Dana Pendidikan Anak, Ini 5 Langkah Persiapan Yang Wajib Moms Ketahui!

Selasa, 17 September 2019 11:00 WIB
dana pendidikan anak, ini 5 langkah persiapan yang wajib moms ketahui!
Sumber: Pixabay.com

Happinest.id - Dana pendidikan sebaiknya disiapkan sedini mungkin untuk masa depan anak. Seringkali, orangtua terlambat mengetahui bahwa biaya pendidikan anak sangatlah besar. Biaya tersebut meliputi biaya wajib yang harus dibayarkan ke sekolah atau kampus. Termasuk biaya lain seperti pembelian buku, les, uang saku, dan lain-lain. Akibatnya, rencana keuangan yang sudah disusun menjadi berantakan dan ada kebutuhan lain yang harus dikorbankan.

Disinilah pentingnya menyusun rencana pendidikan anak, yaitu agar Moms bisa memperkirakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan si kecil nantinya. Dalam menyiapkan dana pendidikan anak, ada beragam langkah persiapan yang perlu Moms lakukan agar tujuan yang diharapkan menjadi lebih mudah dicapai. Pertanyaannya, sudahkah Moms mengetahui langkah-langkah tersebut? Jika belum, mari simak pembahasan berikut!

1. Moms, Perhitungkan Yuk Dana Pendidikan Anak Pada Setiap Jenjangnya!

Dana Pendidikan Anak Perhitungkan Dana Pendidikan Anak Di Setiap Jenjangnya
Sumber: Pxhere.com/CC0 Domain Publik

Langkah awal, mulailah dengan menentukan target yang akan dicapai, yakni sampai jenjang pendidikan mana Moms dan Dads akan membiayai pendidikan si kecil. Selanjutnya Moms harus menghitung berapa kisaran dana pendidikan yang dibutuhkan pada setiap jenjang yang ia lalui. Hitunglah secara rinci, karena dana pendidikan anak bukan hanya mencakup biaya wajib yang harus dibayarkan kepada sekolah melainkan juga kebutuhan lainnya. 

Misalnya, Moms ingin membiayai pendidikan anak hingga lulus perguruan tinggi. Maka Moms perlu memperhitungkan berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan di tingkat SD, SMP, SMA, serta perguruan tinggi. Jika sudah memiliki perhitungan dana pendidikan anak yang jelas, maka langkah selanjutnya akan lebih mudah dilakukan. Jadi pastikan untuk menghitung terlebih dahulu berapa dana pendidikan yang dibutuhkan si kecil di setiap jenjangnya ya!

2. Yuk Buka Tabungan Pendidikan Mulai dari Sekarang, Moms!


Sumber: Publicdomainpictures.net/George Hodan

Setelah mengetahui besar biaya pendidikan anak maka langkah selanjutnya ialah membuat rencana tabungan pendidikan. Tabungan pendidikan anak merupakan langkah paling mudah yang biasa dilakukan oleh para orangtua dalam rangka mempersiapkan dana pendidikan anak. Akan tetapi sebelum membuka tabungan, pastikan Moms telah mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing produk tabungan pendidikan anak yang ditawarkan oleh bank. 

Moms dapat memilih penawaran terbaik dengan mempertimbangkan besar setoran yang harus dibayar setiap bulan dan tingkat keuntungannya. Lalu usahakan mengatur keuangan sebaik mungkin agar Moms dapat menabung secara rutin untuk dana pendidikan si kecil. Sehingga ketika anak membutuhkan dana pendidikannya di kemudian hari, Moms dapat memenuhi kebutuhan tersebut tanpa perlu mengorbankan kebutuhan lainnya.

3. Moms Juga Bisa Mengikuti Asuransi Pendidikan untuk Si Kecil Lho!

Dana Pendidikan Anak Asuransi Pendidikan Anak
Sumber: Yandex.com

Selain tabungan pendidikan yang memiliki tingkat suku bunga tetap hingga masa penarikan, daftarkan juga sebuah  asuransi untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Asuransi pendidikan memberikan jaminan perlindungan kepada orangtua sebagai pencari nafkah dan kepastian dana pendidikan untuk si kecil. Sehingga apabila terjadi sesuatu yang menyebabkan Moms atau Dads tidak dapat bekerja, dana pendidikan anak akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

Sebelum memilih produk asuransi yang cocok, penting bagi Moms untuk mengetahui besar nilai perlindungan dan tingkat keuntungan yang ditawarkan. Asuransi pendidikan biasanya menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Sementara besar nilai perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi tergantung pada besar premi yang Moms bayar setiap bulannya. 

4. Coba Investasi Menjanjikan untuk Dana Pendidikan Anak Yuk Moms.

Dana Pendidikan Anak, Investasi Dana Pendidikan Anak
Sumber: Pixabay.com/Nattanan23

Selain tabungan pendidikan anak dan asuransi pendidikan, Moms juga bisa mencoba produk investasi lainnya lho. Saat ini terdapat beragam produk investasi yang dapat Moms manfaatkan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bukan hanya saham, Moms juga dapat mencoba investasi emas yang tergolong minim resiko karena harga jualnya jarang mengalami penurunan. 

Cobalah membaca referensi tentang cara mudah berinvestasi dan ikutilah prosedurnya. Selanjutnya, alokasikan sebagian tabungan dalam bentuk investasi yang lebih menguntungkan. Perlu dipahami bahwa memiliki investasi pada beberapa produk investasi sekaligus dapat menghasilkan peluang keuntungan yang lebih besar serta meminimalisir resiko. Pastikan Moms menyesuaikan jumlah alokasi untuk investasi dengan sumber pemasukan, ya!

5. Moms Ajari Si Kecil Yuk Terlibat Menabung untuk Pendidikannya!

Dana Pendidikan Anak Anak Menabung Sesuai Jenjang Pendidikan
Sumber: Maxpixel.net/CC0 Public Domain

Terakhir, Moms juga bisa mengajarkan pada si kecil tentang pentingnya menabung untuk pendidikan. Cara menabung untuk pendidikan anak dengan melibatkan si kecil secara langsung akan memudahkan terkumpulnya biaya pendidikan anak sekaligus memberikan motivasi untuk menabung dan hidup berhemat. Menabung untuk biaya pendidikan anak bersama si kecil tentunya menyenangkan karena dapat membantu Moms untuk melakukan penghematan. Jadi, yuk Moms ingatkan si kecil tentang pentingnya menabung!

Itulah tadi 5 langkah mempersiapkan dana pendidikan anak yang perlu Moms ketahui. Ternyata untuk menjamin pendidikan anak bisa berjalan tanpa hambatan biaya diperlukan persiapan yang matang ya. Kini Moms sudah tahu bagaimana memperkirakan biaya pendidikan anak dan cara menabung untuk pendidikan anak yang benar. Jadi tunggu apa lagi, mari segera persiapkan tabungan untuk dana pendidikan anak sejak dini yuk, HappyFams!

Apakah Moms dan Dads yang mengetahui cara lain untuk menyiapkan dana pendidikan anak? Yuk share pengalamannya di kolom komentar di bawah ini! Semoga bermanfaat.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Dana Pendidikan Anak, Ini 5 Langkah Persiapan Yang Wajib Moms Ketahui!"