Cara Menurunkan Demam Pada Anak 1-2 Tahun Dengan Cepat Secara Alami

Waktu Baca: 4 menitKamis, 22 Juli 2021 09:25 WIB
Balita Muntah Dan Demam
Sumber: shutterstock

Cara menurunkan demam pada anak tanpa obat menjadi perhatian Moms, ketika mendapati buah hati sakit panas pasti rasa bingung akan mendera.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa menurunkan demam pada buah hati di rumah secara mandiri. meskipun demikian, Moms tetap dituntut waspada dan cermat untuk memantau kondisi buah hati.

Apalagi, bila balita muntah dan demam yang dirasakan buah hati tidak kunjung membaik, dan disertai dengan berbagai macam gejala yang lain. Demam pada buah hati sebenarnya tidak selalu berbahaya dan dapat mereda dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.

Cara Menurunkan Demam Pada Anak 1-2 Tahun Dengan Cepat Secara Alami

Penyebab Demam Pada Buah Hati

BACA JUGA:

Sebelum mencari tahu cara menurunkan demam pada anak secara alami, tidak ada salahnya Moms mengenal terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab demam buah hati.

Demam adalah mekanisme alami yang dimiliki tubuh untuk melawan infeksi. Kemunculan demam pada buah hati menandakan jika sistem kekebalan tubuhnya sedang bekerja memerangi flu maupun infeksi lain. Berikut berbagai macam penyebabnya demam pada anak, seperti:

1. Infeksi

Seperti yang sudah pernah disinggung sebelumnya, demam ialah pertanda sistem kekebalan tubuh buah hati melawan infeksi. Infeksi yang sering menjadi pencetus buah hati demam tinggi ialah infeksi virus dan bakteri.

Penyakit infeksi yang bisa menyebabkan buah hati demam seperti roseola, ISPA, Infeksi saluran kemih, batuk rejan serta cacar air.

2. Suhu lingkungan dan pakaian

Bukan hanya infeksi, penyebab buah hati demam juga bisa disebabkan karena pakaian serta suhu ruangan. Bila buah hati terlalu lama beraktivitas di luar saat cuaca panas, demam bisa terjadi.

Selain itu demam dapat terjadi saat baju yang digunakan terlalu tebal. Biasanya, kondisi ini dialami oleh bayi baru lahir demam. Sehingga Moms bisa memakaian pakaian tebal hanya saat suhu udara sedang dingin.

3. Efek dari imunisasi

Tidak sedikit bayi mengalami demam ketika sudah selesai melakukan imunisasi. Biasanya, demam yang terjadi adalah demam ringan. Moms bisa menanyakan pada dokter yang memberikan imunisasi.

Moms bisa menanyakan seperti apa penanganan yang harus dilakukan ketika mendapati buah hati demam ketika selesai melakukan imunisasi.

Cara Menurunkan Demam Pada Anak dengan Cepat

cara menurunkan dema anak
Sumber: pexels

Agar bisa menentukan apakah buah hati demam atau tidak, Moms harus melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan termometer. Jadi, jangan hanya sekedar meraba menggunakan tangan.

Buah hati dikatakan mengalami demam bila suhu tubuh yang dimilikinya mencapai 38 derajat ke atas. Ketika terkena demam, buah hati mungkin sering menangis, rewel, susah tidur, gelisah dan lemas. Berikut beberapa cara yang bisa Moms lakukan, seperti:

1. Memberi kompres

Agar bisa menurunkan demam pada buah hati, Moms bisa memberikan kompres di tubuhnya menggunakan kain yang telah direndam dengan menggunakan air hangat. Pastikan jika kompres tersebut memiliki suhu tidak terlalu dingin.

Moms bisa menempatkan kompres tersebut di dada, dahi, perut dan ketiak. Jika sudah memberikan kompres, diamkan selama 20 hingga 30 menit di tubuhnya.

Moms juga perlu mengganti kompres saat mulai kering atau terasa panas. Moms bisa memantau suhu tubuhnya setiap 1 hingga 2 jam sesudah memberi kompres.

2. Jangan menggunakan baju tebal

Ketika buah hati demam, hindari memberikan baju tebal padanya. Moms bisa memberikan baju yang nyaman untuk buah hati. Saat memberikan pakaian tebal, tubuhnya bisa kepanasan serta sulit mengeluarkan panas di tubuh.

Bila buah hati merasa kedinginan serta meriang, Moms bisa memberikan pakaian yang lebih nyaman dan menyelimuti tubuhnya.

3. Jaga suhu ruang

Pastikan suhu ruangan tetap nyaman dan sejuk. Moms tetap bisa menyalakan pendingin ruangan, tetapi pastikan jika suhunya tidak begitu dingin. Hindari mengarahkan AC dan kipas langsung ke buah hati Moms.

4. Beri buah hati makanan yang cukup

Moms perlu memastikan kebutuhan nutrisi dan cairan buah hati agar bisa mencegahnya dehidrasi. Jika Moms masih memberi buah hati ASI eksklusif, pastikan Moms menyusuinya sesering mungkin.

Tetapi, jika buah hati sudah mengonsumsi menu MPASI, Moms bisa memberi makanan padat, sembari memberi ASI dan air putih yang cukup. Cara ini dilakukan agar kesehatan buah hati tetap terjaga dengan baik.

Bila demam pada buah hati tidak kunjung mereda sesudah 2 hari dan justru menjadi semakin parah, Moms bisa memeriksakannya ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan obat dan cara menurunkan demam pada anak 1 tahun sesuai penyebabnya.

Semoga dengan mengikuti cara di atas, demam pada sang anak dapat lebih cepat disembuhkan ya Moms.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Menurunkan Demam Pada Anak 1-2 Tahun Dengan Cepat Secara Alami"
related post
Rahasia Agar Anak Nurut Kepada Orang Tua, Baik Sama Ibu Maupun Ayah

Anak nurut kepada orangtuanya menjadi salah satu impian setiap Moms and Dads. Sayangnya, tidak semua ... Lanjut Baca

Jangan Salah, Cara Menasehati Anak Perempuan Dan Laki-laki Berbeda Lho

Moms & Dads sebagai orang tua sewajarnya paham bahwa cara menasihati anak ternyata tidak bisa ... Lanjut Baca

Ini Penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) Pada Anak Dan Bayi

Tidak sedikit infeksi saluran pernapasan atas dialami oleh anak-anak di Indonesia. Sebagai orang tua maka ... Lanjut Baca