Cara Mengatasi Asma Kambuh Dengan Olahraga, Asma Bisa Sembuh Tuntas

Waktu Baca: 2 menitKamis, 10 September 2020 14:40 WIB
Pola Hidup Sehat Olahraga Teratur
Sumber: mobirise

Penderita asma biasanya membatasi diri melakukan kegiatan yang berat, karena takut penyakit asmanya akan kambuh. Padahal, olahraga yang dilakukan dengan tepat justru dianjurkan karena bisa melatih pernafasan dan meningkatkan stamina serta menyembuhkan penyakit asma secara total.

Jangan jadikan penyakitmu sebagai alasan untuk bergerak, seleksi beberapa jenis olahraga berikut yang aman bagi penderita asma. Tentunya dengan porsi yang sesuai ya HappyFams!

Berenang

Berenang jadi pilihan olahraga terbaik buat penderita asma karena dilakukan di lingkungan yang hangat dan lembap, sehingga mengurangi risiko kambuhnya sesak nafas. Selain itu, melakukan aktivitas fisik di kolam renang juga dapat melatih pernafasan jadi lebih kuat dan teratur, serta melunturkan lendir yang ada di paru-paru. Tapi, perlu diingat nih, sebaiknya menghindari kolam renang yang berbau klorin menyengat supaya tidak memicu serangan asma.

Golf

Identik dengan olahraga mewah dan khas pria, golf bisa jadi pilihan olahraga tepat buat penderita asma. Aktivitas mengayunkan tangan dan berjalan santai di lapangan berumput hijau ini ampuh mengurangi gejala asma. Tapi, tetap wajib waspada jika memiliki kecenderungan alergi pada serbuk sari tumbuhan yang bikin asma mudah kambuh.

Berjalan Santai

Murah dan dapat dilakukan di mana saja maupun kapan saja. Berjalan santai bisa meringankan deritanya tekena asma. Gunakan pakaian yang nyaman dan sepatu olahraga yang tepat, lalu mulai dengan pemanasan selama lima menit. Lanjutkan berjalan santai selama 30 menit, dan jangan lupa untuk melakukan pendinginan selama lima menit.

Lakukan secara rutin, minimal 4 kali seminggu untuk menjaga kebugaran tanpa harus tersiksa oleh serangan asma. Dalam cuaca dingin misalnya di pagi hari atau sore hari yang berpolusi, tutup mulut dan hidung dengan syal atau masker untuk menghangatkan udara sebelum masuk ke paru-paru.

Olahraga raket

Selama bukan mengikuti pertandingan, tenis maupun badminton bisa jadi olahraga seru buat si penderita asma. Keputusan ada di tanganmu, mulai dari mengatur kecepatan permainan, kapan harus mengejar bola atau istirahat di pinggir lapangan. Tapi perlu diingat, ancaman asma bisa datang pas tubuh mulai mengalami dehidrasi. So, jangan lupa untuk selalu membawa botol minum dan meminumnya untuk menghindari kekurangan cairan tubuh.

Yoga

Olahraga yang menitikberatkan pada teknik pernafasan ini oke banget buat penderita asma. Berlatih yoga secara rutin, misalnya 2 kali per minggu, efeknya dapat menguatkan paru-paru sehingga dapat mengurangi obat-obatan dan terhindar dari ketergantungan. Selain yoga, olahraga Tai Chi yang identik dengan seni bela diri ini juga punya efek yang sama untuk menguatkan pernafasan.

Selain menyembuhkan asma, yoga juga sangat bagus untuk menghilangkan stress loh. Coba deh Moms pelajari ini aturan ini untuk menghilangkan stress dengan yoga.

Memiliki penyakit asma bukan berarti hanya berdiam diri sepanjang hari di rumah. Olahraga dengan porsi yang tepat secara rutin dan teratur niscaya dapat menyembuhkan penyakti asma sampai tuntas. Konsultasikan kondisi kesehatan HappyFams pada dokter dan minta saran jenis olahraga terbaik dengan risiko gangguan kesehatan paling minimal. Yuk olahraga!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Mengatasi Asma Kambuh Dengan Olahraga, Asma Bisa Sembuh Tuntas"
related post
Suara Perut Keroncongan Di Saat Penting, Ini Trik Menghilangkannya

Sedang asyik-asyiknya rapat dengan atasan, ketika bos sedang menjelaskan tentang rencana perusahaan tiba-tiba saja mendadak ... Lanjut Baca

Daftar Makanan Instan Sehat Untuk Bayi & Ibu Hamil Di Rumah

Makanan instan menjadi pilihan banyak orang karena dianggap praktis dan tidak membutuhkan waktu lama untuk ... Lanjut Baca

Waspada Balita Muntah Dan Demam, Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Ketika buah hati sedang sakit, tentu rasa cemas pasti akan dirasakan oleh semua orang tua. ... Lanjut Baca