Fakta Atau Mitos Minuman Sehat Kekinian Bisa Untuk Diet Dan Jantung!

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 09 Januari 2022 11:24 WIB
minuman sehat kekinian
Sumber: pexels

Hal pertama yang muncul ketika membayangkan minuman sehat adalah air putih, terjadi pada semua orang. Air putih memang bagus dan minuman terbaik sebagai salah satu kebutuhan esensial tubuh manusia sekaligus menjadi minuman good mood.

Air putih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan apalagi tidak ada kalori sama sekali di dalamnya. Konsumsi air putih saat diet merupakan kunci sukses, lalu apakah hanya air putih saja?

Minuman Sehat, Pembuktian Mitos dan Fakta

BACA JUGA:

Di dunia ini terdapat berbagai jenis minuman untuk menurunkan berat badan, dari konvensional sampai kekinian. Beberapa dari jenis tersebut mempunyai manfaat nyata, mari kupas minuman berikut bersama-sama.

1. Soda Diet (Mitos)

Sebagian besar diet coke atau soda diet mencantumkan label bebas kalori, sehingga banyak orang menganggapnya minuman sehat untuk menurunkan berat badan. Namun ternyata belum ada riset ilmiah tentang hal ini.

Beberapa riset justru malah menemukan pemanis buatan pada soda diet, hal ini bisa meningkatkan resiko diabetes hingga sindrom metabolisme lainnya. Banyak ahli mengklaim bahwa soda diet akan merangsang nafsu makan.

Saat mengkonsumsi diet coke, produksi hormon pemicu rasa lapar serta dopamin akan meningkat. Para ahli gizi tidak menyakini bahwa soda diet akan efektif dalam menurunkan berat badan manusia.

Konsumsi soda diet ternyata mengandung bahaya lain, salah satunya adalah meningkatkan resiko diabetes. Meskipun tidak menemukan gula dan kalori berlebih, minuman ini menyebabkan resiko diabetes tipe 2.

Terdapat data hasil riset American Journal of Clinical Nutrition selama 14 tahun dan dilakukan pada 66 ribu wanita. Konsumsi diet coke memang meningkatkan resiko diabetes tipe 2.

Konsumsi minuman ini juga meningkatkan potensi gangguan kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung. Pada sebuah riset, 9% responden mengalami peningkatan resiko hipertensi akibat pemanis buatan.

Kemungkinan buruk paling akhir adalah terjadi gangguan ginjal kronis akibat konsumsi diet coke. Konsumsi minuman tersebut lebih dari tujuh gelas dalam seminggu akan meningkatkan resiko penyakit ginjal dua kali lipat. Tapi ada lho minuman korea kekinian yang baik buat tubuh.

2. Kopi (Fakta)

kopi untuk diet
Sumber: vectezy

Berdasarkan data Harvard T.H. CHAN School of Public Health, kafein meningkatkan kadar brown fat atau lemak kecoklatan. Aktivitas dari brown fat membakar energi sehingga bisa menurunkan berat badan.

Setelah meminum minuman sehat untuk diet total seratus cangkir kopi, akan terlihat hasil signifikan meskipun terdengar mustahil. Walaupun demikian, masih dibutuhkan beberapa observasi tambahan untuk memperkuat fakta menghebohkan ini.

Meminum kopi memang bisa mengurangi rasa lapar, kandungan kafein akan memberikan stimulasi thermogenesis. Stimulasi thermogenesis merupakan mekanisme tubuh untuk menghasilkan panas dari proses pencernaan makanan tertentu.

Jenis minuman sehat kopi paling baik untuk menurunkan berat badan adalah kopi hitam tanpa gula, minum secara moderat diserta aktivitas fisik seperti olahraga. Hal ini bisa menjaga stabilitas massa tubuh.

Saat ini semakin banyak jenis kopi kekinian dengan beragam pilihan rasa serta kalori yang tidak sedikit. Meskipun sangat menggoda, perhatikan kandungan gula di dalamnya, lebih baik dihindari.

Salah satu minuman sehat kekinian paling direkomendasikan adalah americano, untuk teman beraktivitas sehari-hari. Namun jangan lupa pertimbangkan toleransi HappyFams terhadap kafein, apakah masih dalam kadar aman (tidak menimbulkan resiko)?

3. Protein Shake (Fakta)

Minuman tinggi protein bisa menahan rasa lapar, mempertahankan rasa kenyang, hingga mengurangi nafsu makan. Sehingga bagus untuk program menurunkan berat badan secara berkala selama beberapa waktu.

Terdapat banyak sekali jenis minuman sehat untuk ibu hamil, untuk meningkatkan hormon pengurang rasa lapar, menurunkan ghrelin, hingga mendorong nafsu makan. Jenisnya seperti bubuk protein whey, rami, serta kacang polong.

4. Apple Vinegar (Fakta)

Selanjutnya adalah cuka sari apel atau apple vinegar, mengandung asam asetat untuk merangsang penurunan kadar insulin. Hal ini akan membantu merangsang penurunan berat badan dan membakar lemak.

Cuka sari apel berkhasiat untuk memperlambat proses pengosongan perut, sehingga tubuh merasa kenyang lebih lama. Perlu dicatat, minum minuman asam seperti ini bisa mengikis lapisan terluar gigi.

Tidak sulit untuk menurunkan berat badan menggunakan cara sehat dan terbukti secara ilmiah asalkan disertai dengan olahraga rutin. Jangan mudah tertipu minuman sehat bagi jantung tanpa bukti nyata.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Fakta Atau Mitos Minuman Sehat Kekinian Bisa Untuk Diet Dan Jantung!"