Cara Menghilangkan Bintik Merah Pada Kulit Bayi Baru Lahir, Catat Moms

Waktu Baca: 6 menitSelasa, 25 Agustus 2020 07:35 WIB
Bintik Merah Pada Kulit Bayi
Sumber: Freepik.com

Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat tipis dan sangat sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Tidak heran jika kulit mereka mudah mengalami gangguan seperti ruam atau bintik merah. Bintik merah ini biasa muncul setelah bayi berusia beberapa bulan karena kulit mereka masih beradaptasi dengan lingkungan baru.

Meskipun bintik merah ini dianggap wajar dan umum dialami oleh semua bayi, namun sebagai orang tua tentu Moms akan merasa khawatir dalam menghadapinya. Jangan panik Moms, Happinest Indonesia punya beberapa informasi dan cara bagaimana menghilangkan bintik merah pada kulit bayi, yuk disimak!

Jenis-Jenis Dan Cara Penanganan Bintik Merah Pada Bayi

Perlu Moms ketahui jika bintik merah pada bayi ada beragam jenisnya, sehingga perlu penanganan yang berbeda tergantung dari jenisnya. Untuk itu, Moms perlu tahu apa saja jenis bintik merah yang sering dialami oleh bayi, berikut daftarnya:

1. Ruam Popok

Ruam popok ini paling banyak terjadi apabila bayi terlalu lama memakai popok yang sudah terkena urine atau feses. Jika dibiarkan bukan tidak mungkin kulit bayi dapat menjadi bengkak, melepuh, kering atau bahkan lecet. Tanda-tanda tersebut menujukan adanya infeksi oleh jamur.

Apabila mulai muncul bercak pada kulit bayi terutama di sekitar selangkangan, Moms bisa mengatasinya dengan cara rutin mengganti popok dengan popok sekali pakai dan mengoleskan krim atau salep khusus ruam sebelum memakaikan popok pada bayi.

2. Roseola

bintik merah pada kulit bayi setelah demam
Sumber: Yandex.com

Penyakit ini mempunyai nama lain seperti roseola infantum, sixth disease, atau exanthem subitum dan disebabkan oleh virus. Penyakit ini tidak berbahaya dan sering dialami oleh bayi berusia 6 bulan hingga 2 tahun. Sebagai tanda jika bayi terkena penyakit ini yakni demam, pilek, batuk, nafsu makan menurun dan sakit tenggorokan.

Kemudian disusul oleh bintik merah pada kulit bayi setelah demam turun. Bintik merah akan muncul pada dada, perut, dan punggung, kemudian menyebar ke bagian lengan dan leher, bahkan hingga ke wajah dan kaki.

Cara menghilangkan bintik merah ini cukup sederhana, yakni dengan beristirahat yang cukup, banyak minum air putih, dan apabila mengalami demam kompres menggunakan air hangat dan minum obat penurun panas yang sesuai dengan anjuran dokter.

3. Jerawat Bayi

bintik merah pada wajah bayi
Sumber: Freepik.com

Nyatanya jerawat tidak hanya dialami oleh para remaja atau orang dewasa saja, terkadang bintik merah pada wajah bayi bisa jadi itu adalah jerawat. Jerawat bayi muncul saat bayi berusia 2 hingga 4 minggu setelah kelahiran. Sama seperti jerawat pada umumnya, jerawat bayi berupa benjolan kecil berwarna merah atau putih yang muncul di sekitar pipi, dahi, dan hidung. Hingga saat ini penyebab jerawat pada bayi masih belum diketahui, namun Moms tidak perlu khawatir sebab ini dapat hilang dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas.

Bentuk perawatan yang tepat jika bayi terkena jerawat yakni dengan rutin mencuci wajah secara perlahan, tidak menggosok terlalu keras ataupun mencubit area yang terdapat jerawat, dan hindari krim atau produk yang mengandung minyak.

4. Ruam Pada Leher

bintik merah pada leher bayi
Sumber: Yandex.com

Apabila muncul bintik merah pada leher bayi bisa jadi itu adalah gejala khas dari ruam. Bintik-bintik merah yang ada disekitar lipatan leher ini dapat menyebabkan rasa gatal bahkan nyeri. Ada banyak penyebab munculnya ruam pada leher, antara lain:

  • Adanya gesekan pada kulit leher, terutama jika bayi Moms termasuk gemuk ada kemungkinan teradi gesekan antar kulit. Ditambah adanya keringat yang menjadikan area di sekitar leher menjadi lembab dapat menjadi timbulnya ruam pada leher.
  • Sisa ASI yang tumpah ke area leher. Saat sedang menyusui terkadang tetesan ASI dapat keluar dari mulut bayi dan akhirnya mengalir turun ke arah leher. Apabila tidak segera dibersihkan dapat menjadi lembab dan mudah dihinggapi oleh bakteri penyebab ruam.
  • Biang keringat juga dapat menjadi penyebab timbulnya ruam pada leher. Saat suhu udara tinggi, bayi pasti akan mengeluarkan keringat lebih banyak tak terkecuali area di sekitar leher. Keringat yang terperangkap di lipatan leher ditambah gesekan dan udara panas dapat menimbulkan bercak merah.

Cara menghilangkan ruam di leher pada bayi sangat mudah, yakni dengan menggunakan krim atau lotion kulit untuk ruam. Ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memberikan krim terutama pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan. Hal ini untuk mencegah timbulnya alergi pada kulit bayi.

Kedua Moms dapat memakaikan baju dengan bahan yang ringan, lembut dan mudah menyerap keringat. Perlu diingat juga Moms deterjen atau pemutih pakaian yang melekat pada pakaian bayi terkadang dapat menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit bayi.

Ketiga saat mandi pastikan jika air yang digunakan adalah air rebusan. Hal ini untuk memastikan jika air yang digunakan tidak mengandung mikroba atau bakteri yang dapat membahayakan bayi. Dan cara terakhir yakni dengan memijat menggunakan minyak kelapa sebanyak dua kali sehari untuk menghilangkan gejala ruam. Minyak kelapa mengandung anti mikroba dan juga dapat menjadi produk perawatan untuk bayi.

5. Eksim

bintik merah pada anak
Sumber: Sensicare.co.id

Eksim terjadi pada anak berusia 6 bulan yang dapat menyebabkan bintik merah pada anak, gatal, ruam kering dan terkadang menyakitkan. Pada anak, eksim sering muncul di sekitar pipi dan dahi. Seiring bertambahnya usia eksim dapat muncul di lutut, siku, dan lipatan kulit. Eksim akan kambuh apabila kulit kering, bersentuhan dengan benda pemicu alergi, dan iritasi.

Tidak ada obat eksim untuk bayi, namun Moms dapat mengatasinya dengan cara:

  • Memandikan bayi dengan air hangat selama 5 hingga 10 menit.
  • Menggunakan sabun bebas parfum.
  • Mengaplikasikan krim pelembab pada kulit sebanyak dua kali sehari.
  • Tidak menggunakan deterjen yang terlalu keras saat mencuci pakaian.
  • Apabila terlalu parah konsultasikan ke dokter. Biasanya dokter akan meresepkan salep steroid untuk membantu mengurai peradangan kulit.

Selain itu yang paling utama adalah menjaga lingkungan sekitar dan biasakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum bersentuhan dengan bayi. Kita tidak pernah tahu apakah tangan kita cukup bersih untuk bersentuhan dengan bayi atau tidak. Perlu diingat jika kulit bayi masih sangat rentan dan sensitif sehingga perlu perhatian ekstra untuk menjaganya agar selalu sehat. Semoga informasi di atas dapat menambah informasi HappyFams.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Menghilangkan Bintik Merah Pada Kulit Bayi Baru Lahir, Catat Moms"
related post
Penyebab Mata Merah Pada Anak Serta Cara Mencegah Kerusakan Mata Anak

Mata menjadi satu-satunya organ tubuh manusia yang berfungsi untuk melihat. Untuk itu penting bagi setiap ... Lanjut Baca

5 Gendongan Bayi Yang Banyak Digunakan Oleh Ibu Muda Saat Ini

Gendongan menjadi salah satu perlengkapan yang harus dimiliki saat Moms memiliki bayi. Dahulu banyak orang ... Lanjut Baca