Cerita Asal Mula Rasi Bintang Zodiak Menurut Mitologi Yunani Kuno

Waktu Baca: 5 menitSenin, 07 September 2020 12:25 WIB
sejarah-zodiak-yunani-kuno
Sumber: pixabay.com

Rasi bintang atau yang banyak dikenal dengan nama Zodiak bagi masyarakat Yunani merupakan sesuatu yang cukup sakral. Kerena menurut mereka zodiak-zodiak ini merupakan jelmaan dari dewa-dewa pada zamannya. Sehingga dari masing-masing zodiak memiliki cerita sejarah asal mulanya yang cukup menarik bila diikuti.

Pada perkembangannya zodiak pada ilmu astronomi, merupakan pemetaan bintang-bintang di angkasa yang digunakan sebagai alat petunjuk arah. Bukan hanya petunjuk arah pada perkembangannya juga ada digunakan pada bidang pertanian, navigasi, mitologi bahkan agama.

Nah disini Happinest Indonesia mencoba untuk membahas cerita asal mula zodiak menurut mitologi Yunani kuno, yuk disimak!

Capricorn - Zodiak Lambang Kambing

zodiak capricorn
sumber: pixabay.com

Sobat Capricorn yang lahir 22 Desember - 19 Januari harus tahu banget kenapa simbol dari Zodiak ini kambing jantan. Jadi dahulu Zeus dititipkan oleh ibunya saat ia baru saja lahir, ke peri kambing bernama Amaltheia untuk mengasuh Zeus karena takut suaminya Krono akan memakan anaknya bila ia marah.

Zeus dibesarkan Amaltheia dengan penuh kasih sayang. Setelah Zeus menjadi raja dari para dewa, Zeus mengubah tanduk Amaltheia menjadi tanduk yang dapat memberikan segalanya, dan mengabadikan sosok Amaltheia dalam rasi bintang konstelasi Capricorn.

Aquarius - Zodiak Orang Menuang Air

zodiak aquarius
sumber: pixabay.com

Pasti tahu dong kalu Aquarius itu lambangnya orang menuangkan air. Ternyata mitoogi di balik ini adalah, jadi dahulu pangeran tampan bernama Ganymedes diculik oleh dewa Zeus. Sedangkan Zeus merekrut Ganymedes menjadi juru minum pribadinya.

Setelah itu Ganymedes merasa muak dan menuangkan seluruh air, ambrosia, dan anggur yang ada sehingga terjadilah hujan yang tidak berkesudahan. Nah karena merasa bersalah atas tindakannya Zeus memberi tempat untuknya pada Zodiak Aquarius deh.

Pisces - Zodiak Lambang Dua Ikan

zodiak pisces
sumber: pixabay.com

Kali ini lambang ikan di Zodiak Pisces berangkat dari jasanya untuk Dewi Cinta dan kecantikan Aphrodite dan Dewa Eros.

Saat itu ada seorang monster yaitu, Typhon yang mengajak perang. Maka seluruh Dewa menyamarkan dirinya loh untuk menyerang Typhon, Nah Dewi Aphrodite dan Dewa Eros menyelam ke dalam laut dan mengambil 2 ikan, untuk memberikan rasa terima kasihnya ia menempatkan ikan di rasi bintang sebagai Zodiak Pisces.

Eh tahu gak, ternyata Piscess itu merupakan zodiak paling romantis dari semua zodiak yang ada.

Aries - ...

Halaman: 1234

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cerita Asal Mula Rasi Bintang Zodiak Menurut Mitologi Yunani Kuno"