Cara Mengatasi Kulit Kusam Yang Mudah Dilakukan Moms Saat Di Rumah

Waktu Baca: 5 menitSenin, 20 April 2020 10:00 WIB
Cara Mengatasi Kulit Kusam
Sumber: Wowitloveithaveit.com

Kulit kusam menjadi musuh bagi wanita karena bisa merusak penampilan dan membuat wajah kurang segar. Melihat artis korea favorit dengan kulit wajah cerah, kenyal, glowing tentu jadi impian agar tampil lebih menawan. Sayangnya, untuk mendapatkan kulit cerah ala wanita korea ini tak mudah. Apalagi bagi Moms yang setiap hari berhadapan dengan berbagai kondisi cuaca lembab negara tropis, serta polusi udara. Untuk mencegahnya, yuk simak ulasan lengkap berbagai penyebab kulit kusam berikut ini.

1. Stres

Kulit Kusam Karena
Sumber: Med-mash.ru

Stres, meski berhubungan dengan psikologis, namun memiliki banyak efek negatif bagi tubuh. Selain menurunkan kinerja imun, stres yang memproduksi hormon adrenalin berlebihan akan meningkatkan produksi sebum atau minyak pada kulit. Produksi minyak berlebih ini membuat wajah terlihat mengkilap dan berpotensi menjerat banyak bakteri dan kotoran untuk menempel pada kulit wajah. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit Moms menjadi kusam.

2. Fluktuasi Hormon

Kulit Kusam Kering
Sumber: Medicaltalk.net

Apakah Moms pernah merasa kulit menjadi kusam ketika sedang menstruasi? Hal ini disebabkan oleh produksi hormon estrogen dan progesteron yang menurun. Penurunan kadar kedua hormon ini memicu peluruhan dinding rahim dan hilangnya darah sebanyak 35 hingga 80 ml dalam seminggu. Akibat kondisi ini, kulit kusam pun dapat muncul.

Shah dan Maibach (2001) dalam publikasinya yang berjudul "Estrogen and Skin. An Overview" di American Journal of Clinical Dermatology mengatakan kadar hormon estrogen memiliki kaitan yang cukup erat dengan kondisi kulit wanita. Contohnya seperti pada wanita menopause yang kondisi kulitnya sudah mulai keriput akibat menurunnya produksi hormon estrogen.

3. Keletihan Dan Dehidrasi

Kulit Kusam Dan Berjerawat
Sumber: Honestdocs.id

Tahukah Moms? Keletihan dan dehidrasi juga bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Kulit kusam karena keletihan bisa terjadi saat tubuh sudah terlalu lelah sehingga memicu timbulnya stres. Begitu juga saat tubuh dehidrasi yang memicu kulit menjadi kering dan kelembapannnya berkurang. Saat kulit kering inilah produksi minyak malah jadi berlebihan dan membuat kulit jadi rentan untuk terlihat kusam sehingga kurang menawan.

4. Paparan Radikal Bebas Dan Polutan

Kulit Kusam Saat Hamil
Sumber: Nuga.co

Meski tak kasat mata, radikal bebas dan polutan yang beterbangan di udara juga menjadi salah satu penyebab kulit kusam dan berjerawat bagi Moms. Karena itulah, penting sekali untuk merawat kulit dengan rajin membersihkannya setiap hari. Tak lupa pula untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas yang terlanjur bersarang di dalam tubuh agar kulit menjadi lebih sehat.

Cara Mengatasi Kulit Kusam Agar Cerah Kembali

Kulit Kusam
Sumber: Honestdocs.id

Ada banyak cara mengatasi kulit kusam yang dapat Moms lakukan agar kulit terlihat cerah kembali. Yakni dengan melakukan berbagai perawatan untuk kulit kusam, serta melakukan pencegahan dengan menghindari penyebab kulit kusam. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit cerah kembali? Berikut penjelasannya.

1. Membersihkan Wajah Dengan Benar

Skincare Untuk Kulit Kusam
Sumber: Champneys.com

Faktanya, wajah sebenarnya adalah bagian kulit yang cukup rapuh dan sensitif terhadap perubahan lingkungan sehingga butuh cara khusus untuk merawatnya. Salah satu cara termudah adalah dengan membersihkannya menggunakan sabun berbahan lembut. Frekuensi membersihkan wajah yang disarankan adalah dua kali, ketika bangun tidur, dan setelah selesai beraktivitas di luar rumah, atau saat menjelang tidur.

Jangan pula terlalu sering mencuci muka ya, Moms! Karena surfaktan yang ada pada sabun wajah dapat menghilangkan minyak alami, yang justru memicu kulit kusam kering. Untuk membuat wajah lebih bersih maksimal, Moms juga bisa memanfaatkan kain lembut atau sponge khusus untuk wajah agar kotoran dan sel kulit mati ikut terangkat. Rajin membersihkan wajah juga menjadi salah satu langkah efektif untuk menghilangkan jerawat.

2. Jangan Terlalu Lama Mandi Dengan Air Hangat

Kulit Kusam Mandi Air Hangat
Sumber: Thelifepile.com

Apakah Moms suka berendam atau mencuci wajah dengan air hangat? Sebenarnya, mandi air hangat memang bagus untuk rileksasi, namun jangan lebih dari 10 menit ya, Moms. Jika terlalu lama, air hangat membuat minyak dan lemak di wajah menjadi larut. Hal ini menyebabkan kelembapan kulit berkurang yang membuat kulit jadi kering dan bisa memicu produksi minyak jadi berlebihan yang juga menjadi menjadikan kulit terlihat kusam.

3. Rajin Makan Kacang Kedelai

Kulit Kusam Makan Kedelai
Sumber: Dailybreeze.com

Untuk mengatasi kulit kusam juga bisa dengan menutrisi kulit dari dalam tubuh Moms. Yakni dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang bagus untuk kulit. Seperti tahu, tempe, susu kedelai, atau kacang kedelai untuk meningkatkan kadar protein kulit. Protein dibutuhkan kulit untuk membentuk kolagen yang mengatur kekenyalan kulit. Protein dalam kedelai sangat disarankan karena mengandung isoflavon yang bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel.

4. Oleskan Pelembab Alami Atau Buatan

Kulit Kusam Pakai Pelembab
Sumber: Istyle.id

Pelembab berfungsi sebagai pengatur kadar minyak di kulit agar tidak berlebihan. Karena itu, Moms juga perlu untuk menggunakan pelembab secara rutin. Moms bisa memilih skincare untuk kulit kusam dengan fungsi yang sekaligus melembapkan. Alternatif lain, Moms juga bisa menjaga kelembapan kulit menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun atau gel lidah buaya. Minyak zaitun dapat memiliki fungsi untuk membuat kulit jadi lebih bersih dan segar lho, Moms. Sementara, kandungan dalam aloe vera dapat mempercepat pembelahan sel, serta menghilangkan kulit mati sehingga kulit bebas kusam dan terlihat lebih cerah.

5. Rajin Minum Air Putih Dan Makan Buah Segar

Kulit Kusam Air
Sumber: Foodandnutrition.org

Rajin minum air putih dapat membuat tubuh jadi lebih segar dan kelembapan kuli Moms ikut terjaga. Saat tubuh kekurangan cairan, kulit pun bisa terlihat kusam dan kering. Maka, untuk mendapatkan kulit cerah kembali, Moms juga perlu menjaga asupan nutrisi dari buah-buahan segar. Buah mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Itulah Moms, 5 cara mengatasi kulit kusam yang bisa Moms lakukan agar kulit kembali terlihat cerah. Iringi pula dengan mengonsumsi makanan sehat dan sebisa mungkin hindarilah junk food yang juga tidak bagus untuk kesehatan. Apakah Moms punya tips lain untuk mengatasi masalah kulit kusam? Jangan lupa berbagi tipsnya di kolom komentar ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Mengatasi Kulit Kusam Yang Mudah Dilakukan Moms Saat Di Rumah"