Hati-Hati! Inilah 5 Penyakit Pasca Banjir Yang Mengintai Buah Hati

Waktu Baca: 6 menitKamis, 05 Maret 2020 10:00 WIB
Penyakit Pasca Banjir
Sumber: Freepik.com

Hujan memang membawa keberkahan tersendiri untuk semua makhluk hidup di dunia. Akan tetapi, bila hujan yang turun secara terus menerus dengan intensitas lebat, tentu dapat menimbulkan masalah baru, salah satunya banjir. Bencana alam ini memang identik terjadi saat musim penghujan dan terkadang tanpa peringatan terlebih dahulu, seperti yang pernah terjadi di Jakarta dan Bekasi awal tahun 2020 lalu. Kerugian yang ditimbulkan dari banjir tidaklah sedikit, selain materi terkadang banjir dapat merenggut korban jiwa.

Bahkan, setelah banjir surut, masih ada hal yang harus diperhatikan oleh seluruh anggota keluarga terutama anak kecil, yaitu penyakit pasca bencana banjir. Kita tentu sudah tahu jika air banjir mengandung banyak sekali kotoran dan bisa menjadi sumber untuk beberapa jenis penyakit. Anak-anaklah yang paling mudah terserang penyakit, sebab sistem kekebalan tubuh mereka masih lemah. Untuk itu, Moms harus mewaspadai beberapa jenis penyakit pasca banjir yang kemungkinan dapat menyerang buah hati, berikut daftarnya!

1. Diare

penyakit yang muncul pasca banjir
Sumber: Freepik.com

Diare menjadi penyakit yang muncul pasca banjir dan banyak diderita oleh sebagian besar orang tak terkecuali anak-anak. Diare dapat terjadi akibat sistem pencernaan mengalami infeksi oleh bakteri, parasit, dan virus yang dibawa oleh air banjir. Jika anak Moms buang air besar lebih dari tiga kali dalam sehari, itu menjadi pertanda bahwa anak terserang diare.

Untuk pencegahan, pastikan sumber air yang digunakan untuk kebutuhan harian, seperti memasak, minum, mandi dan mencuci harus dalam kondisi bersih dan tidak terkontaminasi. Lalu, cuci semua peralatan dapur dan makan menggunakan sabun, serta air bersih yang mengalir. Jangan lupa biasakan si kecil selalu mencuci tangan sebelum makan. Terakhir, bersihkan rumah dengan menggunakan pembersih lantai atau desinfektan agar kuman mati.

2. ISPA (Infeksi Saluran Penafasan Akut)

penyakit pasca bencana banjir
Sumber: Freepik.com

Batuk dan pilek menjadi penyakit yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang, termasuk anak-anak. Sedangkan, ISPA terjadi jika sistem kekebalan tubuh sedang turun atau bisa juga karena udara disekitar terlalu dingin akibat hujan dan banjir.

Pada umumnya, penyakit ini ditandai dengan sering batuk, bersin, sesak nafas yang disertai demam. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa penyakit ini mudah menular ke siapapun, terutama bagi seseorang dalam kondisi daya tahan tubuh lemah.

Untuk mencegah tertular ISPA khususnya untuk anak-anak sebaiknya hidari kontak dengan orang yang terserang batuk dan pilek, gunakan masker penutup wajah saat berpergian, selalu cuci tangan setelah melakukan kontak dengan penderita, serta jangan lupa mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh.

3. Penyakit Kulit

pencegah pasca banjir
Sumber: Freepik.com

Banjir membuat lingkungan di sekitar rumah menjadi kotor akibat banyak sampah yang turut terbawa ketika banjir datang. Hal inilah yang menyebabkan timbul beragam penyakit pasca banjir, salah satunya penyakit kulit. Kita tidak pernah tahu dari mana saja air banjir tersebut berasal, yang jelas penyakit kulit dapat disebabkan oleh bakteri E. coli yang terbawa saat banjir. Biasanya, gejala umum yang ditunjukkan ketika mengalami penyakit kulit, yakni muncul bercak-bercak berwarna merah dan terasa gatal.

Bercak merah tersebut biasa muncul di area lipatan tubuh seperti di sela-sela jari kaki atau tangan. Perlu diingat Moms, kulit anak cendrung lebih sensitif sehingga bila terkena air yang kotor bisa langsung menimbulkan reaksi. Untuk pencegahan, sebaiknya segera cuci anggota tubuh menggunakan sabun anti bakteri dan bilas dengan air bersih secara rutin. Bila terlanjur terserang penyakit kulit, jangan menggaruk dengan keras agar area yang terserang tidak bertambah lebar dan semakin parah. Segera obati bagian yang sakit sesuai petunjuk dokter.

4. DBD (Demam Berdarah Dengue)

penyakit yang muncul pada pasca banjir
Sumber: Freepik.com

Saat banjir surut, di beberapa tempat masih ditemukan berbagai genangan air, termasuk pada benda yang hanyut oleh banjir. Tempat tergenang tersebut justru menjadi tempat ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak, termasuk nyamuk Aedes aegypti yang menjadi penyebab demam berdarah dengue atau DBD.

Penyakit yang mucul pada pasca banjir ini harus diwaspadai, sebab jika dibiarkan dapat berakibat fatal. Jika anak Moms mengalami demam tinggi dan reda setelah diberi obat penurun panas, namun tiba-tiba kemudian suhu tubuh bisa kembali tinggi, serta berlangsung selama beberapa hari, maka ada baiknya segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk pencegahan, sebaiknya buang semua air genangan serta kubur barang yang tidak terpakai dan kemungkinan dapat menampung air hujan. Jangan lupa untuk menguras bak mandi minimal 3 hari sekali dan tutup sumber air bersih untuk mencegah DBD menghampiri.

5. Tifus

penyakit yang timbul pasca banjir
Sumber: Freepik.com

Penyakit yang timbul pasca banjir lainnya yaitu tifus. Penyakit ini diakibatkan dari makanan yang dikonsumsi tidak higienis dan mengandung bakteri Salmonella Enterica Serotype Typhi. Pasca banjir menyisakan banyak lumpur serta sanitasi di beberapa tempat juga masih buruk, dari tempat tersebut bakteri Salmonella berasal. Penyakit ini tidak hanya menyerang anak kecil saja, namun juga orang dewasa sekalipun.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini, yaitu demam, pusing, diare, sakit perut, tubuh lemah, dan tidak bertenaga. Jika anggota keluarga menunjukan ciri tersebut, segeralah pergi ke dokter, sebab tifus hanya dapat disembuhkan dengan pemberian obat, banyak beristirahat, dan mengkonsumsi air putih. Untuk menghidari penyakit tifus, HappyFams harus menerapkan gaya hidup sehat dan selalu mencuci tangan dengan air bersih sebelum makan.

Bagaimana Cara Pencegahan Agar Terhindar Dari Penyakit Pasca Banjir?

Agar terhindar dari penyakit di atas, ada tindakan pencegah pasca banjir yang bisa Moms lakukan dan disarankan oleh WHO antara lain:

  • Selalu mengkonsumsi air minum yang bersih.
  • Air dapat dimurnikan dengan cara direbus atau diberi klorin.
  • Untuk mengobati dehidrasi gunakan garam rehidrasi oral.
  • Menggunakan antibiotik yang tepat untuk melawan infeksi bakteri.
  • Redakan demam menggunakan analgesik.
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih.
  • Cuci makanan dengan air bersih.
  • Cuci pakaian yang terkena air banjir dengan sabun dan air bersih.
  • Desinfektan juga mainan anak yang terkontaminasi banjir.
  • Gunakan obat nyamuk, kenakan pakaian lengan panjang, celana panjang dan kaus kaki.
  • Jangan ada air yang menggenang.

Itulah beragam penyakit yang biasanya sering muncul pasca banjir. Dengan mengetahui semua informasi ini, semoga HappyFams bisa segera dengan cepat mengantisipasi agar seluruh anggota keluarga dapat terhindar dari beragam penyakit pasca banjir. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Hati-Hati! Inilah 5 Penyakit Pasca Banjir Yang Mengintai Buah Hati"
related post
Jenis Sekolah Di Indonesia Dari Negeri, Swasta, Sampai Internasional

Menyangkut pendidikan, jenis sekolah menjadi hal yang penting untuk Moms and Dads perhatikan. Sebagai bentuk ... Lanjut Baca

Menjaga Pola Hidup Sehat Dan Bersih Anak Terlepas Dari Penyakit

Sebagai orang tua yang peduli terhadap pola hidup sehat, maka perlu pula untuk menerapkan pola ... Lanjut Baca

Bagaimana Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Yang Selalu Marah?

Orang tua toxic menjadi hal yang paling dihindari anak di dalam sebuah keluarga. Hubungan yang ... Lanjut Baca