Cara Menghilangkan Jerawat Yang Muncul Di Wajah Karena Pakai Masker

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 25 Desember 2020 06:27 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat
sumber: tokyoweekender

Sejak wabah virus corona atau COVID-19 terjadi di seluruh dunia, semua orang harus selalu memperhatikan protokol kesehatan terutama ketika sedang berada di luar rumah. Slogan 3M yakni Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak harus selalu dipatuhi semua orang agar penyebaran COVID-19 dapat segera teratasi. Tidak heran jika saat ini masker menjadi perlengkapan wajib ketika Moms terpaksa harus keluar rumah, mengunjungi fasilitas umum, ataupun pergi ke tempat-tempat yang kemungkinan besar dikunjungi oleh banyak orang.

Namun saat ini penggunaan masker dalam jangka waktu lama memberikan dampak negatif bagi kulit wajah berupa jerawat. Maskne atau mask acne adalah jenis jerawat yang muncul di area wajah yang tertutup oleh masker seperti hidung, pipi, dan dagu. Tidak heran saat ini banyak orang mengalami masalah kulit ini terutama setelah mengenakan masker, meskipun sebelumnya wajah Moms tidak memiliki riwayat jerawat di sekitar area tersebut.

Penyebab Timbulnya Maskne

Secara tidak langsung memakai masker dalam jangka waktu lama membuat kulit wajah mengalami pergesekan dengan masker yang sedang dikenakan. Hal inilah yang menjadi pemicu kulit mengalami iritasi atau peradangan. Ditambah area wajah yang tertutup oleh masker sudah tentu lembab, panas, dan berkeringat. Kondisi tersebut sangat cocok bagi berkembangnya bakteri dan kuman penyebab jerawat pada wajah.

Masker medis yang digunakan secara berulang ataupun masker kain yang tidak dicuci dengan benar, juga menjadi penyebab timbulnya jerawat. Kulit wajah yang iritasi, kuman dan bakteri menjadi kombinasi yang pas penyebab timbulnya jerawat di wajah akibat penggunaan masker.

Cara Menghilangkan Jerawat Di Wajah Karena Penggunaan Masker

Munculnya jerawat pada wajah tentu membuat seseorang merasa tidak percaya diri termasuk, Moms. Namun hal tersebut bukan menjadi masalah jika Moms mengikuti cara menghilangan jerawat akibat memakai masker berikut ini!

1. Membersihkan Wajah Sebelum Dan Sesudah Memakai Masker

cara mengatasi jerawat
Sumber: Freepik.com

Langkah pertama cara mengatasi jerawat dapat dilakukan dengan memastikan wajah harus selalu bersih. Ada baiknya cuci wajah sebelum dan sesudah mengenakan masker menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Moms juga bisa memilih pembersih wajah yang mengandung ceramide untuk mencegah wajah menjadi kering dan tidak mudah iritasi.

Ceramide membantu melindungi lapisan kulit bagian atas dari kerusakan dan mencegahnya agar tidak mengalami iritasi atau peradangan akibat bergesekan dengan masker.

2. Rutin Mengganti Masker

Saat ini menggunakan masker menjadi suatu keharusan, namun penting bagi Moms untuk selalu memperhatikan lamanya penggunaan masker. Apabila Moms menggunakan masker medis, sebaiknya jangan digunakan secara berulang kali atau seharian penuh. Ganti masker bedah jika dirasa masker sudah terlalu lembab atau terasa kotor.

Tindakan ini bisa menjadi cara menghilangkan jerawat secara alami dan paling mudah. Moms bisa membawa cadangan masker medis 2-3 buah saat sedang berada di luar rumah untuk mengganti masker yang telah dipakai sebelumnya.

Begitupun untuk Moms yang menggunakan masker kain untuk selalu mengganti masker kain dengan masker yang baru. Jangan pernah menggunakan masker yang sama sebelum dicuci. Sebagai tindakan pencegahan cuci masker kain menggunakan air panas dan sabun agar dapat kuman dan kotoran yang menempel pada serat kain hilang.

3. Aplikasikan Obat Jerawat

Jika dirasa jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker mengganggu, tidak ada salahnya untuk menyembuhkannya dengan obat jerawat. Saat ini ada beragam jenis obat jerawat yang beredar di pasaran, hal terpenting yakni pastikan bahwa obat jerawat tersebut mengandung bahan seperti salicylic acid dan retinol.

Kedua bahan tersebut terbukti dapat menjadi cara menghilangkan jerawat batu sekalipun. Ada baiknya aplikasikan obat jerawat di malam hari tepatnya sebelum tidur. Hindari penggunaan obat jerawat ketika sedang mengenakan masker untuk mencegah iritasi pada kulit.

4. Hindari Pengunaan Makeup Yang Terlalu Tebal

cara menghilangkan bruntusan
Sumber: Freepik.com

Jika Moms termasuk wanita yang gemar ber-makeup, sebaiknya jangan aplikasikan makeup terlalu tebal saat menggunakan masker. Hal ini untuk mencegah pori-pori wajah tertutup oleh riasan dan juga bisa menjadi cara menghilangkan bruntusan akibat penggunaan makeup saat mengenakan masker.

Namun apabila wajah Moms memang sedang berjerawat sebaiknya hentikan terlebih dahulu penggunaan makeup hingga jerawat benar-benar hilang agar jerawat tidak semakin parah. Jika ingin tetap terlihat cantik, Moms dapat mengaplikasikan makeup pada area mata saja untuk menghindari munculnya jerawat di sekitar hidung, pipi, dan dagu.

5. Jangan Lupa Gunakan Pelembab Dan Tabir Surya

cara menghilangkan bekas jerawat
Sumber: Freepik.com

Meskipun tertutup oleh masker, wajah harus tetap terjaga kelembabannya. Penggunaan pelembab sebelum mengenakan masker dapat mencegah kulit wajah menjadi kering dan selalu terhidrasi serta tidak terlihat kusam. Gunakan pelembab berbahan ringan dan tidak terdapat kandungan minyak.

Selain pelembab, wajah juga harus dilindungi oleh tabir surya atau sunscreen. Penggunaan tabir surya ternyata terbukti dapat menjadi cara menghilangkan bekas jerawat pada wajah akibat hiperpigmentasi kulit oleh sinar matahari. Pilihlah tabir surya dengan kadar SPF 30 dan mengandung zinc atau titanium. Kedua bahan tersebut ternyata mampu mengatasi jerawat akibat penggunaan masker dalam jangka waktu lama.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa Moms ikuti untuk menghilangkan jerawat yang muncul di wajah karena menggunakan masker. Hal yang paling penting yakni selalu perhatikan kesehatan kulit wajah dengan rajin mengkonsumsi makan sehat dan bergizi. Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat untuk, Moms. Selamat mencoba.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Menghilangkan Jerawat Yang Muncul Di Wajah Karena Pakai Masker"
related post
5 Ide Kegiatan Merayakan Hari Natal Seru Di Rumah Saja

Ho Ho Ho, Natal telah tiba, namun ada hal yang berbeda di Hari Natal tahun ... Lanjut Baca

PSBB, PSBM, PSKS, PPKM Apa Arti Istilah Itu Semua Di Kondisi Pandemi?

Dalam kondisi Pandemi ini, pemerintah menerapkan sejumlah kebijakan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Kebijakan tersebut ... Lanjut Baca

Tanda Istri Butuh Piknik Biar Gak Panik Di Rumah Terus Selama Pandemi

Menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir membuat waktu luang yang ada untuk sekedar ... Lanjut Baca