Cara Menghilangkan Stres Berat Pada Pikiran Untuk Remaja, Pelajari Yuk

Waktu Baca: 6 menitSabtu, 04 September 2021 09:21 WIB
Cara Menghilangkan Stress
Sumber: freepik

Stres dapat dialami oleh siapapun termasuk pada remaja. Seperti yang diketahui masa remaja menjadi tahapan yang cukup sulit bagi sebagian besar anak remaja. Banyak perubahan-perubahan besar terjadi di tahap ini, sehingga dibutuhkan adaptasi yang baik.

Tak jarang perubahan tersebut membuat para remaja sulit mengendalikan dirinya. Sehingga menimbulkan beragam kecemasan dan berujung pada stres dan depresi pada remaja. Stres pada remaja dapat disebabkan oleh banyak faktor mulai dari masalah pelajaran di sekolah, hubungan pertemanan, hingga masalah yang terjadi di dalam keluarga. Jika dibiarkan masalah-masalah tersebut dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental remaja.

Selain memberikan perhatian dengan pola asuh anak yang baik, sebagai orang tua juga perlu mengetahui tentang bagaimana cara menghilangkan stres berat pada remaja yang efektif agar mereka dapat tetap produktif di masa perkembangannya. Yuk simak cara-caranya di bawah ini!

Cara Menghilangkan Stres Berat Pada Pikiran Untuk Remaja

BACA JUGA:

1. Berolahraga

Pikiran yang berat akibat banyaknya tekanan membuat tubuh para remaja cendrung menjadi kurang bersemangat. Padahal di masa remaja membutuhkan banyak energi untuk mencoba hal-hal baru. Dan cara menghilangkan stres remaja yang pertama yakni dengan mengajak mereka untuk melakukan aktivitas fisik salah satunya yakni berolahraga.

Ada beragam jenis olah raga yang dapat dipilih salah satunya dengan jalan santai atau jalan cepat. Olah raga ini terbilang sangat mudah dilakukan dan cocok bagi remaja usia awal yang baru memulai aktivitas sehat sebagai rutinitas.

Selain itu olah raga rekreasi juga dapat menjadi cara menghilangkan stres pikiran selain membangun hubungan dan menciptakan kegembiraan. Hal ini disebabkan karena olah raga rekreasi harus dilakukan secara bersama-sama misal tenis meja dan basket, sehingga apabila berhasil memperoleh poin tentu memberikan kegembiraan tersendiri.

2. Liburan

cara menghilangkan stres dan jenuh
Sumber: freepik

Melakukan kegiatan yang berulang-ulang tentu membuat siapa saja merasa bosan dan jika dilakukan secara terus menerus dapat mengakibatkan stres, tak terkecuali pada remaja. Salah satu cara menghilangkan stres dan jenuh yakni dengan pergi berlibur terutama ke tempat-tempat yang tenang serta jauh dari keramaian.

Dengan liburan tentu dapat mengalihkan sejenak segala macam kegiatan yang dapat menimbulkan stres, sehingga mereka dapat dengan tenang serta rileks melakukan apapun yang disukai. Ternyata berlibur memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kinerja dan produktivitas pada remaja. Berlibur ibarat mengisi ulang baterai pada tubuh, sehingga setelah liburan mereka dapat melakukan beragam kegiatan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan bersama keluarga dengan mengunjungi tempat-tempat menarik setiap tahunnya. Selain membantu menghilangkan stres, liburan juga dapat mempererat hubungan setiap anggota keluarga sehingga menjadi semakin harmonis.

Bisa juga dengan melatih cara menghemat uang jajan untuk remaja supaya mereka dapat memiliki uang sendiri untuk berlibur sendiri atau dengan teman-temannya.

3. Latih Pernafasan

Stres yang dialami oleh remaja tidak hanya dari lingkungan sekolah saja namun juga dapat berasal dari lingkungan keluarga. Masalah keluarga yang dibiarkan tanpa adanya penyelesaian tidak hanya berdampak pada orang tua saja tetapi juga anak-anak. Cara menghilangkan stres karena masalah keluarga yakni dengan berlatih pernafasan.

Meskipun terbilang sederhana ternyata cara ini cukup ampuh dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Berlatih pernafasan tidak membutuhkan metode khusus, cukup dengan menarik nafas melalui hidung hingga perut terisi udara atau hitung sampai tiga. Kemudian tahan nafas selama satu detik lalu hembuskan perlahan melalui hidung dengan berhitung sampai tiga. Lakukan pernafasan ini secara berulang hingga tubuh merasa rileks dan santai.

4. Mendengarkan Musik Favorit

Mendengarkan musik dapat membantu mengurangi stres pada remaja. Tidak hanya itu saja kegiatan ini juga menjadi cara menghilangkan stres saat hamil terutama ketika mendengarkan musik-musik bertempo lambat.

Menurut para ahli dengan mendengarkan musik selama 30 menit dapat menurunkan kadar hormon stres atau kortisol di dalam tubuh. Sebagai saran, gunakan headphone atau earphone saat memutar musik favorit agar tidak mengganggu orang lain, ya.

5. Bercerita Kepada Orang Yang Dipercaya

cara menghilangkan stres pada wanita
Sumber: freepik

Tidak sedikit orang memilih untuk menyimpan permasalahan yang sedang dihadapi seorang diri. Padahal jika sebuah permasalah belum ditemukan jalan keluarnya bukan tidak mungkin masalah lainnya juga dapat segera terselesaikan. Masalah yang terus bertambah ini tentu dapat membuat seseorang menjadi tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas akibat tingkat stres yang tinggi.

Cara paling mudah untuk mengurangi stres yang dialami oleh remaja yakni dengan bercerita kepada orang yang dipercaya. Bahkan ini menjadi cara menghilangkan stres pada wanita apabila sedang bertemu dengan sahabat terdekatnya. Sebab terkadang membutuhkan orang yang siap menjadi pendengar cukup ampuh dalam mengurangi stres. Perlu diingat untuk tidak bercerita pada orang yang salah jika tidak ingin masalah diketahui oleh banyak orang.

6. Solat dan Berdoa

Solat dan berdoa merupakan cara menghilangkan stres menurut Islam. Bagi orang muslim, salat menjadi media komunikasi dengan Allah SWT. Selain menjadi suatu kewajiban salat juga mampu menentramkan hati sehingga dapat mengatasi segala permasalahan emosi yang dirasakan manusia yang berdampak pada kedamaian hati.

Umumnya setelah melakukan solat dilanjutkan dengan berdoa. Dengan berdoa langsung kepada Allah SWT artinya sedang berbicara kepada-Nya. Curahkan semua keluh kesah hanya kepada Allah SWT dengan begitu diharapkan diberi ketabahan, kesabaran, dan kemudahan untuk menghadapi segala macam cobaan. Tindakan ini juga sangat tepat dilakukan sebagai cara menghilangkan stres karena orang tua yang biasanya cukup sulit mencari jalan keluarnya.

7. Melakukan Hal Yang Disukai

Setiap orang pasti mempunyai hobi atau kegemaran terhadap sesuatu. Melakukan kegiatan yang disukai dapat juga menjadi cara untuk menghilangkan stres. Dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang disukai dapat menjadi pengalihan terhadap hal-hal pemicu stres pada remaja.

Sebagai orang tua tidak ada salahnya untuk mencari tahu apa saja yang disukai oleh anak. Berikan mereka kebebasan untuk melakukan apa yang disukai selama itu tidak mengarah ke hal-hal yang negatif.

Ternyata menghilangkan stres pada remaja tidaklah sulit. Namun apabila tingkat stres terlalu tinggi dapat konsultasikan masalah ini kepada dokter atau ahli. Selamat mencoba HappyFams!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Menghilangkan Stres Berat Pada Pikiran Untuk Remaja, Pelajari Yuk"
related post
Dampak Dan Penyebab Dari Stres Kerja Karyawan Menurut Para Ahli

Stres kerja merupakan salah satu permasalahan yang sangat mungkin terjadi dalam sebuah organisasi perusahaan. Rutinitas ... Lanjut Baca

Bagaimana Cara Balikan Sama Mantan Yang Sudah Lama Putus? Bisa, Tapi!

Bagi beberapa orang berpisah dengan seseorang yang pernah menjalin hubungan percintaan bukanlah hal yang ... Lanjut Baca