera rumah tangganya sendiri. Pada saat ini juga HappyFams dan pasangan akan mengalami usia pensiun.

Terakhir adalah Keluarga Usia Lanjut. Di tahap ini adalah akhir dari semua tahap dimana HappyFams sudah berusia lanjut, sudah memiliki cucu dari anak HappyFams, dan tidak lagi kuat untuk bekerja. Pada fase ini HappyFams akan mengalami beberapa penyakit 'tua' dan akhirnya semakin renta menikmati sisa sia hidup di hari tua.

BACA JUGA:

Tugas pada Setiap Tahap Perkembangan Keluarga

tahap perkembangan keluarga
Sumber: xframe.io

Setelah mengetahui tahapan tahapan yang terjadi pada sebuah keluarga. Tentu Moms and Dads sudah mengetahui Sebagian besar tugas tersebut. Tugas dan tanggung jawab HappyFams di tahap pertama dengan tahap kelima tentu berbeda. Perbedaan tugas dan tanggung jawab tersebut yang membuat HappyFams dan pasangan harus selalu bekerja keras.

Misalnya pada tahap pertama, HappyFams dan istri hanya akan berperan sebagai dua orang yang saling mengenal lebih jauh. Menghabiskan waktu berdua di rumah. Di fase ini tentu beban finansial belum terlalu terasa apalagi HappyFams dan pasangan memiliki pekerjaan yang layak sehingga cukup untuk menghidupi kehidupan dua orang.

Namun setelah anak pertama HappyFams lahir, maka pendapatan yang biasanya dikelola untuk dua orang kemudian harus dibagi pada satu orang baru. Disusul dengan apabila Moms and Dads memutuskan untuk memiliki anak lebih dari satu. Jika sebelumnya hanya dua orang yang dipikirkan tentang nutrisi, maka saat ini sudah ada empat orang yang diberi makan.

Tahap dimana anak HappyFams memutuskan untuk kuliah juga akan semakin membuat Moms and Dads bertambah tanggung jawabnya. Ditambah lagi anak HappyFams ternyata menempuh Pendidikan di luar kota yang jauh dengan HappyFams. Uang yang dikeluarkan harus ekstra sehingga anak Moms and Dads tidak khawatir hidup disana.

Pentingnya Mengetahui Setiap Tahap Perkembangan pada Keluarga

Setiap calon orang tua, harus mengetahui beberapa tahapan yang terjadi di keluarga. Hal tersebut karena banyak sekali yang merasa bahwa menikah adalah jalan bahagia lepas dari masalah hidup sebelumnya. Namun sebenarnya kebahagiaan tersebut hanya akan berlangsung sehari dua hari saja.

Ketika seorang bayi lahir di kehidupan bahtera rumah tangga HappyFams, maka HappyFams dan pasangan harus siap menerima sebuah kehidupan baru. Berusaha mengasuh dan mengajar anak merupakan pembelajaran seumur hidup. Di tahap tersebut HappyFams sudah berperan sebagai Moms and Dads yang akan memberikan cinta penuh pada sang anak.

Kelahiran seorang anak pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya akan secara natural mengajarkan pada Moms and Dads tentang arti kedewasaan. Setiap harinya Moms and Dads diajarkan bertumbuh satu sama lain. Menjadi suami istri yang saling melengkapi kekurangan untuk tetap bisa menjadi orang tua yang terbaik bagi sang anak.

Keluarga yang baik adalah mereka yang selalu mau menerima kenyataan bahwa "kehidupan berkeluarga tidak hanya tentang kebahagiaan melainkan proses kedewasaan dua insan untuk menciptakan keharmonisan dan kehangatan". Inilah mengapa tahap perkembangan keluarga sangat penting diketahui sebelum menikah dan setelah menikah.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Hubungan Tahap Perkembangan Keluarga Dan Beberapa Jenis Tugasnya"
related post
7 Sikap Suami Tidak Peduli Perasaan Istri Tapi Diam-diam Sayang

Moms mungkin pernah merasa bahwa terkadang suami tak peduli lagi dengan keluarga dari sikap-sikapnya yang ... Lanjut Baca