Cara Merawat Miss V Setelah Melahirkan Secara Alami Agar Tetap Bersih

Waktu Baca: 4 menitRabu, 16 September 2020 09:25 WIB
Cara Merawat Mis V
Sumber: freepik

Menjadi seorang wanita menjaga kebersihan anggota tubuh penting untuk dilakukan termasuk dalam menjaga kesehatan organ intim. Namun sering kali banyak wanita yang kurang merawat mis v terutama setelah melahirkan secara normal dengan alasan masih merasakan nyeri di sekitar organ intim dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemulihannya. Padahal merawat mis v setelah melahirkan sangat disarankan untuk menghindari terjadinya infeksi sehingga proses penyembuhan dapat berjalan dengan cepat. Beberapa cara di bawah ini bisa Moms tiru untuk menjaga kebersihan mis v agar selalu sehat setelah melahirkan.

1. Jaga Selalu Untuk Tetap Kering

cara merawat mis v setelah melahirkan
Sumber: Freepik.com

Setelah melahirkan Moms pasti akan menjalani masa nifas, yakni pendarahan mirip mestruasi akan tetapi darah yang keluar jauh lebih banyak. Untuk itu Moms harus menggunakan maternity pad saat setelah melahirkan. Selain mengenakan maternity pad cara merawat mis v setelah melahirkan yakni dengan selalu menjaganya untuk tetap kering dan bersih.

Ganti maternity pad sesering mungkin dan gunakan air hangat saat mencuci area sekitar mis v untuk mengurangi rasa sakit serta menghindari pembengkakan yang terjadi. Langkah ini penting dilakukan untuk menghindari infeksi vagina pasca melahirkan sebab area mis v merupakan bagian tubuh wanita yang cukup sensitif.

Selain itu gunakan pula celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan jangan lupa untuk tetap mencukur rambut mis v dapat membantu mengurangi kelembaban di area vagina.

2. Membersihkan Mis V Dengan Cara Yang Benar

Saat membersihkan mis v tidak dapat sembarangan, terutama ketika sedang buang air besar. Bersihkan dengan melakukan gerakan dari arah depan ke belakang dan jangan pernah melakukan gerakan sebaliknya. Hal ini menjadi cara merawat mis v agar sehat dan mencegah infeksi vagina.

Beberapa dokter juga menyarankan untuk membersihkan area vagina menggunakan cairan antiseptik. Cairan ini tidak hanya mencegah terjadinya infeksi pada mis v namun juga menghindari keputihan. Moms cukup melarutkan cairan antiseptik ke dalam air kemudian basuh pada area vagina.

3. Gunakan Bahan Alami

cara merawat miss v agar tetap harum
Sumber: Freepik.com

Ternyata cara merawat daerah kewanitaan secara tradisional dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami seperti daun sirih. Sudah sejak lama daun sirih dipercaya dapat membersihkan organ intim wanita dengan sangat baik. Daun sirih mengandung zat anti jamur yang terbukti dapat mencegah timbulnya jamur di miss v.

Caranya sangat mudah, Moms cukup ambil beberapa lembar daun sirih kemudian cuci hingga bersih. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan daun sirih ke dalam air rebusan dan tunggu sekitar 8 - 10 menit. Jika sudah saring air rebusan kemudian dinginkan. Gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci area vagina.

Selain menggunakan daun sirih cara merawat miss v agar tetap harum lainnya dapat menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung euganol yang dapat mematikan jamur dan kuman penyebab bau tidak sedap pada miss v. Cara penggunaannya dapat dilakukan dengan dua cara.

Pertama, daging lidah buaya yang telah dibersihkan kemudian dihaluskan. Untuk menambah rasa dapat tambahkan sedikit madu. Moms dapat mengkonsumsinya setiap hari sebelum tidur.

Kedua, lumatkan daging lidah buaya yang telah dibersihkan lalu campur dengan yogurt tawar. Oleskan campuran tersebut di sekitar vagina dan diamkan selama kurang lebih 5 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Manfaatkan Ice Pack Atau Es Batu

Pasca melahirkan secara normal Moms pasti akan mengalami pembengkakan dan sakit di sekitar area vagina terutama pada bagian yang dijahit. Untuk meredakannya cukup gunakan ice pack atau es batu yang telah dilapisi oleh kain terlebih dahulu.

Tempelkan ice pack atau es batu pada area disekitar bekas jahitan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit. Selain itu untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan, usahakan untuk menghindari aktivitas berlebih terutama pada minggu awal setelah melahirkan. Jangan terlalu sering untuk berjalan, lebih baik duduk atau berbaring. Saat duduk juga harus dilakukan dengan perlahan dan usahakan untuk mencari bantalan duduk berbentuk donat agar menghindari tekanan di sekitar bekas jahitan.

5. Senam Kegel

cara merawat mis v secara alami
Sumber: Freepik.com

Melahirkan secara normal membuat otot di sekitar vagina melebar dan menyesuaikannya dengan ukuran tubuh bayi saat keluar. Otot vagina dapat kembali mengecil dengan sendirinya setelah melahirkan, akan tetapi tidak dapat kembali seperti sebelum hamil. Jangan khawatir Moms, ada cara merawat mis v secara alami agar dapat rapat kembali dengan melakukan senam Kagel. Selain dapat merapatkan kembali vagina, senam Kagel dapat mengatasi kesulitan menahan buang air kecil (Inkontinensia Urine) hingga meningkatkan kepuasan seksual Moms pasca melahirkan.

Senam Kagel dapat dilakukan secara duduk maupun berdiri. Moms cukup kencangkan otot vagina dan tahan selama 5 detik kemudian relaksasikan. Jangan lupa untuk mengatur nafas dan lakukan sebanyak 4 hingga 6 kali sehari. Apabila sudah cukup terbiasa Moms dapat tingkatkan intensitas latihannya dengan menambah durasi dan jumlah set.

Itulah tadi beberapa cara merawat miss v agar bersih, keset, harum, rapat setelah melahirkan yang bisa Moms lakukan. Meskipun jarang terjadi terdapat juga kasus di mana miss v mengalami keputihan hingga rasa sakit berlebih. Jika sudah begitu segera konsultasikan ke dokter yang telah membantu Moms melahirkan. Bisa jadi itu pertanda bahwa terjadi infeksi di sekitar organ intim. Penanganan yang cepat tentu dapat membantu Moms dalam mengatasi masalah tersebut. Semoga informasi di atas dapat membantu.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Merawat Miss V Setelah Melahirkan Secara Alami Agar Tetap Bersih"
related post
Cara Mengatasi Asma Kambuh Dengan Olahraga, Asma Bisa Sembuh Tuntas

Penderita asma biasanya membatasi diri melakukan kegiatan yang berat, karena takut penyakit asmanya akan kambuh. ... Lanjut Baca

Suara Perut Keroncongan Di Saat Penting, Ini Trik Menghilangkannya

Sedang asyik-asyiknya rapat dengan atasan, ketika bos sedang menjelaskan tentang rencana perusahaan tiba-tiba saja mendadak ... Lanjut Baca

Melahirkan Normal VS Operasi Caesar, Mana Yang Lebih Baik Ya, Moms?

Melahirkan adalah proses yang paling dinanti oleh semua wanita hamil. Setelah menunggu selama kurang lebih ... Lanjut Baca