Cryptocurrency Bitcoin Lagi Trend, Apa Sebenarnya Cryptocurrency Itu?

Waktu Baca: 6 menitSabtu, 03 Juli 2021 10:29 WIB
Cryptocurrency
Sumber: freepik

Seiring berkembangnya zaman, trend keuangan juga mengalami perubahan. Jika dahulu orang senang melakukan pembayaran menggunakan uang tunai, kini segala bentuk transaksi dapat menggunakan uang digital. Berbicara mengenai uang digital ternyata saat ini juga sudah tersedia mata uang digital bernama cryptocurrency.

Tidak sedikit orang yang tertarik memiliki uang digital crytocurrency sebab dianggap praktis terutama dalam melakukan transaksi virtual. Bahkan tidak sedikit yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai lahan investasi, selain itu belajar investasi saham untuk masa depan. Meskipun begitu ternyata masih banyak orang belum mengetahui apa itu cryptocurrency. Tenang kali ini Happinet Indonesia akan menjelaskan cryptocurrency beserta kelebihan dan kekurangannya. Yuk disimak!

Pengertian Cryptocurrency

cryptocurrency adalah
Sumber: freepik

Sebelum mengetahui pengertian cryptocurrency, HappyFams harus tahu jika cryptocurrency berasal dari kata "cryptography" yang berarti kode rahasia dan "currency" yakni mata uang. Dapat disimpulkan jika cryptocurrency adalah mata uang digital yang digunakan untuk melakukan transaksi secara virtual dalam jaringan internet.

Tidak heran di dalam cryptocurrency membutuhkan kode atau sandi rahasia yang terbilang rumit. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebocoran info serta menjaga keamanan mata uang tersebut. Perlu HappyFams ketahui juga jika cryptocurrency bersifat desentralisasi, artinya tidak ada pihak yang terpusat berperan sebagai perantara saat melakukan transaksi. Pembayaran dilakukan secara langsung dari pengirim ke penerima atau dikenal dengan istilah peer to peer.

Meskipun demikian semua transaksi yang terjadi tetap tercatat serta dipantau di dalam sistem jaringan cryptocurrency. Dalam hal ini peran penambang cryptocurrency atau cryptocurrency mining sangat diperlukan. Tentunya penambang cryptocurrency mendapat komisi berupa uang digital yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi apapun.

BACA JUGA:

Karakteristik Cryptocurrency

Tentunya cryptocurrency mempunyai karakterisitik yang berbeda dibandingkan dengan jenis mata uang lainnya. BitDegree menjelaskannya sebagai berikut:

1. Global

Penggunaan cryptocurrency sama di setiap negara di dunia. Oleh karena itu, segala bentuk transaksi dapat dilakukan secara bebas antarnegara tanpa berpengaruh terhadap kurs.

2. Digital

Karena cryptocurrency merupakan mata uang digital yang hanya berlaku pada jaringan internet. Maka uang ini tidak dapat hadir dalam bentuk fisik di dunia nyata.

3. Peer to Peer

Cryptocurrency dapat digunakan untuk melakukan transaksi antara satu orang ke orang lain dengan cara online.

4. Ter-enkripsi

Setiap pengguna crypto pasti mempunyai kode tersendiri saat melakukan transaksi menggunakan cryptocurrency. Saat melakukan transaksi, pengguna tidak dapat melihat transaksi dilakukan oleh siapa, sebab nama yang tercantum bukan nama asli. Terlebih tidak ada aturan apapun mengenai siapa yang dapat menggunakan cryptocurrency dan digunakan untuk apa.

5. Truthless

Penting untuk diketahui jika menggunakan cryptocurrency pengguna tidak perlu percaya kepada siapapun di dalam sistem.

6. Terdesentralisasi

Dalam dunia cryptocurrency tidak ada bank atau pihak penengah. Dengan kata lain setiap pengguna mempunyai tanggung jawab terhadap uang mereka sendiri.

Jenis-Jenis Cryptocurrency

cryptocurrency bitcoin
Sumber: freepik

Diperkirakan cryptocurrency hari ini ada lebih dari 2.200 jenis yang telah diperdagangkan secara publik. Beberapa diantaranya termasuk jenis yang populer dan banyak orang menggunakannya untuk melakukan transaksi.

1. Bitcoin (BTC)

Cryptocurrency bitcoin adalah jenis mata uang digital pertama di dunia dan hingga saat ini masih sangat populer. Bitcoin pertama kali muncul pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Uniknya hingga saat ini tidak ada yang mengetahui apakah Satoshi Nakamoto merupakan nama orang, perusahaan, atau kelompok dan dari mana asalnya. Diperkirakan ada lebih dari 60% cryptocurrency merupakan bitcoin.

2. Litecoin

Litecoin juga menjadi cryptocurrency yang muncul pada awal uang digital dikeluarkan, tepatnya pada tahun 2011 sebagai mata uang digital peer to peer dengan menghasilkan blok baru yakni blockchain dengan kecepatan tinggi.

3. Cardano

Cardano menjadi cryptocurrency bukti kepemilikian Ouroboros yang telah dibuat menggunakan pendekatan berbasis penelitian oleh para ahli matematika, insinyur, dan pakar kriptografi. Cryptocurrency ini menggunakan blockchain (jaringan rantai blok) melalui eksperimen ekstensif dan penelitian peer-review.

Pada tahun 2021 bulan Januari, Cardano mempunyai kapitalisasi pasar sebesar 9,8 miliar AS dengan nilai satu koin (ADA) diperdagangkan sebesar US$ 0,31.

4. Bitcoin Cash

Cryptocurrency baru diluncurkan sekitar bulan Agustus 2017 dan telah masuk sebagai salah satu mata uang digital popular di dunia. Peluncuran Bitcoin Cash diputuskan setelah sekelompok pengguna Bitcoin tidak setuju dengan aturan yang ditetapkan di Bitcoin.

Hingga akhrinya terpisah dan membuat mata uang digital sendiri. Kelompok tersebut melakukan improvisasi dan mengklaim jika mereka lebih baik dibandingkan dengan Bitcoin.

5. Tokenomy

Tokenomy adalah cryptocurrency Indonesia yang dirancang berdasarkan pada teori insentif kepada pada pengguna token seperti pelanggan, pemasok, dan promotor atau sponsor token. Platform milik Tokenomy bernama Tokenomy Launchpad, menyediakan transformasi lebih sederhana dari setiap penawaran berharga untuk diubah menjadi token blockchain.

6. ANA Coin

ANA Coin merupakan cryptocurrency buatan Indonesia yang diluncurkan pada 6 Juli 2018 dengan total suplai koin sebanyak 200.000.000. Cryptocurrency dibuat dengan menggunakan jaringan Blockchain Ethereum berbasis ERC20. Rekeningku.com menjadi salah satu marketplace Indonesia yang dapat menggunakan ANA Coin untuk melakukan transaksi.

Kelebihan Dan Kekurangan Cryptocurrency

Keberadaan cryptocurrency tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

KELEBIHAN Cryptocurrency

1. Cepat

Transaksi menggunakan cryptocurrency termasuk cepat jika dibandingkan dengan transaksi yang dilakukan oleh bank. Apabila transfer antar bank internasional membutuhkan waktu lebih dari satu hari, namun dengan menggunakan cryptocurrency hanya membutuhkan waktu beberapa menit hingga satu jam saja.

2. Universal

Tidak ada syarat apapun untuk menjadi pengguna cryptocurrency. Sehingga siapapun memiliki kesempatan menggunakan cryptocurrency di manapun mereka berada.

3. Transparasi

Setiap pengguna cryptocurrency dapat melihat semua transaksi yang pernah dilakukan. Namun tentunya hanya berbentuk angka tanpa identitas siapa yang telah melakukan transaksi.

4. Kontrol Pribadi

Masing-masing pengguna cryptocurrency memiliki tanggung jawab atas uang digital yang dimilikinya.

KEKURANGAN Crptocurrency

1. Menjaga Akun Sendiri

Sekali lupa password, semua uang yang terdapat pada salah satu platform cryptocurrency dapat hilang. Hal ini disebabkan karena pada cryptocurrency menggunakan sistem password tanpa ada pihak yang mengatur.

2. Peluang Bagi Penjahat

Tidak ada seorangpun tahu siapa yang berada dibalik kode cryptocurrency. Tidak heran banyak pihak menjadikan mata uang digital ini sebagai tempat melakukan kejahatan. Transaksi untuk barang atau hal ilegal dengan menggunakan mata uang ini tidak dapat dilacak.

3. Belum Dipercaya

Masih banyak orang yang tidak percaya dan menganggap cryptocurrency ilegal dan tidak berlaku untuk melakukan transaksi jual-beli di negara.

Nah, HappyFams itulah tadi informasi mengenai cryptocurrency. Tertarik untuk memilikinya? Jika ragu HappyFams dapat tanyakan kepada profesional untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai cryptocurrency. Namun sebelum mulai, pastikan HappyFams sudah menentukan apa tujuan investasi yang diharapkan untuk di kemudian hari.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cryptocurrency Bitcoin Lagi Trend, Apa Sebenarnya Cryptocurrency Itu?"