Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Waktu Baca: 3 menitMinggu, 25 Oktober 2020 09:14 WIB
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim
Sumber: pixabay

Penghasilan atau gaji yang besar belum tentu dapat mencukupi kebutuhan keluarga setiap bulannya, bila tidak dapat terbiasa melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Penghasilan yang minim juga bisa mencukupi HapyFams jika tahu cara mengatur keuangan rumah tangga. Sehingga tak akan merasa kerepotan jika akhir bulan tiba dan tagihan datang menyerbu.

Berikut ini Happinest Indonesia berbagi cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim, yuk disimak HappyFams!

Dahulukan yang Penting dan Pokok

Pertama tama ketika mendapatkan penghasilan atau gaji selalu dahulukan terlebih dahulu beberapa kebutuhan yang pokok dan penting, yakni seperti biaya kebutuhan makan antara lain seperti biaya beras dan lauk pauk setiap bulannya. Selain itu menyisihkan uang untuk tagihan bulanan seperti, tagihan iuran BPJS bulanan untuk seluruh keluarga sebagaimana yang telah tercantum di KK (Kartu Keluarga), tagihan listrik bulanan, dan harus dapat memperkirakan kebutuhan biaya listrik untuk setiap bulannya jika menggunakan sistem token, lalu sisihkan dana anggarannya.

Dan masih banyak lagi biaya-biaya bulanan lainnya, terlebih lagi HappyFams sudah memiliki keluarga sendiri dan anak, contohnya seperti di bawah ini (jika ada):

  • Biaya sekolah anak
  • Biaya pembelian obat jika ada yang ajib dibeli setiap bulannya
  • Biaya transportasi termasuk biaya bensin dan biaya perawatan kendaraan setiap bulannya
  • Biaya cicilan kendaraan
  • Biaya sewa atau kontrak rumah
  • Biaya cicilan rumah
  • Biaya pajak, seperti PBBB, STNK dan BPkB biaya pokok dan rutin setiap tahunnya.

Dan lain sebagainya, sebagai pengeluaran rutin yang diutamakan pembayarannya. Gunakan dan upayakan untuk menekan dan menghemat biaya rutin dan pokok setiap bulannya itu juga HappyFams. Sehingga kalau bisa pada bulan berikutnya biaya tersebut bisa semakin berkurang dan mengecil.

Cari Penghasilan Tambahan

cari penghasilan tambahan
Sumber: pexels

Guna menutup kekurangan dan menambah pemasukan maka bisa mencari side job atau usaha sampingan sebagai pemasukan tambahan. Ada banyak kerja sampingan yang bisa dipilih, apalagi jika kerjaan sampingan tersebut sesuai dengan hobi maka itu akan bisa lebih menyenangkan lagi, bisa mengisi waktu luang dan mengerjakan hobi secara gratis bahkan dibayar.

Investasikan Uang Lebih

Sisihkan uang yang lebih setiap bulannya untuk diinvestasikan dan jangan digunakan sama sekali sampai tujuan dari investasi tersebut tercapai, misalnya untuk biaya terdesak, biaya kuliah anak, untuk membeli rumah baru, untuk menikah, maupun untuk hari tua. Cara investasi salah satunya bisa disimpan dalam bentuk deposito. Hal ini guna memaksimalkan bunganya dibanding tingkat inflasi. Dan juga karena senilai tersebut adalah batas maksimal deposito bebas pajak. Depositokan di BPR (Bank Prekreditan Rakyat) jika dibandingkan Bank Umum, karena hasil bunganya bisa maksimal dan mengimbangi tingkat inflasinya, serta bisa segera dinikmati hasilnya setiap bulannya.

Hasil bunga setiap bulannya dari deposito tersebut bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan pokok rutin setiap bulannya juga. Dana bisa dIsebar ke beberapa BPR, lebih dari satu, dan bunganya bisa diminta untuk disetorkan secara otomatis ke satu rekening tabungan saja, guna memudahkan pada saat pengambilan atau penggunaannya. Dengan demikian happyFams bisa lebih tenang setiap bulannya karena telah tersedia dana pasti setiap bulannya untuk membiayai kebutuhan pokok utama yang rutin. Dengan demikian jika suatu saat berhenti dari pekerjaan pun tidak membuat terlalu panik dan kebingungan.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim supaya HappyFams dapat menjalankan hidup lebih tenang dan bahagia bersama keluarga

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim"
related post
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Tahukah HappyFams bahwa seberapa besar pendapatan atau pemasukan jika tidak bisa mengelola dengan baik maka ... Lanjut Baca