Deretan Penyakit Yang Muncul Dari Efek Sering Begadang

Waktu Baca: 3 menitMinggu, 22 Maret 2020 10:00 WIB
Efek Sering Begadang
Sumber: Freepik.com

Happinest.id - Menjadi seorang wanita karir memaksa Moms untuk pintar dalam mengatur waktu antara pekerjaan dan keluarga. Tidak jarang Moms masih harus terjaga dan merelakan waktu istirahat malam berkurang untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang tertunda sambil mengurus keluarga. Padahal, waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah 7-8 jam per hari.

Hanya di saat tidur inilah, tubuh bisa berada dalam keadaan relaks, dimana kondisi fisik dan pikiran setelah lelah melakukan aktivitas seharian diperbaiki. Lalu, apa jadinya jika tubuh dipaksa begadang setiap hari? Bagaimana efek sering begadang bagi tubuh? Berikut Happinest berikan penjelasan lengkapnya untuk Moms.

1. Kulit Wajah Terlihat Lebih Tua

efek sering begadang pada wajah
Sumber: Freepik.com

Sebagai seorang wanita, kulit menjadi aset utama yang harus terus terjaga terutama kulit wajah. Bahkan, saat ini sudah banyak klinik kecantikan yang menawarkan berbagai macam bentuk perawatan wajah agar kulit tetap sehat, elastis dan tampak awet muda. Akan tetapi, semua perawatan wajah tersebut akan hilang manfaatnya jika tidak disertai dengan tidur yang cukup.

Ternyata, efek sering begadang pada wajah dapat membuat hormom kortisol atau hormon stres terpecah lebih banyak. Hormon ini dapat memecah kolagen dan membuat kulit menjadi tidak elastis dan terlihat kendur. Selain itu, begadang dapat mengakibatkan mata bengkak atau muncul lingkaran hitam di sekitar area mata, kulit terlihat kusam dan muncul garis penuaan. 

2. Mudah Lupa

efek samping sering begadang
Sumber: Freepik.com

Tidur menjadi cara terbaik untuk memperbaiki sel-sel di dalam tubuh, termasuk sel otak. Tidak hanya itu saja, saat tidur, otak akan menyimpan memori atau informasi apapun ke dalam penyimpanan memori jangka panjang. Proses penyimpanan ini tidak akan terjadi jika tubuh dipaksa untuk tetap terjaga di malam hari.

Efek samping sering begadang tidak hanya membuat tubuh mudah mengantuk, namun juga membuat seseorang sulit berkonsentrasi dan menjadi pelupa. Hal ini tentu sangat merugikan terutama bagi pekerja yang membutuhkan daya ingat tinggi untuk menunjang produktifitasnya.

3. Mudah Gendut

efek sering begadang bagi tubuh
Sumber: Freepik.com

Banyak studi menjelaskan bahwa efek sering begadang bagi tubuh, yakni dapat menaikan berat badan. Hal ini dibuktikan bahwa kurang tidur dapat memicu seseorang untuk makan camilan berkalori tinggi saat malam hari. Bagi Moms yang sedang dalam program penurunan berat badan, sangat tidak dianjurkan untuk begadang di malam hari. Tidak hanya itu saja, seseorang yang miliki tidur kurang dari 7 jam sehari akan mudah mengalami kenaikan berat badan dan meningkatkan resiko obesitas. Bahkan, begadang dapat membuat seseorang menjadi mudah lapar di malam hari hingga memutuskan untuk makan di luar jam makan normal.

4. Daya Konsentrasi Berkurang

apa efek sering begadang
Sumber: Freepik.com

Tidur memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memulihkan tenaga dan pikiran setelah banyak melakukan aktivitas. Kurang tidur, terutama di malam hari, dapat membuat kemampuan daya pikir dan konsentrasi menjadi berkurang pada siang harinya. Tidak heran, jika banyak kasus kesalahan, hingga kecelakaan kerja akibat hilang konsentrasi dan kurang awas. Maka, beristirahatlah terlebih dahulu jika tubuh merasa sangat lelah. 

5. Perubahan Mood Yang Drastis Hingga Depresi

efek terlalu sering begadang
Sumber: Freepik.com

Hal yang paling dirasa bagi sebagian besar wanita jika mengalami kurang tidur, yakni gangguan perasaan, bahkan membuat depresi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, menyatakan bahwa seseorang yang sering begadang akan mengalami perubahan mood.

Tidak hanya itu saja, efek terlalu sering begadang dapat membuat emosi menjadi tidak stabil, depresi, mudah gugup, kurang percaya diri dan mudah dipengaruhi. Perlu diketahui juga, jika depresi bisa dialami jika seseorang memiliki insomnia berat, sedangkan insomnia dapat berawal dari pola tidur yang tidak teratur atau masalah psikologis lainnya.

6. Berbahaya Bagi Kesehatan Jantung

efek begadang bagi tubuh
Sumber: Freepik.com

Ada sebuah penelitian mengatakan bahwa setiap satu jam waktu tidur yang berkurang, kemunginan resiko terserang penyakit jantung meningkat sebanyak 11 persen. Menunda waktu tidur, artinya menambah kinerja jantung untuk memompa darah. Bahkan, begadang semalaman saja dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini telah dibuktian dari sebuah penelitian di tahun 2013 yang mengatakan bahwa begadang dapat mengakibatkan kenaikan tekanan darah hingga 30 persen, dibandingkan mereka yang selalu bangun pagi hari.

7. Menurunkan Tingkat Kesuburan Dan Libido

efek samping begadang
Sumber: Freepik.com

Bagi pasangan yang baru menikah, mendapatkan momongan adalah sebuah impian. Namun, hal tersebut menjadi sulit terwujud jika masih sering begadang atau kurang tidur. Ternyata, begadang dapat mempengaruhi kualitas kesuburan, baik pria maupun wanita. Bahkan, tubuh yang kurang tidur dapat menjadi mudah lelah dan tidak bertenaga, sehingga tidak memiliki ketertarikan untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Selain beberapa penyakit di atas tentunya masih ada lagi penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan oleh kebiasaan buruk ini. Untuk itu, bagi Moms yang terbiasa begadang, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Pahami juga, resiko terbesar yang dapat dialami bagi mereka jika terlalu sering begadang, yakni kematian. Yuk perbaiki pola tidur dan ubah gaya hidup agar terhindar dari efek samping begadang untuk hidup yang lebih baik ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Deretan Penyakit Yang Muncul Dari Efek Sering Begadang"
related post
5 Cara Bersikap Dewasa Dalam Rumah Tangga, Pasangan Muda Wajib Tahu

Ada dua orang yang berkomitmen dalam satu biduk rumah tangga. Bukan hanya bermodalkan ... Lanjut Baca

Work Work Work, Kenapa Wanita Harus Tetap Memiliki Pengalaman Kerja?

Lulus kuliah, lalu apa? Pertanyaan ini biasanya sering menghinggapi kita setelah menyelesaikan pendidikan. ... Lanjut Baca

Pengaruh Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Anak-Anak

happinest.id - Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) bukan sesuatu yang asing bagi sebagian besar masyarakat. ... Lanjut Baca