Dads! Jika Motor Kebanjiran, Begini Cara Tepat Penanganannya!

Waktu Baca: 3 menitSelasa, 25 Februari 2020 10:00 WIB
Motor Kebanjiran
Sumber: iotomotif.com

Beberapa waktu belakangan, hujan deras terus turun hampir setiap hari yang menyebabkan beberapa daerah terendam oleh banjir hingga beberapa hari lamanya. Apakah daerah tempat tinggal Dads juga mengalami banjir yang merendam perumahan, kendaraan, serta semua yang ada? Mengalami bencana memang membuat syok. Apalagi setelah banjir, Dads pun harus membersihkan rumah dan lingkungan dari sisa banjir.

Tak lupa pula kendaraan yang juga harus dibersihkan bahkan diperbaiki jika mengalami kerusakan akibat banjir, seperti sepeda motor misalnya. Jika motor kebanjiran, maka untuk mencegah kerusakan yang parah pada mesin ada beberapa hal yang bisa Dads lakukan. Nah, langsung saja simak yuk Dads, cara mengatasi motor kebanjiran berikut ini.

1. Jangan Dulu Nyalakan Mesin Motor Sebelum Dibersihkan Dads

Motor Matic Kebanjiran
Sumber: gridoto.com

Setelah motor kebanjiran, mesin motor jangan langsung dinyalakan Dads. Cara menghidupkan motor kebanjiran yang tepat agar tidak menyebabkan kerusakan parah adalah dengan membersihkan motor secara keseluruhan lebih dulu, terutama bagian mesin. Saat terendam banjir, partikel kecil bisa saja masuk dan mengendap pada beberapa bagian mesin motor. Endapan ini jika tidak dibersihkan, saat dihidupkan bisa menyebabkan kerusakan dan membuat mesin menjadi aus lho, Dads. Jadi, setelah terendam banjir, lebih berhati-hati ya!

2. Cek Mesin Dan Karburator Motor, Apakah Masih Basah Atau Tidak

Mengatasi Motor Kebanjiran
Sumber: motorexpertz.com

Cara mengatasi motor kebanjiran berikutnya yang perlu Dads pahami adalah mengecek karburator motor. Ini merupakan salah satu bagian dari mesin motor yang bertugas dalam sistem pengabutan, yakni pemasukan bahan bakar ke dalam silinder. Jika karburator ini bermasalah, maka mesin motor pun tidak akan dapat menyala. Maka, setelah kebanjiran segera cek apakah karburator basah karena air atau tidak. Jika basah segera keringkan Dads, jika dibiarkan maka mesin bisa rusak karena air yang ikut terproses bersama bahan bakar.

3. Bersihkan Busi Yang Ikut Terendam Banjir

Jika Motor Kebanjiran
Sumber: ekspresia.com

Setelah karburator, busi pun juga harus segera Dads bersihkan dari sisa air dan endapan. Hal ini berlaku pada semua jenis motor Dads, baik motor manual maupun motor matic. Pada bagian busi motor ini terdapat arus listrik dan jika basah maka akan membuat motor sulit untuk dinyalakan. Karena itu pula, bagian ini sangat penting untuk dibersihkan dan dikeringkan agar mesin motor dapat menyala dan arus listrik pada motor bisa berfungsi dengan baik.

4. Segera Lakukan Penggantian Oli Mesin Setelah Motor Terendam Banjir

Cara Mengatasi Motor Kebanjiran
Sumber: pricebook.co.id

Oli pada kendaraan bermotor pun memiliki peran yang sangat penting. Jika mesin dinyalakan tanpa oli maka dipastikan mesin akan segera rusak, begitu juga jika oli sudah kotor karena tercampur dengan partikel lain. Saat terendam air banjir ada kemungkinan oli bercampur dengan air. Oleh karena itu, pasca motor kebanjiran Dads harus segera melakukan penggantian oli mesin secara menyeluruh jika genangan banjir yang merendam motor cukup tinggi.

5. Periksa Juga Bagian Kelistrikan Pada Motor Ya, Dads

Cara Menghidupkan Motor Kebanjiran
Sumber: melekotomotif.com

Dads pastinya tahu bukan, bahwa motor juga terdiri dari banyak bagian kelistrikan? Oleh sebab itu, pastikan juga bahwa bagian kelistrikan motor ini tidak ada masalah setelah sempat terendam air. Selama bagian kelistrikan motor masih bermasalah, sebaiknya motor tidak digunakan dulu Dads. Perbaiki dulu semua masalah kelistrikan pada motor jika memang mengalami kerusakan. Hal ini untuk menghindari terjadinya korsleting pada kelistrikan motor yang tentunya juga bisa membahayakan Dads.

6. Khusus Motor Matic, Periksa Juga Bagian CVT

Menangani Motor Kebanjiran
Sumber: gridoto.com

Pada motor matic, ada bagian mesin yang bernama CVT dan bagian ini tidak boleh kemasukan air Dads. Jika kemasukan air maka fungsi otomatis pada motor tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, jika motor matic kebanjiran Dads juga wajib memeriksa bagian ini. Jika Dads kurang paham untuk memeriksa bagian ini ataupun bagian lainnya, bisa minta bantuan orang yang ahli soal permesinan motor ini.

7. Rem Motor Juga Tidak Kalah Penting Untuk Diperiksa Dads!

Rem Motor Kebanjiran
Sumber: ekspresia.com

Satu lagi bagian motor yang harus segera diperiksa setelah kebanjiran adalah rem. Saat terendam oleh banjir, masalah umum yang terjadi pada kendaraan adalah rem yang terkunci akibat permukaan tromol menempel pada kampas rem yang basah. Karena itu Dads juga harus membersihkan dan mengeringkan kampas rem dan ruangan tromol ini. Setelah itu pastikan bahwa rem dapat berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah ya Dads. Hal ini juga berlaku pada mobil yang terendam oleh banjir.

Itulah beberapa cara menangani motor terendam banjir yang penting untuk Dads lakukan. Dengan memahami cara penanganan yang tepat maka kerusakan pada motor bisa diminimalisir. Jadi, sekarang Dads sudah tahu kan, apa saja yang harus dilakukan pada motor yang kebanjiran? Jangan lupa juga untuk berbagi ilmu dan pengalaman di sini ya Dads, terkait masalah motor yang terendam banjir. Barangkali Dads juga punya tips bermanfaat lainnya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Dads! Jika Motor Kebanjiran, Begini Cara Tepat Penanganannya!"