Cara Penularan Dan Pencegahan Corona Virus Yang Benar (Bukan Hoax)

Waktu Baca: 4 menitRabu, 04 Maret 2020 15:00 WIB
Pencegahan Virus Corona
Sumber: Freepik.com

Happinest.id - Saat ini dunia sedang waspada dalam menghadapi serangan virus corona yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Penyebaran virus sangat cepat, bahkan dalam jangka waktu 2 hingga 3 bulan telah menyebar hingga ke lebih dari 30 negara, termasuk negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia dan Singapura.

Pemberitaan mengenai Covid-19 atau virus corona kian hari semakin ramai diperbincangkan, semakin menarik setelah pemerintah mengumumkan bahwa untuk pertama kalinya di Indonesia terdapat dua pasien warga Indonesia positif virus corona. Tentunya, hal ini membuat banyak pihak semakin khawatir terhadap persebaran virus corona di Indonesia. Lalu, sebenarnya apa itu virus corona dan bagaimana penyebarannya?

Mengenal Virus Corona Atau Covid-19

penyebab corona virus
Sumber: Freepik.com

Covid-19 atau virus corona merupakan virus yang mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan bagian bawah atau paru-paru yang dikenal dengan nama pneumonia. Virus corona termasuk virus RNA terbesar dengan ukuran sekitar 100 – 125 nμ (nano mikro) dan memiliki banyak jenis serta ditemukan pada hewan. Sebenarnya, virus corona sudah ada sejak tahun 1950, yang saat itu menyebabkan penyakit bronkhitis pada ayam, sedangkan pada manusia hanya mengakibatkan batuk pilek biasa saja.

Seiring berjalannya waktu, virus corona mengalami mutasi dan berevolusi. Dan hal yang menjadi penyebab corona virus dapat bermutasi adalah karena virus mempunyai rantai RNA tunggal, sehingga dapat berubah menjadi sebuah virus yang mematikan, terutama bagi manusia. Hingga saat ini, belum ditemukan obat spesifik, ataupun vaksin pencegahan virus corona.

Ditelusuri dari sejarah munculnya virus corona, pada awalnya Covid-19 disebut sebagai 2019-nCov, yang merupakan singkatan dari Novel Corona Virus tahun 2019. Novel sendiri memiliki arti baru, sedangkan Corona adalah bentuk dari virus yang terlihat bulat dengan lingkaran luar (corona), tahun 2019 merupakan tahun virus ini ditemukan. Hingga akhirnya, WHO mengubah namanya menjadi Covid-19 yang merupakan singkatan dari Corona Virus Disease 2019.

Cara Penularan Corona

cara penularan corona
Sumber: Freepik.com

Menurut pemerintah China, persebaran virus corona berawal dari hewan ke manusia, sebab orang pertama terserang virus ini adalah pedagang yang berjualan di pasar ikan Wuhan. Pengamatan terus dilakukan dan menemukan bahwa persebaran virus corona antara manusia mungkin terjadi. Hal inilah yang menyebabkan virus corona dapat mudah menyebar hingga ke beberapa negara di luar China.

Dikutip dari A Handbook of 2019-nCov Pneumonia Control and Prevention, ternyata cara penularan corona antara manusia dapat terjadi dengan 5 cara, berikut penjabarannya.

1. Penyebaran Melalui Cairan
Air dapat menjadi media persebaran virus dari pasien ke orang lain yang berada pada jarak satu meter. Air yang dimaksud disini adalah cairan yang berasal dari tubuh penderita, yang keluar saat berbicara, bersin, maupun batuk.

2. Penyebaran Secara Kontak
Virus corona dapat menyebar jika melakukan kontak langsung melalui kulit atau selaput lendir seperti lidah, luka terbuka, dan mata. Persebaran virus juga dapat dilakukan melalui darah yang masuk ke dalam tubuh seseorang (transfusi) atau bila terkena selaput lendir.

3. Persebaran Melalui Hewan
Seseorang yang melakukan kontak dengan cara mengolah, menjual, hingga mendistribusikan hewan liar yang terbukti membawa virus corona di dalam tubuhnya. Maka, orang tersebut dapat terserang virus corona.

4. Terjadi Kontak Dekat Dengan Pasien
Orang-orang yang berada di dekat pasien virus corona, seperti keluarga, orang lain yang tinggal serumah, petugas medis, ataupun orang yang sempat melakukan kontak dengan pasien.

Moms juga harus tahu jika virus corona mempunyai kemampuan bertahan selama 5 menit hingga 9 hari saat menempel pada benda mati. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian terhadap virus corona SARS dan MERS yang dapat bertahan hidup lebih lama jika benda tersebut tidak didisinfektan. Tidak heran, jika banyak orang akan mudah terserang virus corona saat menyentuh permukaan benda yang telah terkontaminasi.

Orang sehat dan tidak berdekatan dengan pasien virus corona juga dapat terserang virus ini jika menyentuh benda yang kemungkinan telah terkontaminasi seperti handle pintu, tombol lift, uang dan lain sebagainya. Kemudian, secara tidak sengaja tangan tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut. Orang tersebut dapat dipastikan sudah terpapar virus corona.

Cara Pencegahan Corona Virus

mencegah virus corona
Sumber: Freepik.com

Merebaknya corona virus membuat sebagian besar warga Indonesia panik dan khawatir. Tenang dulu Moms, beberapa cara mencegah corona virus ini bisa ditiru agar keluarga dapat terhindar dari virus ini, mari simak!

1. Selalu Cuci Tangan

Mencegah virus corona paling mudah, yaitu dengan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan tidak hanya dilakukan sebelum dan setelah makan saja, namun juga setelah berpergian ke tempat umum, dan memegang benda kotor lainnya. Disarankan untuk mencuci tangan selama kurang lebih 30 detik agar virus dan bakteri mati.

2. Hindari Menyentuh Wajah

Terkadang secara tidak sadar kita menyentuh wajah menggunakan tangan, baik wajah sendiri maupun orang lain. Padahal, kita tidak tahu apakah tangan tersebut bersih atau tidak. Usahakan untuk selalu membersihkan tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan antiseptik berbahan dasar alkohol.

3. Menggunakan Masker

Masker memang menjadi barang paling banyak dicari karena menjadi pelindung tubuh dari virus dan bakteri yang mungkin dapat terhirup. Namun, beberapa ahli kesehatan justru menyarankan bahwa masker hanya diperuntukkan bagi orang sakit agar virus tidak menyebar kepada orang lain yang berada di sekitarnya. Masker juga harus dalam kondisi baik dan bersih, namun jika sudah digunakan lebih dari 8 jam sebaiknya buang segera.

4. Menghindari Perjalanan Ke Luar Negeri

Tidak melakukan perjalanan ke luar negeri bisa menjadi cara mencegah corona virus masuk ke Indonesia. Sebaiknya, perhatikan selalu peringatan dari pemerintah mengenai larangan berpergian ke luar negeri, terutama ke negara yang telah terbukti terdapat kasus virus corona.

5. Selalu Menjaga Lingkungan Dan Atur Gaya Hidup

Menjaga lingkungan sekitar agar selalu bersih bisa membantu dalam mencegah persebaran virus corona. Mengkonsumsi makanan bergizi, minum 8 gelas air putih setiap hari, berolah raga teratur, dan istirahat cukup dapat menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat dan tidak mudah sakit. Masak makanan, terutama daging dan telur hingga matang, agar bakteri atau virus yang terdapat di dalamnya mati.

Dengan mengetahui cara penularan hingga pencegahan virus corona, Moms tentu tidak perlu khawatir dan siap untuk melindungi anggota keluarga. Jangan lupa sebarkan artikel ya, Moms! 

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Penularan Dan Pencegahan Corona Virus Yang Benar (Bukan Hoax)"
related post
Pengaruh Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Anak-Anak

happinest.id - Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) bukan sesuatu yang asing bagi sebagian besar masyarakat. ... Lanjut Baca

Tipe-Tipe Ibu Muda Di Rumah Saat Masa Karantina Wabah Penyakit Corona

happinest.id - Hampir sebagian besar negara di penjuru dunia sedang menghadapi wabah virus corona, termasuk ... Lanjut Baca

5 Cara Bersikap Dewasa Dalam Rumah Tangga, Pasangan Muda Wajib Tahu

Ada dua orang yang berkomitmen dalam satu biduk rumah tangga. Bukan hanya bermodalkan ... Lanjut Baca