Cara Menghadapi Istri Suka Ngambekan Berhari-hari Menurut Islam

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 26 Desember 2021 10:20 WIB
istri ngambek
Sumber: pexels

Dalam berumah tangga tentu wajar apabila terjadi perselisihan hingga menyebabkan istri ngambek. Ada banyak penyebab mengapa dalam rumah tangga yang telah berumur mulai sering terjadi pertengkaran.

Salah paham, salah dengar, salah satu pasangan merasa kelelahan karena pekerjaan, bisa juga karena faktor orang luar. Apapun penyebab pertengkaran, sebagai orang dewasa perlu menyikapinya dengan bijak.

Terlebih posisi Dads yang merupakan pemimpin dalam keluarga sebaiknya mampu meredam amarah saat terjadi pertengkaran. Sebisa mungkin saat istri ngambek segera diselesaikan sehingga suasana rumah kembali ceria. Inilah pentingnya mengetahui hubungan suami istri dari setiap pernikahan.

Sayangnya dalam keluarga, Moms adalah orang paling rentan mengalami mood swing. Sensitif perasaannya, didukung dengan karakteristik wanita yang diibaratkan 9 perasaan dan 1 logika. Laki-laki wajib memahami cara meluluhkan hati istri yang sedang marah.

Cara Menghadapi Istri Ngambek dengan Tepat

BACA JUGA:

Wanita lebih cepat marah, ini hal wajar. Namun Dads tentu tidak tahan jika membiarkannya berlarut dalam waktu lama. Berikut ini solusi yang paling efektif untuk menghadapi pasangan marah, antara lain:

1. Tahan bicara

Istri ngambek bisa berbicara 20.000 kata dalam satu menit dengan intonasi tinggi. Dads tidak perlu mengimbangi apalagi ingin mengungguli. Sebab tidak akan menyelesaikan masalah justru memperparah.

Meski dalam posisi benar, akan lebih baik jika menahan bicara. Diam, persilakan pasangan menyelesaikan apa yang menjadi beban pikiran selama ini. Meski tidak semua perkataannya dapat dimengerti.

2. Dengarkan istri

Cara menghadapi istri suka ngambek adalah mendengarkan istri bicara. Seperti sahabat Rasulullah Umar bin Khattab yang terkenal garang melawan musuh namun diam ketika dimarahi istri. Beliau beranggapan istri sudah berjasa.

Lebih lanjut Umar bin Khattab menyadari bahwa semua adalah kesalahan beliau. Bisa jadi saat pasangan marah, ngambek, sumbernya adalah kesalahan Dads yang mungkin tidak disadari. ini merupakan salah satu cara menjaga hubungan suami istri yang baik.

3. Diamkan sementara waktu

Bagaimana jika istri ngambek minta cerai? Bisa dipastikan permasalahan yang terjadi bukan hal ringan, hingga menyebabkan pasangan seolah menyerah terhadap pernikahan. Dalam hal sebaiknya lebih hati-hati menyikapi.

Sebisa mungkin Dads sebaiknya memberi ruang untuk menyendiri, berpikir secara rasional. Bisa jadi pasangan tidak sengaja melontarkan kata-kata permintaan cerai saat marah. Setelah kondisi mulai mendingin Dads bisa mengajaknya bicara.

4. Beri pelukan

istri ngambekan
Sumber: xframe.io

Sentuhan seperti pelukan, belaian lembut, efektif meredakan emosi wanita yang marah. Wanita lebih mudah luluh saat mendapat sentuhan yang membuatnya nyaman dan merasa dilindungi. Maka jangan sungkan untuk segera memeluknya.

Meredakan istri suka ngambek menurut Islam salah satunya adalah bersikap lemah lembut. Dalam artian tidak membentak dan main tangan. Sebaliknya memberi tatapan, perkataan serta sentuhan lembut.

5. Minta maaf

Istri ngambek, sebaiknya segera minta maaf baik salah atau tidak. Minimal tidak terjadi perdebatan panjang yang melelahkan. Dads bisa menurunkan tensi pertengkaran dengan permintaan maaf yang tulus.

Selanjutnya, tanyakan apa sebenarnya yang salah. Wanita umumnya tidak akan memperpanjang masalah apabila salah satu pihak sudah mengalah dengan minta maaf. Terlebih permasalahan terjadi dengan pasangan.

6. Beri pujian

Beri pujian untuk hal-hal kecil yang dilakukan pasangan meski dalam diam. Terkadang istri ngambekan dengan tidak mengatakan apa-apa selama beberapa waktu. Dads bisa memancingnya dengan terus mengatakan hal-hal yang positif.

Wanita sangat suka dipuji baik sesuai dengan kondisi maupun tidak. Saat suasana hati sudah membaik, maka semua yang salah dapat dibicarakan dengan kepala dingin. Cara ini efektif meredakan istri marah.

7. Bantu pekerjaan rumah

Istri ngambek berhari-hari bisa jadi karena lelah dengan pekerjaan rumah atau memiliki masalah yang mengganggu pikiran. Sebaiknya Dads tidak membuang waktu dengan langsung memberikan bantuan mengerajakan pekerjaan rumah.

Tidak mengapa sedikit memberikan tenaga serta waktu untuk membantu cuci baju, cuci piring, menemani anak belajar dan sebagainya. Selain langsung luluh, dipastikan wanita manapun akan mengucap terima kasih.

8. Berikan kado spesial

Wanita selalu suka dengan kejutan, apalagi dari orang yang dicintai. Suasana hati seketika berubah bahagia ketika mendapat sebuah kado meski nilainya tidak seberapa. Dads bisa membelikan barang kesukaannya.

Contoh perhiasan, skincare, perabot rumah tangga yang sedang hits. Tidak apa jika sebaiknya mengeluarkan budget lebih untuk kado spesial ini. Lebih maksimal lagi memberikannya dengan mengajak makan malam romantis.

Meski merupakan hal wajar namun setiap pertengkaran sebaiknya berujung baik bagi kedua belah pihak. Demi menjaga keutuhan rumah tangga dan keharmonisan hubungan, Dads adalah orang paling berpengaruh menenangkan saat istri ngambek.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Menghadapi Istri Suka Ngambekan Berhari-hari Menurut Islam"
related post
8 Cara Mengatasi Suami Yang Marah Tapi Diam Kepada Istri Tanpa Sebab

Suami marah adalah situasi yang sangat tidak nyaman tentunya Moms. Apalagi jika karakter suami adalah ... Lanjut Baca

Mengungkap 5 Kriteria Pasangan Hidup Dalam Pernikahan Yang Bikin Awet

Dalam memilih suami atau istri, mengetahui kriteria pasangan hidup yang ideal menjadi hal sangat penting ... Lanjut Baca