Dads, Ini 7 Tips Kompak Bersihkan Rumah Bersama Keluarga. Coba Yuk?

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 02 Agustus 2019 11:00 WIB
Tips Kompak Bersihkan Rumah Bersama Keluarga
Sumber: Yandex.com

Membersihkan rumah tidak selamanya terasa melelahkan dan membosankan lho, Dads. Kalau dikelola dengan baik pasti akan terasa lebih mudah dan menyenangkan, apalagi kalau dikerjakan bersama anggota keluarga, pasti jadi semakin seru! Tahukah Dads bahwa mengajak anggota keluarga membersihkan rumah bersama juga memiliki banyak manfaat?

Selain rumah menjadi bersih dan sehat serta nyaman untuk ditinggali, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang membangun kekompakan anggota keluarga. Tapi, sebelum mengajak Moms dan si kecil melakukan pekerjaan rumah bikin keluarga kompak ini di akhir pekan, Dads harus tahu dulu beberapa tips kompak bersihkan rumah bersama agar kegiatan ini terasa menyenangkan. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk simak ulasan berikut ini agar Dads bisa segera menerapkannya.

1. Membagi Pekerjaan Kepada Setiap Anggota Keluarga

Tips Kompak Bersihkan Rumah Membagi Pekerjaan
Sumber: Yandex.com

Tips pertama yang bisa Dads coba yaitu membagi pekerjaan kepada setiap anggota keluarga yang ada secara adil. Artinya pekerjaan yang dibebankan harus sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jangan sampai pekerjaan yang diberikan terlalu berat, hasilnya bukan menjadi kompak tapi malah membuat mood menjadi buruk.

Pembagian pekerjaan dapat dilakukan dengan menyesuaikan terhadap usia dari setiap anggota keluarga. Untuk anak berusia 6 sampai 13 tahun ajak mereka untuk mencuci piring atau membersihkan taman. Bahkan anak yang masih usia balita juga sebaiknya dilibatkan, Dads. Beri saja pekerjaan yang ringan seperti merapikan mainan atau membantu menata buku.

2. Meminta Bantuan Dengan Cara Yang Sopan

Tips Kompak Bersihkan Rumah Minta Bantuan Dengan Sopan
Sumber: Yandex.com

Salah satu hal yang membuat pekerjaan membersihkan rumah tidak berjalan lancar adalah saat meminta bantuan kepada Moms yang sedang lelah dan si kecil yang biasanya merasa malas diajak melakukan kegiatan ini. Saat mood sedang tidak baik seseorang cenderung emosian dan mengomel. Cobalah untuk mengajak dan membujuk dengan cara yang sopan dan lembut.

Karena jika Dads memintanya secara lembut dan pelan-pelan, pasti akan terbersit rasa kasihan di benak mereka. Sebaliknya jika meminta bantuan dengan cara marah, siapapun yang mendengarnya pasti merasa kesal. Alih-alih mendapat bantuan, Dads mungkin juga tidak mendapat bantuan yang dibutuhkan. Ingatlah anak juga meniru apa yang Dads lakukan, lho.

3. Merapikan Tempat Tidur Masing-Masing

Tips Kompak Bersihkan Rumah Merapikan Tempat Tidur Masing-Masing
Sumber: Yandex.com

Sampaikan kepada setiap anggota keluarga bahwa kebersihan kamar tidur menjadi tanggung jawab setiap penghuninya, contohnya adalah tempat tidur. Setiap anggota keluarga yang memiliki kamar mempunyai tanggung jawab penuh terhadap kebersihan tempat tidurnya, Dads. Misalnya saja si kecil yang mengandalkan Moms untuk merapikan kamarnya setiap hari.

Anak-anak kalau dibiasakan tidak berbenah sendiri, maka kebiasaan seperti ini pasti akan terbawa hingga mereka dewasa sehingga membuatnya tidak mandiri. Dengan menerapkan tanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian kamar masing-masing, maka si kecil pun pasti akan terpacu untuk berberes jika hanya kamarnya seorang yang kotor dan tidak rapi.

4. Disiplin Meletakkan Pakaian Kotor

Tips Kompak Bersihkan Rumah Disiplin Meletakkan Pakaian Kotor
Sumber: Yandex.com

Pakaian kotor juga kerap menjadi masalah dalam menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Pasalnya beberapa anggota keluarga sering bersikap masa bodoh terhadap pakaiannya. Misalnya pulang sekolah langsung melepas seragam dan membiarkannya tergeletak di sofa. Kalau sudah begini kan urusannya bisa jadi ribet ya, Dads.

Daripada hanya salah satu anggota keluarga yang membereskan pakaian tersebut, lebih baik terapkan peraturan untuk disiplin meletakkan pakaian kotor. Dads bisa menyiapkan keranjang khusus untuk menyimpan pakaian kotor. Hal ini semakin bagus diterapkan jika anak-anak masih kecil. Dads cukup memberinya contoh dan mereka akan merekamnya.

5. Memberikan Penghargaan

Tips Kompak Bersihkan Rumah Memberi Penghargaan
Sumber: Yandex.com

Siapapun pasti merasa senang jika mendapatkan penghargaan, terutama si kecil yang sedang bersemangatnya untuk berkompetisi. Walaupun pekerjaan rumah merupakan suatu kewajiban setiap anggota keluarga, tetapi tidak ada salahnya memberikan penghargaan jika mereka berhasil menyelesaikannya dengan baik. Satu hal yang perlu Dads catat, yakni penghargaannya jangan sampai terlalu berlebihan.

Selain membuat anggota keluarga merasa senang dan dihargai, hal ini juga dapat membuat keluarga lebih kompak. Contoh paling sederhana untuk dilakukan, yaitu memberi pujian dan memberikan hadiah kecil. Dads juga bisa mengajak mereka jalan-jalan sebagai reward atas apa yang dilakukannya selama ini. Bahkan sekadar ucapan terima kasih juga sangat berarti lho, Dads. Sederhana, tetapi berkesan!

6. Tidak Masalah Menyiapkan Hukuman Yang Wajar

Tips Kompak Bersihkan Rumah Menghukum Wajar
Sumber: Yandex.com

Seperti yang telah disebutkan bahwa membersihkan rumah merupakan tanggung jawab setiap anggota keluarga tanpa terkecuali. Oleh sebab itu ketika sudah ada pembagian pekerjaan yang diterapkan atau ketika sedang membersihkan rumah bersama-sama, tetapi ada salah satu anggota keluarga yang tidak turut serta, maka hukuman yang wajar dapat menjadi jatahnya.

Meskipun begitu, Dads juga harus mengingat bahwa hukuman yang diberikan sewajarnya saja. Jika anak-anak yang melakukan pelanggaran, hukumannya cukup tidak boleh nonton TV atau tidak mendapat uang jajan tambahan. Begitupun kalau yang melanggarnya adalah Dads sendiri, juga harus dihukum seperti tidak boleh menyantap makanan favorit keluarga.

7. Lakukan Bersama-Sama

Tips Kompak Bersihkan Rumah Membersihkan Bersama
Sumber: Yandex.com

Setiap pekerjaan kalau dilakukan secara bersama-sama pasti menyenangkan dan terasa lebih ringan. Poin plus juga membuat keluarga lebih kompak. Dibanding mengerjakan sendiri-sendiri, cobalah untuk melakukannya secara bersama. Misalnya, pada hari libur semua anggota keluarga harus turun tangan membersihkan. Percaya deh, Dads, mereka pasti senang melakukan hal ini. Jangan lupa juga untuk membagi pekerjaan kepada setiap anggota keluarga. Jadi, ketika semua orang bekerja, pasti yang lain tidak akan merasa iri. Justru yang ada mereka lebih terpacu dan bersemangat untuk menyelesaikan tugasnya.

Nah itulah 7 tips kompak bersihkan rumah yang harus Dads terapkan di rumah jika mendambakan hunian yang nyaman, bersih dan sehat. Kalau Dads memiliki pertanyaan, pengalaman pribadi, atau tips lainnya seputar membangun kekompakan keluarga, jangan lupa untuk meninggalkannya di kolom komentar, ya. Semoga bermanfaat, Dads!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Dads, Ini 7 Tips Kompak Bersihkan Rumah Bersama Keluarga. Coba Yuk?"
related post
Peralatan MPASI Untuk Bayi Setelah Moms Tidak Menyusui Lagi

Apabila usia bayi sudah mendekati 6 bulan, Moms sudah perlu segera mempersiapkan peralatan MPASI, nih! ... Lanjut Baca

5 Cara Berhubungan Intim Yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Berhubungan suami istri sekarang tak hanya merupakan sebuah keinginan saja, melainkan juga menjadi sebuah kebutuhan ... Lanjut Baca

4 Tips Membeli Peralatan Makan Bayi Yang Aman Sesuai Kebutuhan

Moms, bila asupan makanan si kecil sudah berhenti dari ASI, maka membeli peralatan makan bayi ... Lanjut Baca