Gambaran Rumah Minimalis Modern Dan Sederhana Ini Idaman Millenial

Waktu Baca: 5 menitKamis, 18 Maret 2021 09:22 WIB
Rumah Minimalis
Sumber: homify.in

Rumah menjadi sebuah kebutuhan paling penting yang diperlukan oleh semua orang tak terkecuali bagi pasangan yang telah berumah tangga. Banyak orang menginginkan tempat tinggal sesuai dengan impiannya. Seiring berkembangnya zaman, fungsi rumah bukan lagi menjadi tempat berlindung bagi pemiliknya saja, namun juga menjadi sebuah karya seni bernilai tinggi yang tentunya dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi penghuninya.

Membangun sebuah rumah sesuai dengan keinginan tentu tidaklah mudah. Salah satu kendala yang dihadapi saat merencanakan pembangunan rumah yakni keterbatasan lahan. Belum lagi harga tanah yang cukup mahal terutama di kota-kota besar.

Meskipun begitu membangun rumah impian tetap dapat terlaksana salah satunya dengan model rumah minimalis. Model rumah ini banyak dipilih oleh orang-orang yang ingin membangun rumah yang indah, elegan, terkesan luas walaupun berdiri di atas lahan sempit sekalipun.

Pembangunan model rumah minimalis memang tidak membutuhkan biaya terlalu tinggi jika dibandingkan dengan model rumah mewah lainnya. Nah untuk Dads yang saat ini sedang berencana membangun rumah minimalis berikut beberapa gambaran rumah minimalis yang bisa menjadi inspirasi. Yuk diintip!

1. Rumah Minimalis 1 Lantai

gambaran rumah minimalis
Sumber: Pinterest.com

Rumah minimalis dengan 1 lantai menjadi pilihan oleh sebagian besar pasangan yang baru menikah. Tidak hanya itu saja, rumah minimalis ini sudah banyak dikembangkan oleh para developer sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Harganya masih dapat dijangkau tentu tergantung di mana lokasi rumah minimalis ini berada.

Rumah minimalis ini memang sangat ideal untuk dihuni oleh setidaknya 2 hingga 3 orang, terutama bagi ibu muda yang baru memiliki anak agar lebih mudah untuk memantaunya.

2. Rumah Minimalis Tipe 21

rumah minimalis sederhana
Sumber: Pinterest.com

Jika Dads mencari rumah yang tidak terlalu besar, rumah minimalis tipe 21 bisa menjadi pilihan. Rumah minimalis sederhana ini memang direkomendasikan bagi pasangan baru menikah atau dengan sedikit anggota keluarga. Rumah tipe 21 memang banyak tersedia di perumahan karena memiliki harga yang ramah di kantong.

Ukurannya yang tidak terlalu besar juga sesuai bagi seseorang yang masih tinggal sendiri atau sering bepergian dalam jangka waktu lama. Sebab sebagian besar rumah tipe 21 umumnya hanya terdiri dari 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu. Meskipun terlihat kecil, dengan peletakkan barang dan dekorasi yang tepat membuat rumah minimalis ini menjadi hunian yang nyaman untuk ditempati.

3. Rumah Minimalis 2 Lantai

rumah minimalis 2 lantai
Sumber: CivilEngineeringDiscoveries.com

Rumah minimalis juga dapat diterapkan untuk lantai 2. Rumah minimalis 2 lantai memang sangat diperuntukkan bagi keluarga yang memiliki anggota banyak atau keluarga dengan anak-anak usia sekolah. Rumah berlantai 2 memungkinkan pemilik untuk dapat membagi dan mengisinya menjadi beberapa ruangan.

Penting bagi Dads untuk membuatkan kamar anak terutama bagi yang sedang beranjak dewasa. Sebab pada usia tersebut anak-anak membutuhkan ruangan atau privasi untuk dapat mengekspresikan dirinya.

Harga rumah minimalis 2 lantai tentu tidaklah murah jika dibandingkan dengan rumah minimalis dengan 1 lantai. Meskipun begitu harga tersebut tentu disesuaikan dari konsep, tema, dan juga luas bangunan yang ditawarkan.

4. Rumah Minimalis Mewah

rumah mewah minimalis
Sumber: Behance.com

Tidak selamanya rumah minimalis terlihat sederhana. Dengan tatanan yang tepat rumah sederhana sekalipun dapat berubah menjadi rumah mewah minimalis. Umumnya rumah mewah tersebut berdiri di lahan yang tidak sempit sehingga terlihat lebih besar dan semakin mewan saat didirikan.

Model minimalis mewah diperuntukkan bagi keluarga yang memiliki keluarga besar sehingga dapat menampung banyak orang di dalamnya. Tidak hanya itu saja, Dads dapat memaksimalkan area tambahan yang ada untuk ruangan tertentu seperti taman, vertical garden, kolam renang, hingga garasi mobil.

Biasanya rumah minimalis mewah ini menggunakan pernak pernik yang sederhana namun memiliki harga yang tidak bisa dianggap murah. Penempatan lampu juga menjadi kunci utama agar rumah minimalis terlihat semakin indah dan estetik.

5. Rumah Minimalis 3 Lantai

rumah minimalis modern
Sumber: CivilEngineeringDiscoveries.com

Dapat dikatakan jika rumah dengan 3 lantai menjadi rumah minimalis modern yang sedang trend saat ini. Meskipun memiliki lahan yang sempit bukan berarti Dads tidak dapat menambah ruangan lain sesuai dengan kebutuhan. Satu-satunya cara yakni dengan membuat ruang tambahan secara vertikal atau bertingkat.

Dads dapat mengatur ruangan di setiap lantai rumah, misal lantai 1 digunakan sebagai ruang tamu atau dapur dan garasi kendaraan. Pada lantai 2 digunakan sebagai ruang keluarga, kamar mandi dan kamar anak, sedangkan di lantai 3 menjadi tempat khusus kamar utama.

Nah itulah tadi beberapa contoh gambaran rumah minimalis modern namun tetap sederhana. Satu hal yang harus diperhatikan jika rumah minimalis harus menonjolkan sisi efisien dan efektif melalui kesederhanaan dalam bentuk warna, bentuk, fungsi, ruang, dan material. Selain itu faktor pencahayaan juga harus diperhatikan untuk memberikan kesan rumah bersih dan terang.

Dalam memilih dekorasi juga tidak luput dari perhatian. Pemilihan dekorasi ruangan mulai dari kabinet, kursi, meja, dan hiasan dinding usahakan untuk menggunakan warna yang memberikan kesan bersih. Termasuk detail kecil seperti posisi lampu dan pegangan pintu atau perabotan rumah tangga lain yang tersembunyi atau menyatu. Semoga gambaran mengenai rumah minimalis di atas dapat menginspirasi Dads untuk membangun rumah impian.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Gambaran Rumah Minimalis Modern Dan Sederhana Ini Idaman Millenial"
related post
Ungkapan Hati Ibu Rumah Tangga Untuk Suami Dan Anak Dalam Keluarga

Banyak orang berpendapat jika menjadi seorang ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang paling mudah karena ... Lanjut Baca