Cemilan Sehat Kekinian Untuk Diet Tapi Enak & Tidak Bikin Badan Gemuk

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 15 November 2020 09:28 WIB
Cemilan Sehat
Sumber: freepik

Siapa yang tidak suka dengan cemilan. Makanan ringan tersebut selalu hadir di setiap situasi dan tidak sulit untuk menemukannya. Namun bagi orang yang sedang menjalankan diet penurunan berat badan, cemilan menjadi hal yang harus dihindari. Sebenarnya saat sedang diet sekalipun seseorang masih diperbolehkan untuk menikmati cemilan. Hanya saja cemilan yang dikonsumsi bukan sembarang cemilan.

Cemilan ini haruslah bergizi, sehat dan yang terpenting tidak mengandung tinggi kalori. Penting bagi yang sedang berdiet mengetahui hal ini. Jika tidak bukan berat badan ideal yang diinginkan, justru sebaliknya. Lalu apa sajakah cemilan sehat kekinian yang enak dan tidak membuat badan gemuk?

Berikut ini beberapa daftar cemilan sehat yang bisa HappyFams pilih yang tentunya enak dan sehat.

1. Pisang Dan Selai Kacang

cemilan sehat untuk diet
Sumber: Freepik.com

Kombinasi antara pisang dan selai kacang ini dapat menjadi alternatif pilihan cemilan sehat untuk diet. Bahkan beberapa penelitian menyatakan jika cemilan ini dapat membantu seseorang menahan nafsu makan sepanjang siang atau bahkan sebelum memasuki jam makan siang.

Perlu diketahui bahwa pisang mengandung sumber karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Sedangkan di dalam selai kacang terdapat sejumlah protein yang baik guna menjaga tubuh agar tidak cepat kehilangan energi selama beberapa jam ke depan.

Dengan kata lain kombinasi keduanya dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Namun ada hal yang harus diperhatikan yakni pastikan untuk menggunakan selai kacang bebas gula.

Untuk menikmatinya cukup mudah, ambil satu buah pisang kemudian potong-potong lalu oleskan dengan satu sendok makan selai kacang. Sangat mudah bukan?

2. Blueberry

cemilan untuk diet
Sumber: Freepik.com

Buah kecil berwarna ungu yang masuk ke dalam keluarga beri ini tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Selain kaya akan vitamin C dan serat, blueberry juga tinggi anti oksidan yang tentu sangat baik untuk tubuh terutama dalam mencegah kanker.

Blueberry tidak hanya dapat dinikmati secara langsung, namun juga dapat diolah menjadi bentuk cemilan untuk diet yang enak dan menyehatkan. Bagi HappyFams yang sedang melakukan diet, campuran oatmeal dengan blueberry tidak hanya untuk sarapan saja, namun juga baik untuk menjadi cemilan yang dapat dimakan kapan saja.

Oatmeal mengandung serat tinggi dan juga baik dalam mengatur kadar gula darah. Sedangkan blueberry tidak hanya sebagai penambah rasa manis alami, terdapat kandungan vitamin C yang terbukti mampu meningkatkan sistem imun.

Cara menikmati blueberry lainnya dengan dijadikan sebagai smoothie segar. HappyFams cukup mencampurkan blueberry yang telah dibekukan sebelumnya, kemudian haluskan menggunakan blender bersamaan dengan yogurt tanpa rasa. Minuman ini sangat mudah dibuat dan tentunya menyehatkan.

3. Apel

cemilan sehat ibu hamil
Sumber: Freepik.com

Banyak ahli kesehatan dan gizi menyarankan untuk mengkonsumsi apel setiap hari. Buah ini tidak sulit untuk ditemukan. Rasanya manis dengan sedikit asam, namun tetap memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk tubuh, terutama bagi wanita hamil.

Ketika hamil, kebutuhan serat pada tubuh mengalami peningkatan menjadi 30 gram per hari dan apel dapat menjadi salah satu cemilan sehat ibu hamil yang dapat dipilih. Bahkan untuk ibu hamil yang sedang mengalami mual di trimester pertama, diperbolehkan untuk mengkonsumi buah ini.

Dalam satu buah apel berukuran sedang memiliki lebih dari 4 gram serat dan 95 kalori. Bentuknya yang pas dan mudah dibawa membuat apel cocok menjadi cemilan yang dapat dikonsumsi di manapun dan kapan saja.

4. Yoghurt

cemilan sehat untuk anak
Sumber: Freepik.com

Yoghurt sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Produk olahan yang berasal dari susu ini kaya akan protein dan juga kalsium, sehingga sangat baik sebagai salah satu cemilan sehat untuk anak.

Seperti yang diketahui, kalsium sangat penting diperlukan bagi anak-anak yang sedang memasuki masa pertumbuhan. Tidak hanya itu saja, kandungan bakteri baik yang terdapat di dalamnya mampu menjaga sistem pencernaan dan juga metabolisme tubuh.

Saat ini banyak tersedia berbagai macam rasa yoghurt yang dapat dipilih sesuai selera. Akan tetapi ada baiknya pilih yoghurt dengan kandungan gula rendah atau tidak ada rasa. Cara menikmati yoghurt tanpa rasa sangat mudah, HappyFams dapat menjadikannya sebagai saus untuk salad buah untuk membuat cemilan kekinian yang tentunya sehat. Cara lain menikmatinya dengan mencampurkannya dengan selai buah favorit.

5. Edamame

cemilan sehat untuk dewasa
Sumber: Freepik.com

Edamame atau kacang kedelai jepang ternyata sangat baik untuk dijadikan sebagai cemilan sehat untuk dewasa. Tidak sulit menemukan edamame karena saat ini sudah banyak dijual di berbagai supermarket dalam keadaan beku.

Tidak hanya mengandung protein saja, ternyata edamame juga mengandung serat yang baik untuk tubuh terutama bagi seseorang yang sedang menjalani diet. Selain itu edamame kaya akan zat besi, magnesium, dan juga kalium.

Mengolah edamame tidaklah sulit, cukup merebusnya hingga matang dan jadikan edamame ini sebagai cemilan di sela-sela jam makan, HappyFams.

Itulah tadi beberapa cemilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh semua orang termasuk orang yang sedang menjalani diet sekalipun. Yang terpenting adalah tetap jaga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dan jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Sudah saatnya bagi HappyFams mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Selamat mencoba!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cemilan Sehat Kekinian Untuk Diet Tapi Enak & Tidak Bikin Badan Gemuk"