Daftar Makanan Instan Sehat Untuk Bayi & Ibu Hamil Di Rumah

Waktu Baca: 6 menitMinggu, 30 Agustus 2020 12:10 WIB
Makanan Instan Sehat
Sumber: Freepik.com

Makanan instan menjadi pilihan banyak orang karena dianggap praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya. Bahkan saat ini sudah tersedia berbagai macam makanan instan yang bisa dibeli di supermarket dengan harga yang cukup terjangkau. Namun sayang, tidak semua makanan instan tersebut aman untuk dikonsumsi terutama bagi bayi dan ibu hamil. Hal ini disebabkan kandungan bahan pengawet yang terdapat di dalamnya tidak baik untuk tubuh.

Meskipun begitu, keterbatasan waktu dan cara memasak yang tidak ribet menjadi pilihan banyak orang untuk tetap mengkonsumsi makanan instan. Bagi Moms yang memiliki bayi atau sedang hamil ternyata masih boleh mengkonsumsinya, hanya saja makanan instan di sini berbeda dan tentu lebih sehat serta aman untuk dikonsumsi. Berikut daftar makanan instan sehat untuk bayi dan ibu hamil yang bisa Moms tiru di rumah.

1. Alpukat

makanan instan ibu hamil
Sumber: Freepik.com

Buah berwarna hijau ini cocok untuk dijadikan makanan instan ibu hamil karena mudah diolah menjadi berbagai bentuk makanan. Moms dapat memakannya secara langsung atau dijadikan salad, topping roti, dan juga smoothie atau jus tanpa tambahan susu. Tekstur alpukat yang lembut sangat ideal untuk dijadikan bubur bagi bayi yang baru belajar makanan atau sedang melakukan MPASI.

Alpukat banyak mengandung vitamin C, E, K, B, dan mineral yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Bahkan asam folat yang terkandung di dalamnya bermanfaaat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin. Kandungan kalori yang tinggi sangat baik diberikan untuk bayi dengan barat badan kurang atau menjaga berat badan bayi agar tetap sehat.

2. Oatmeal

makanan sehat ibu hamil
Sumber: Freepik.com

Siapa yang tidak kenal makanan satu ini, oatmeal banyak dipilih sebagai salah satu makanan yang menyehatkan dan mempunyai banyak nutrisi di dalamnya. Tidak heran jika oatmeal dapat dijadikan sebagai alternatif menu sarapan ataupun makanan sehari-hari. Oatmeal menjadi makanan sehat ibu hamil karena dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga membantu Moms dalam mencegah kenaikan berat badan secara berlebihan selama kehamilan.

Pemberian oatmeal untuk bayi usia 6 bulan dapat menjadi salah satu makanan padat pertama yang menyehatkan. Kandungan serat yang tinggi sangat baik memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, oatmeal tidak terlalu menimbulkan alergi sehingga aman untuk dikonsumsi bayi.

3. Jus Jeruk

makanan ibu hamil
Sumber: Freepik.com

Buah jeruk menjadi salah satu buah yang mudah sekali ditemukan tanpa mengenal musim. Cara menikmati buah jeruk salah satunya dengan dijadikan sebagai jus segar. Rasa mual yang dialami saat memasuki trimester pertama dapat dikurangi dengan mengkonsumsi jus jeruk. Kandungan air yang tinggi juga baik untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi selama masa kehamilan.

Buah jeruk terkenal akan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Setiap 1 buah jeruk berukuran sedang setidaknya mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Seperti yang kita ketahui, vitamin C sangat baik menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari flu dan batuk. Bagi bayi, sebaiknya berikan jus jeruk saat mereka berusia di atas 12 bulan atau 1 tahun untuk mencegah timbulnya reaksi buruk seperti ruam pada kulit.

4. Ubi

makanan instan sehat murah
Sumber: Freepik.com

Ubi atau ketela rambat dapat menjadi salah satu makanan instan sehat murah yang dapat ditemukan di mana saja. Ubi mengandung banyak vitamin A yang penting bagi ibu hamil dan janin. Menurut American Pregnancy Association, ibu hamil setidaknya harus mengkonsumsi 700 mg vitamin A setiap hari selama masa kehamilan. Sedangkan secangkir ubi mengandung setidaknya 1.922 km vitamin A. Vitamin A sendiri sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh pada janin, tentu dengan tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

Ubi sangat baik dikonsumsi sebagai makanan bayi berusia 6 bulan dan tidak akan menimbulkan alergi. Untuk bayi sebaiknya olah ubi dengan cara dikukus kemudian lumatkan hingga lembut agar mudah dan nyaman saat dimakan. Ubi bisa menjadi salah satu alternatif makanan padat terbaik saat MPASI.

5. Yogurt

makanan instan bayi
Sumber: Freepik.com

Siapa bilang yogurt hanya boleh dikonsumsi orang dewasa saja. Yogurt dapat menjadi makanan instan bayi menyehatkan karena mengandung probiotik yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan saluran cerna bayi. Apabila Moms masih ragu untuk memberikan yogurt di masa MPASI, Moms dapat memberikannya saat bayi berusia 9 bulan. Sangat dianjurkan untuk Moms memberikan yogurt tanpa pemanis (plain yoghurt) agar menghindari konsumsi gula berlebih pada bayi.

Untuk ibu hamil boleh mengkonsuminya, asalkan yogurt terbuat dari susu pasturisasi, tidak terlalu asam, tidak mengandung gula tambahan, rendah lemak, serta dikonsumsi tidak lebih dari 600 gram per hari. Agar tidak bosan, Moms bisa campurkan dengan buah-buahan segar sebagai pemanis alami.

6. Apel

makanan instan
Sumber: Freepik.com

Apel mengandung banyak sekali manfaat yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh hingga membantu mengurangi resiko terkena alergi pada anak di kemudian hari. Selama masa kehamilan, tubuh mengalami perubahan hormon, kekurangan asupan mineral hingga kenaikan berat badan yang dapat membuat ibu hamil rentan mengalami kram kaki.

Fosfor, yodium, mineral, dan zat besi yang terkandung di dalam apel sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan otot bayi. Sebagai MPASI, sebaiknya kupas kulit apel terlebih dahulu, kemudian kukus dan haluskan agar bayi mudah untuk mengkonsumsinya.

7. Kacang Hijau

makanan instan murah
Sumber: Freepik.com

Semua jenis kacang-kacangan menjadi sumber protein nabati yang sangat baik untuk tubuh, tak terkecuali untuk bayi dan ibu hamil. Bagi bayi yang kesulitan untuk mengunyah kacang dalam bentuk utuh, bubur kacang hijau dapat menjadi pilihan. Selain itu, kacang hijau juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bayi saat masih berada di dalam kandungan.

Semangkuk bubur kacang hijau dapat menjadi pengganjal perut sebelum memasuki jam makan. Cara menikmati kacang hijau tidak hanya dijadikan bubur saja. Moms dapat mengolahnya menjadi puding atau minuman sehat.

Itulah tadi beberapa daftar makanan instan sehat yang cocok dikonsumsi oleh bayi maupun ibu hamil. Pemilihan dan pengolahan bahan makanan yang tepat tentu memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Daftar Makanan Instan Sehat Untuk Bayi & Ibu Hamil Di Rumah"
related post
Daftar Makanan Yang Dilarang Ibu Hamil, Harus Dihindari Ya Moms!

Untuk Ibu hamil menjaga pola makan sangat penting, karena apapun makanan yang masuk lewat mulut ... Lanjut Baca

5 Permainan Di Rumah Yang Menyenangkan & Tidak Bosan Bersama Keluarga

Rasa jenuh dan bosan pasti akan dirasakan oleh semua orang. Mencari kegiatan atau suasana baru ... Lanjut Baca

4 Tips Membeli Peralatan Makan Bayi Yang Aman Sesuai Kebutuhan

Moms, bila asupan makanan si kecil sudah berhenti dari ASI, maka membeli peralatan makan bayi ... Lanjut Baca