Daftar Makanan Yang Dilarang Ibu Hamil, Harus Dihindari Ya Moms!

Waktu Baca: 3 menitMinggu, 08 November 2020 08:20 WIB
makanan yang dilarang ibu hamil
Sumber: unsplash

Untuk Ibu hamil menjaga pola makan sangat penting, karena apapun makanan yang masuk lewat mulut ibu secara langsung dapat berdampak pada perkembangan janin. Makanan mengandung nutrisi baik sangat bagus untuk ibu dan bayi, namun ada juga makanan-makanan yang perlu diperhatikan untuk dihindari oleh ibu hamil.

Makanan yang dilarang ibu hamil memang sebaiknya tidak dikonsumsi karena bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat Moms sedang hamil. Pehatikan ya Moms!

Sushi

Untuk Moms yang merupakan penggemar sushi hingga sashimi, maka sebaiknya berhenti dulu untuk mengonsumsi makanan ini selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan sushi dan sashimi merupakan pantangan yang harus dihindari untuk Moms yang sedang hamil. Yang jelas seafood mentah atau seafood yang dimasak setengah matang bisa membahayakan janin karena makanan yang seperti ini terkadang masih memiliki cacing parasit di dalam dagingnya. Maka dari itu, sebaiknya Moms bisa menghindari untuk mengonsumsi kerang dan ikan mentah seperti yang biasanya terdapat di sushi dan sashimi.

Sebaiknya masaklah ikan yang akan dikonsumsi pada temperatur api minimal 63°C sampai matang sempurna. Masaklah lobster, kerang, dan udang hingga dgaingnya berubah warna putih susu. Dan jangan lupa juga untuk memasak kerang hingga cangkangnya terbuka lebar, ya!

Telur setengah matang

Cara agar cepat hamil adalah mengonsumsi makanan yang bergizi. Namun untuk Moms yang saat ini sedang hamil, maka Moms perlu menghindari untuk mengonsumsi telur setengah matang. Mengapa demikian? Umumnya telur setengah matang belum matang secara sempurna yang masih terdapat kandungan bakteri salmonella aktif, sehingga bisa menginfeksi Moms dan janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu yang membuat telur setengah matang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena berisiko membawa infeksi salmonella. Nah, infeksi ini nantinya bisa menyebabkan Moms muntah-muntah dan diare.

Susu yang tidak dipasteurisasi

susu untuk ibu hamil
Sumber: dairydesign.com

Susu memang merupakan minuman yang sehat. Untuk Moms yang sedang hamil memang harus meminum susu agar mencukupi kebutuhan kalsium, mineral, dan vitamin harian. Tetapi, susu hewani yang tidak dilakukan pasteurisasi termasuk sebagai minuman yang dilarang bagi Moms yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan susu yang tidak dipasteurisasi bisa menyebabkan keracunan karena kemungkinan saja masih terdapat bakteri.

Pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang, dan khamir dan suatu proses untuk memperlambatkan pertumbuhan mikroba pada makanan.

Hindarilah untuk meminum susu murni yang masih mentah yang belum dipasteurisasi, tidak hanya susu kambing saja, namun juga susu sapi. Karena bakteri yang ada di dalam susu tersebut dapat membahayakan janin. Namun susu yang tidak dilarang untuk dikonsumsi adalah susu yang sebelumnya telah melalui proses pasteurisasi.

Hati hewan

Makanan yang dilarang ibu hamil berikutnya adalah hati hewan. Nah, jeroan seperti hati sapi atau hati ayam juga termasuk sebagai makanan yang dilarang karena makanan ini mengandung tinggi vitamin A. Memang vitamin A ini baik untuk tubuh, namun ketika dikonsumsi secara berlebihan, maka hal ini bisa membahayakan janin. Untuk itu, sebaiknya Moms bisa membatasi mengonsumsi makanan ini semasa kehamilan.

Selain makanan-makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang disebutkan diatas, lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan untuk ibu hamil muda yang baik untuk janin.

Semoga dengan mengetahui makanan yang dilarang ibu hamil ini, Moms dapat menjaga kesehatan janin dengan baik lagi dan sehat sampai masa persalinan nanti.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Daftar Makanan Yang Dilarang Ibu Hamil, Harus Dihindari Ya Moms!"