Cara Mengakhiri Hubungan Dengan Baik Tanpa Menyakitinya

Waktu Baca: 3 menitSelasa, 10 Maret 2020 10:00 WIB
Efek Lama Tidak Berhubungan Intim
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Tak selamanya suatu hubungan berjalan sesuai yang diinginkan. Walau pertengkaran adalah hal yang biasa, namun pertengkaran yang terlalu sering dan tidak berkesudahan adalah pertanda Moms harus mengambil tindakan: perbaiki atau tinggalkan. Malah pada tingkatan hubungan yang sudah abusive (tidak sehat), sebaiknya Moms harus segera mengakhiri hubungan.

Beberapa tanda hubungan yang sudah tidak sehat adalah dominasi dan kontrol, kebiasaan tidak menghargai pasangan, overkritik dan penjatuhan harga diri, hingga kekerasan. Jika masih terbersit pikiran Moms untuk 'memperbaiki' pasangan, sebaiknya jangan dilakukan. Belum tentu ia dapat berubah karena dirimu. Lebih baik hargai diri sendiri dengan memberikan kebahagiaan yang lebih baik: kebebasan.

Demi rasa sayang Moms pada diri sendiri, mulailah memikirkan cara mengakhiri hubungan yang tidak sehat tersebut. Prioritaskan untuk mengakhiri hubungan tanpa menyakiti pasangan secara berlebihan. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya dalam artikel Happinest berikut ya!

1. Ajak Berbicara Hingga Dipastikan Tidak Ada Titik Temu

cara mengakhiri hubungan
Sumber: Yandex.com

Langkah awal penyelesaian masalah adalah 'negosiasi' atau 'langkah kekeluargaan'. Usahakan masalah diselesaikan dengan baik dan tuntas. Ajak pasangan berbicara dan mengungkapkan uneg-unegnya. Bila langkah ini sudah dilakukan, Moms dapat menilai apakah hubungan masih dapat dipertahankan atau tidak. Untuk memupuk kembali keintiman dengan pasangan, Moms bisa lakukan seks setelah bertengkar supaya hubungan kembali bergairah.

Usahakan selalu minimalkan keterlibatan orang lain dalam penyelesaian masalah. Tidak perlu bercerita kesana kemari untuk menyelesaikannya. Karena masalah internal keluarga atau dengan pasangan Moms adalah masalah yang unik dan hanya bisa diselesaikan dengan cara kalian sendiri. Jika tidak kunjung ada titik terang dan dirasa sudah terlalu abusif, maka Moms sebaiknya mengakhiri hubungan dengan baik.

2. Ucapkan Kata Perpisahan Dengan Jujur

cara mengakhiri hubungan dengan baik
Sumber: Yandex.com

Mengungkapkan kata perpisahan adalah hal yang berat, jujur, apalagi jika masih cinta. Ketika mengingat segala yang baik, rasanya tidak tega. Kembali rasanya bimbang dan ragu, apakah berpisah adalah langkah yang benar? Jika perasaan ini muncul, ketahuilah mungkin hal yang sama terjadi di pasangan Moms. Ingatlah perasaan ini untuk menciptakan momen perpisahan yang lebih tidak menyakitkan.

Tidak ada momen perpisahan yang tidak sakit. Semuanya sakit, maka pilihlah kata kata untuk mengakhiri hubungan yang baik dan tidak merendahkan perasaan pasangan. Jujurlah, ungkapkan segala perasaan dan pertimbangan Moms. Namun hindari untuk menceritakan terlalu detail. Apalagi jika pasangan Moms adalah orang yang abusive, biasanya mereka pandai melakukan segala macam cara agar kita ragu dan kembali padanya.

Katakan dengan tegas, "Walau ada yang menyenangkan dalam hubungan yang kita jalani, tapi kurasa kita sebaiknya berakhir di sini untuk kebaikan masing-masing." Yang harus diingat adalah, jangan lupa berterima kasih padanya atas segala sesuatu yang kalian jalani. Walau abusive, pasti pernah ada memori menyenangkan.

Yakinkan dia pada dasarnya ia adalah orang baik, namun ada terlalu banyak hal yang tidak sejalan atau banyak hal di dalam dirinya yang harus diperbaiki. Doakan dia mendapat orang yang lebih baik di saat yang tepat. Kebanyakan kata perpisahan memang menyakitkan walau berada dalam bentuk, "Kamu terlalu baik untuk aku". Kata-kata omong kosong ini terdengar manis namun sesungguhnya tidak masuk di akal. Usahakan untuk mengungkapkan alasan dengan jujur dan tegas, namun tidak menyakiti hatinya secara mendalam.

3. Ungkapkan Perpisahan Di Tempat Privat Dan Minim Tekanan

mengakhiri hubungan dengan baik
Sumber: Yandex.com

Cara mengakhiri hubungan dengan baik juga membahas pemilihan tempat. Tempat untuk putus yang baik adalah di tempat yang tidak sepenuhnya sepi dan ada celah untuk menyelamatkan diri, namun masih ada ruang privat untuk Moms dan pasangan.

Kenapa harus ada orang dan celah? Pada kasus pasangan abusive, ada kemungkinan mereka dapat memberikan respon yang buruk sekali. Ada yang sampai melakukan kekerasan fisik pada pasangan yang minta putus. Maka pertimbangkan juga aspek keamanan ya! Pertimbangkan, ruang privat juga harus ada. Bagaimanapun, hubungan adalah privasi kalian berdua. Jika banyak orang yang tahu, bukannya akan jadi memalukan?

4. Simak Pendapat Pasangan Dengan Baik

tanda hubungan tidak harmonis
Sumber: Yandex.com

Jika pasangan memiliki pendapat sendiri mengenai putusnya kalian, maka sebaiknya dengarkan dulu. Walau rasanya sudah nonsense bagi Moms, dengarkan saja agar ia tetap merasa dihargai dan tidak tersakiti secara mendalam. Namun disini, Moms harus tegas. Argumen pasangan yang masih cinta berpotensi menyeret Moms kembali. Jika dalam hubungan Moms lebih dirugikan, maka sebaiknya tegaslah dengan pernyataan putus tersebut.

5. Bertanggung Jawab Menyelesaikan Segala Urusan

jarang berhubungan seks
Sumber: Yandex.com

Setiap pasangan pasti memiliki masalahnya masing-masing, begitu pula tanggung jawabnya. Jika Moms adalah orang yang bertanggung jawab, masukkan penyelesaian urusan sebagai salah satu daftar dalam mengakhiri sebuah hubungan. Jika terdapat anak, harta, atau hutang berdua, maka bicarakan hingga tuntas, dan selesaikan.

Jangan sampai lari begitu saja. Kalian yang memulai, maka akhirilah baik-baik supaya tidak jadi beban dan dendam di kemudian hari. Jika berani, lakukan permintaan minta maaf juga kepada kedua orangtua pasangan bahwa Moms tidak dapat melanjutkan hubungan tersebut. Jalin komunikasi yang baik setelahnya walau tak seharusnya terlalu dekat lagi.

Demikian lima cara terbaik untuk mengakhiri hubungan ya, Moms. Bila Moms punya pengalaman seputar mengakhiri hubungan dengan baik, share di komentar ya! Atau bagikan artikel ini pada mereka yang sedang galau dengan hubungannya. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Mengakhiri Hubungan Dengan Baik Tanpa Menyakitinya"
related post
Ini Loh Yang Dilihat Pasangan Saat Bercinta, Coba Deh Moms Praktekkan

Moms masih sering gelisah saat pasangan mulai memberikan kode-kode tertentu? Bercinta memang dapat ... Lanjut Baca

Ide Memilih Hadiah Istimewa Ulang Tahun Pernikahan Yang Bikin Berkesan

Untuk urusan memberi kado, wanita memang jagonya. Sering kali suami dibikin klepek-klepek dengan kejutan yang ... Lanjut Baca