Cara Menikah Beda Agama Di Indonesia, Memangnya Bisa?

Waktu Baca: 3 menitRabu, 14 Oktober 2020 08:32 WIB
Cara Menikah Beda Agama
Sumber: pexels

Bagaimana sih cara menikah beda agama? Di Indonesia sendiri menikah beda agama memang cukup rumit. Bahkan gugatan larangan pernikahan beda agama sendiri sudah pernah ditolak sekitar tahun 2015 lalu. Walaupun demikian, tidak menyurutkan banyak pasangan yang menikah beda agama.

Pernikahan berbeda agama bisa dibilang cukup pelik, tidak hanya administrasinya saja yang merepotkan, tetapi perkara uang juga harus dipikirkan sebab sudah pasti memakan biaya yang lebih besar dibandingkan pernikahan dengan agama yang sama. 

Berdasarkan peraturan Undang-Undang No.1 Tahun 1974 mengenai perkawinan sendiri, dimana perkawinan akan dianggap sah oleh Negara apabila dilakukan menurut ajaran agamanya masing-masing. 

Lalu, Bagaimana Cara Menikah Beda Agama?

Sebenarnya ada 4 metode/cara yang bisa dilakukan untuk pernikahan  beda agama, diantaranya :

  1. Memohon penetapan pengadilan.
  2. Menikah menurut ajaran agamanya masing-masing.
  3. Tunduk sementara ke salah satu aturan agama.
  4. Melakukan pernikahan di luar negeri.

Apabila Kamu akan melakukan pernikahan di Indonesia, setidaknya Kamu harus menempuh salah satu metode di atas. Diantara keempat cara di atas, sudah pasti poin keempat harus merogoh kocek lebih dalam.

Cara keempat biasanya sering digunakan oleh artis-artis tanah air yang akan melakukan pernikahan berbeda agama. Untuk biayanya sendiri, Kamu harus mempertimbangkan sewa tempat pernikahan di luar negeri, ongkos pesawat, belum acaranya, hingga akomodasi pribadi beserta anggota keluarga yang hadir.

Namun itu masih belum termasuk surat izin, pengurusan paspor, hingga berkas-berkas yang dibutuhkan lainnya. Selain itu, pesta resepsi ketika kembali ke tanah air. Pilihan tersebut jelas tidak akan diambil bagi mereka yang hanya memiliki budget menikah kurang dari Rp. 50 juta.

Baca Juga: Perbedaan Nikah Dengan Kawin

Meminta Penetapan dari Pengadilan

pernikahan beda agama
Sumber: pexels

Pilihan cara menikah beda agama yang bisa ditempuh lainnya ialah dengan meminta/memohon penetapan pengadilan. Karena poin di nomor 2-3 rentan menyebabkan konflik dari tiap calon mempelai maupun keluarga.

Apalagi pilihan yang satu ini memiliki dasar hukum, yakni yurisprudensi dari Mahkamah Agung berdasarkan putusan dari No.1400K/Pdt/1986. Dimana putusan tersebut menyatakan bahwa kantor catatan sipil diperbolehkan untuk melangsungkan pernikahan beda agama.

Kurang lebih, begini prosedurnya :

  1. Memilih pernikahan memakai lembaga dari salah satu ajaran agama mempelai.
  2. Mempersiapkan berkas-berkas yang telah ditentukan layaknya pernikahan seagama.
  3. Melangsungkan acara pernikahan yang telah diresmikan oleh pemuka agama yang dipilih salah satunya.
  4. Meminta penetapan perkawinan ke pengadilan negeri dengan membawa bukti surat pernikahan dari agama terkait.
  5. Membawa surat penetapan ke kantor catatan sipil agar akta pernikahan bisa diterbitkan.

Bagian paling menguras energi serta biaya dalam cara menikah beda agama di atas ialah ada di tahapan keempat, sebab Kamu harus melalui sidang terlebih dahulu.

Ini artinya, Kamu harus mengeluarkan biaya pengacara, sidang, dan berkas pernikahan RT/RW sampai kecamatan dan harus dibawa sebagai bukti di pengadilan. Wah, emang ribet yah? Semangat ya HappyFams

Selain hal-hal di atas, tentu saja Kamu harus mempelajari info seputar hubungan suami istri agar tetap langgeng, apalagi bagi Kamu dan pasangan yang berbeda agama karena rentan terjadi konflik!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Menikah Beda Agama Di Indonesia, Memangnya Bisa?"
related post
Kumpulan Kata-Kata Untuk Pernikahan Romantis Bagi Pasangan Muda

Pernikahan bukan sekedar prosesi yang menyatukan ikatan hubungan pasangan kekasih saja, melainkan lebih dari itu ... Lanjut Baca

Bina Keluarga Balita Dengan 4 Konsep Keluarga Sejahtera

BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) memiliki program yang sangat bagus sekaligus menarik untuk ... Lanjut Baca

Peran Anak Dalam Keluarga Dari Kacamata Orangtua Muda

Jika berbicara soal peran anak dalam keluarga apa yang HappyFams pikirkan? Berbakti kepada orang tua? ... Lanjut Baca