Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan, Ini Penyebab Dan Tanda-Tandanya

Waktu Baca: 3 menitSelasa, 15 September 2020 09:40 WIB
Hamil Kosong
Sumber: freepik.com

Pada kondisi normal kehamilan identik dengan adanya bayi di dalam rahim ibu, namun dalam dunia medis juga terdapat istilah lain yang masih berhubungan dengan kehamilan, salah satunya hamil kosong. Mungkin tidak semua Moms mengetahui apa sebenarnya hamil kosong ini.

Sesuai dengan namanya hamil kosong atau blighted ovum merupakan kondisi rahim wanita hamil tidak terdapat bayi di dalamnya seperti kehamilan normal pada umumnya. Proses terjadinya tidak berbeda jauh dengan proses kehamilan normal, hanya saja terjadi masalah saat sel telur yang telah dibuahi oleh sperma tidak berkembang dengan semestinya, akibatnya janin tidak akan tumbuh atau bahkan tidak ada sama sekali di dalam rahim.

Penyebab Hamil Kosong

Sebenarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab hamil kosong pada ibu. Umumnya hamil kosong disebabkan adanya kelainan pada kromosom dan sudah dialami sejak bayi di dalam kandungan dan berdampak perkembangan bayi menjadi terhambat.

Kualitas sel telur ataupun sperma yang kurang baik menjadi penyebab terjadinya kelainan pada kromosom. Sehingga saat proses pembelahan sel berlangsung tidak terjadi dengan sempurna. Jika sudah begitu secara alamiah tubuh wanita akan memberikan reaksi dengan cara menghentikan proses kehamilan.

Kehamilan kosong dapat juga menjadi kehamilan tanpa embrio, penyebab kegagalan kehamilan dan berdampak pada keguguran di masa awal kehamilan. Keguguran karena hamil kosong umumnya terjadi pada usia kehamilan kurang dari 10 minggu. Perlu diketahui juga oleh Moms jika kehamilan kosong tidak dapat dicegah. Akan tetapi dalam beberapa wanita, hamil kosong terjadi hanya sekali saja dan untuk kehamilan berikutnya dapat berlangsung secara normal.

Cara Mengenali Hamil Kosong

tanda-tanda hamil kosong
Sumber: Freepik.com

Ciri-ciri kehamilan kosong dapat diketahui saat di masa awal kehamilan atau bahkan sebelum Moms mengetahui bahwa sedang hamil sekalipun. Kehamilan kosong memiliki tanda-tanda yang sama dengan kehamilan normal pada umumnya seperti menstruasi yang terlambat, morning sickness, payudara terasa kencang, dan juga kram ringan di area perut.

Tanda-tanda hamil kosong yang lain yakni hasil positif pada alat tes kehamilan atau test pack. Hal ini disebabkan karena terjadi peningkatan pada hormon kehamilan hCG meskipun tidak terdapat janin di dalam kandungan. Memiliki tanda-tanda yang sama dengan kehamilan normal, namun tanda-tanda tersebut akan terus menghilang seiring dengan menurunnya kadar hormon kehamilan dan biasanya berlangsung singkat.

Selain itu, ada kasus di mana terjadi hamil kosong tapi tidak pendarahan apabila telah dideteksi sedini mungkin dengan melakukan pemindaian sejak awal. Namun sering kali tanda hamil kosong kurang disadari oleh ibu sampai pada akhirnya telah terjadi pendarahan di vagina yang membuat ibu beresiko kehilangan banyak darah.

Cara Mengetahui Kehamilan Kosong

penyebab hamil kosong
Sumber: Freepik.com

Untuk orang awam terutama bagi Moms yang baru mengalami fase kehamilan tentu mengalami kesulitan untuk membedakan antara kehamilan normal dan kehamilan kosong. Sebab seperti yang telah dijelaskan di atas keduanya memiliki tanda kehamilan yang sama. Untuk lebih jelas ada baiknya melakukan pemeriksaan pada dokter kandungan.

1. Pemeriksaan USG

Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan USG yang dapat dilakukan melalui perut ataupun vagina atau USG transvaginal. Kehamilan kosong terjadi apabila dari hasil USG menunjukkan tidak ditemukan janin ataupun kantung di dalam rahim ibu.

Untuk pemeriksaan USG yang dilakukan sejak dini atau di bawah 6 minggu, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan saat memasuki usia kehamilan 7-8 minggu. Selain itu untuk lebih memastikannya lagi dokter kandungan akan menyarankan melakukan pemeriksaan 10 hari setelahnya.

2. Sakit Perut Parah

Moms juga harus mencurigai jika mengalami sakit perut yang amat parah secara terus menerus selama kehamilan. Jika sudah begitu sebaiknya Moms segara memeriksakan diri ke dokter kandungan. Sakit perut yang parah bisa menjadi tanda bahwa janin tersebut tidak berkembang dan berada di luar rahim.

Pengobatan Hamil Kosong

Bentuk pengobatan untuk hamil kosong yakni dengan melakukan pengangkatan jaringan dari dalam rahim sebagai upaya pencegahan terjadinya infeksi rahim. Ada beragam cara yang dapat dilakukan dan tentunya dokter kandungan akan menyarankan yang terbaik untuk pasiennya.

Pada kasus hamil kosong yang disertai keguguran tanpa pendarahan, cukup menunggu selama beberapa minggu sebelum mencari pengobatan sebab rahim akan kosong dengan sendirinya dan kram perut juga akan hilang. Akan tetapi cara ini bukan tanpa resiko karena terkadang ada jaringan yang masih tertinggal di dalam rahim.

Jika hal tersebut terjadi, bentuk pengobatan selanjutnya yakni dengan mengkonsumsi obat pendorong untuk mengeluarkan jaringan embrio yang masih tersisa di dalam rahim. Saat sedang melakukan pengobatan, kondisi pasien akan terus dipantau oleh dokter kandungan ataupun bidan yang menangani. Sebab mengkonsumsi obat ini tidak dapat sembarangan dan harus mendapat petunjuk dari dokter. Efek samping dari mengkonsumsi obat yakni kram perut, mual, diare hingga pendarahan hebat.

Selain kedua cara di atas, bentuk pengobatan untuk hamil kosong dapat dilakukan dengan melakukan prosedur dilatasi dan kuretase atau yang dikenal dengan nama kuret. Kuret dilakukan apabila masih terdapat sisa-sisa jaringan yang masih tertinggal di dalam rahim selama proses keguguran terjadi.

Apabila Moms sedang mengalami ciri atau tanda seperti yang dijelaskan di atas ada baiknya untuk segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Sekali lagi kehamilan kosong tidak dapat terjadi untuk kedua kalinya sehingga Moms tidak perlu khawatir apabila pernah mengalami kejadian ini.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan, Ini Penyebab Dan Tanda-Tandanya"
related post
Daftar Makanan Instan Sehat Untuk Bayi & Ibu Hamil Di Rumah

Makanan instan menjadi pilihan banyak orang karena dianggap praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk ... Lanjut Baca

Mitos Dan Fakta Jenis Kelamin Bayi Yang Terjadi Oleh Ibu Hamil

Sudah sejak lama banyak mitos berkembang terkait tentang kehamilan yang berlaku turun temurun di Indonesia. ... Lanjut Baca