Cara Merawat Miss V Agar Tetap Sehat, Kesat, Dan Berseri

Waktu Baca: 3 menitSabtu, 24 Oktober 2020 08:36 WIB
Cara Merawat Miss V
Sumber: starbene

Moms, bicara soal seputar hubungan suami istri, kebersihan dan kesehatan miss v sangatlah penting. Jika anda melihat miss v mungkin hanya sebuah organ kecil yang terlihat mudah untuk dirawat. Padahal, organ vagina merupakan salah satu bagian dari saluran reproduksi yang sangat kompleks karena vagina merupakan organ reproduksi yang langsung berhubungan dengan bagian leher rahim serta bagian rahim.

Berikut Happinest Indonesia ingin berbagi untuk Moms, cara merawat miss v agar tetap sehat, kesat, dan berseri. Silahkan disimak ya Moms! 

Cara Merawat Miss V

Untuk menghindari masalah yang mungkin saja terjadi pada bagian saluran reproduksi, Moms bisa menjaga kebersihan miss v dengan teratur. Moms harus membersihkan miss v dengan cermat. Apa saja langkah yang bisa anda lakukan saat membersihkan miss v?

1. Bersihkan setelah buang air kecil dan buang air besar. Cara membersihkan miss v dengan tepat yakni membersihkannya dari arah depan ke belakang. Mengapa anda harus membersihkan dari depan ke belakang bukan arah sebaliknya? Seperti yang kita tahu bahwa bagian setelah miss v adalah anus, jika anda membersihkan dari arah anus ke arah miss v dikhawatirkan akan terjadi infeksi bakteri yang berasal dari anus. Padahal miss v merupakan organ reproduksi yang dikenal cukup steril.

2. Jangan gunakan sabun pewangi organ kewanitaan, banyak orang yang sering salah dalam mencoba cara merawat miss v dengan menggunakan sabun khusus untuk kewanitaan. Sabun umumnya memiliki pH "basa" padahal miss v membutuhkan pH "asam" yang bertujuan untuk membunuh bakteri yang berbahaya bagi saluran reproduksi. Jika anda menggunakan sabun pewangi untuk membersihkan saluran kewanitaan, dikhawatirkan nantinya mengganggu fungsi pH pada vagina untuk membunuh bakteri. Selain itu, pada beberapa kasus sabun pembersih vagina dengan pewangi juga mampu mengiritasi.

3. Jangan gunakan pembalut yang mengandung pewangi pada saat menstruasi, beberapa wanita masih sering menggunakan pembalut yang memiliki kandungan pewangi. Padahal hal ini bisa menyebabkan iritasi pada vagina. Selain itu, jika anda sedang menstruasi akan lebih baik untuk lebih sering mengganti pembalut karena darah kotor menstruasi akan menimbulkan banyak bakteri yang kurang baik untuk miss v.

pembalut wanita dengan pewangi
Sumber: pexels

Mengapa Cairan Pembersih Kurang Baik Untuk Vagina?

Jika sebelumnya sudah sedikit dijelaskan bahwa cara merawat miss v yakni dengan menghindari menggunakan cairan pembersih karena faktor pH. Mari kita bahas lebih lanjut, vagina sebagai salah satu organ reproduksi memiliki bakteri yang baik dan bermanfaat sebagai pelindung vagina.

Bakteri dalam miss v merupakan jenis bakteri Lactobasili yang hidup dalam kadar pH asam kurang lebih 4.5. Bakteri Lactobasili harus berada dalam jumlah yang tetap dan seimbang. Bakteri ini mampu menghasilkan antibiotik alami yang dapat berguna menjaga miss v dari serangan bakteri yang tidak baik. Biasanya cairan pembersih mengandung pH >7, jika tercampur dengan pH vagina tentu akan mengubah pH vagina dan menghasilkan efek yang tidak baik.

Untuk Moms yang sudah pernah melahirkan jangan lewatkan juga cara merawat miss v setelah melahirkan secara alami agar tetap bersih, karena ada sedikit perbedaan dalam perawatannya.

Nah Moms dengan menjaga kesehatan miss v secara teratur dapat menjaga kesehatan dan hidup lebih baik. Selain itu juga miss v yang sehat, kesat dan berseri juga dapat menjaga keharmonisan rumah tangga, pasanganpun jadi semakin sayang.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Merawat Miss V Agar Tetap Sehat, Kesat, Dan Berseri"
related post
Rahasia Leluhur, Ramuan Alami Merapatkan Miss V Setelah Melahirkan

Persalinan secara alami, sering kali membuat wanita merasa tidak percaya diri kembali. Karena wanita merasa ... Lanjut Baca

5 Cara Berhubungan Intim Yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Berhubungan suami istri sekarang tak hanya merupakan sebuah keinginan saja, melainkan juga menjadi sebuah kebutuhan ... Lanjut Baca