Cara Menghilangkan Dengkuran Pada Saat Tidur Untuk Bayi Secara Alami

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 25 September 2021 10:22 WIB
cara menghilangkan dengkuran bayi
Sumber: pexels

Jangan kaget bila mendengar anak bayi tidur dengan mendengkur, hal itu sangat normal dan wajar saja. Tapi bila Moms khawatir mendengar hal itu, dengkuran bayi dapat dihilangkan ketika sang buah hati tidur.

Ternyata cara menghilangkan dengkuran pada anak saat tidur cukup mudah. Jadi Moms tidak perlu khawatir lagi. Bisa dilakukan secara mandiri di rumah tanpa menggunakan bantuan peralatan khusus yang rumit sekaligus.

Jika dengkuran hanya sesekali, maka hal ini wajar terjadi pada anak dan bayi. Sebab otot pada bagian leher bayi maupun balita seketika menjadi rileks ketika tidur. Sehingga menyebabkan terjadinya dengkuran. Dan ada juga cara agar cepat tidur bagi yang susah tidur di malam hari bisa dipelajari.

Otot tersebut kemudian jatuh dan sedikit menghalangi jalan nafas. Sehingga aliran udara saat bernafas menggetarkan jaringan pada tenggorokan. Suara yang muncul kemudian terdengar layaknya ngorok atau dengkuran seperti orang dewasa.

Apabila nafas teratur, tidak berat maka Moms tidak perlu khawatir sebab 1 dari 10 bayi memang mengalaminya. Namun jika bayi ngorok mengganggu, maka bisa mencoba cara menghilangkan dengkuran bayi secara mandiri.

BACA JUGA:

Penyebab Ngorok pada Bayi dan Balita yang Perlu Diwaspadai

ngorok pada bayi
Sumber: istockphoto

Sebelum menerapkan cara menghilangkan dengkuran ngorok Moms bisa cek dulu apa penyebabnya. Karena penyebab ngorok yang terjadi pada si kecil itu ada banyak. Berikut adalah penyebab ngorok yang sebaiknya diperhatikan:

  1. Kemungkinan pertama karena sedang mengalami flu. Sehingga terjadi penyumbatan ingus di jalur pernafasan. Sehingga bisa menyebabkan kemunculan dengkuran karena si kecil kesulitan bernafas. Itulah kenapa penyebabnya perlu diwaspadai karena mengganggu.
  2. Sinusitis, infeksi pita suara juga menjadi penyebab nafas bergetar. Kasus ini lebih banyak terjadi. Penyebabnya adalah adanya paparan virus atau bakteri, namun dapat hilang dengan melakukan pengobatan khusus ke dokter.
  3. Bisa juga disebabkan oleh radang tonsil atau pembengkakan jaringan amandel. Pembengkakan sering disebabkan virus, sehingga amandel membesar dan menghalangi jalan pernafasan. Saat buah hati bernafas menghasilkan suara yang seperti dengkuran.
  4. Sleep apnea, kondisi pernafasan terhenti selama 15 hingga 20 detik selama tidur. Saat kembali bernafas umumnya lebih terdengar keras seperti ngorok. Risiko paling besar dialami oleh bayi yang lahir prematur.
  5. Kelainan bawaan seperti laringomalasia, gangguan pembentukan laring. Sehingga struktur tulang rawan lemah serta menghalangi jalan nafas. Namun kondisi ini akan membaik setelah usia 2 tahun. Namun sebaiknya tetap diperhatikan masalahnya.

Jadi seperti itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya ngorok pada si kecil dan perlu diwaspadai. Untuk selanjutnya, Moms hanya perlu mencari solusinya agar masalah dengkurannya segera hilang dan membaik.

Usahakan membiasakan buah hati untuk memenuhi kebutuhan minum. Terutama menjelang tidur, sebaiknya minum air putih cukup supaya area mulut dan tenggorokan tidak kering. Apabila kurang cairan bisa menyebabkan kemunculan ngorok.

Cara Menghilangkan Dengkuran Secara Alami pada Anak

menghilangkan dengkuran

Sebelum melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter, sebaiknya Moms lakukan cara menghilangkan dengkuran di rumah. Nantinya akan ketahuan apakah perlu dilakukan pemeriksaan lanjut atau tidak. Berikut tips menghilangkan dengkurannya, yaitu:

  1. Perbaiki posisi tidur. Cara menghilangkan dengkuran yang keras paling mudah adalah memposisikan buah hati terlentang. Usahakan posisi kepala lebih tinggi dibanding anggota tubuh lain. Jika tidak, itu membuatnya semakin mendengkur.

Posisi ini memudahkan masuknya udara lebih banyak ke dalam sistem pernafasan. Saat mengalami flu, posisi ini lebih baik dibanding miring sehingga mengurangi getaran di area tenggorokan yang menyebabkan terjadinya dengkuran.

  1. Berikan penguapan. Penyumbatan pada hidung buah hati Moms akan mereda dengan penguapan menggunakan air panas. Bisa menambahkan aromatherapy atau yang lebih ekonomis dengan bawang putih dan minyak telon yang dicampur.

Aromatherapy tertentu juga dapat membantu buah hati tidur lebih pulas, selain juga membantu melegakan pernafasan. Misalnya green tea, peppermint, kayu putih (eucalyptus) yang memiliki efek menenangkan. Sehingga buah hati nyaman.

  1. Lakukan pijat ILU. Pijat I Love U atau biasa disingkat pijat ILU merupakan cara pijat terhadap bayi. Pijat bayi baru lahir ini tujuannya untuk kesehatan bayi dan meningkatkan ikatan hubungan antara bayi dan Moms yang memijitnya.

Selain itu pijat ILU juga dapat melancarkan saluran tubuh bayi salah satunya saluran pernapasan. Dengan melakukan pijat ILU ini secara rutin dapat menghilangkan dengkuran bayi ketika ia tidur.

  1. Usahakan ruangan tetap nyaman. Moms dapat mengatur kelembaban dengan memanfaatkan humidifier di dalam kamar. Menambahkan pengharum yang menyegarkan dan membantu tidur buah hati lebih pulas.

Moms bisa melakukan evaluasi setelah beberapa hari. Apakah cara menghilangkan dengkuran pada anak saat tidur yang telah dilakukan efektif atau sebaiknya bila mendengkur lebih lanjut sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Menghilangkan Dengkuran Pada Saat Tidur Untuk Bayi Secara Alami"
related post
Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

Program bayi tabung menjadi solusi alternatif bagi Moms and Dads yang ingin mempunyai keturunan. Ketika, ... Lanjut Baca