Cara Mengajarkan Anak Untuk Pintar Mengatur Uang Sejak Usia Dini

Waktu Baca: 3 menitSenin, 06 Juli 2020 08:30 WIB
Cara Mengatur Keuangan
Sumber: Salescache.co.uk

Kemampuan untuk mengelola keuangan dalam diri sebenarnya dapat dibentuk melalui didikan orang tua, HAPPYfams. Jadi kalau HAPPYfams ingin buah hati memiliki pengelolaan finansial yang baik saat dewasa, maka mulailah untuk membentuk karakter tersebut sejak dini.

Tenang saja, ada banyak cara untuk menumbuhkan kemampuan itu pada anak kok HAPPYfams. Nah berikut ini adalah beberapa tips tentang cara mengatur uang yang bisa diterapkan pada buah hati sejak usia dini. Yuk cek apa saja cara tersebut HAPPYfams.

1. Tanamkan Pemahaman tentang Apa Sebenarnya Uang Itu Sejak Dini

Anak Pintar Mengatur Keuangan
Sumber: pexels.com/Ketut Subiyanto

Usia anak memang belum paham banyak tentang hal-hal yang berkaitan dengan keuangan. Akan tetapi di situlah peran HAPPYfams sebagai orang tua untuk membuat buah hati bisa memahami sebenarnya apa sih uang itu. Apalagi dalam keseharian anak tentu akan 'akrab' dengan alat pembayaran ini.

Beritahu kepada anak tentang apa fungsi dari uang dan kenapa mereka membutuhkannya. Selain itu yang paling penting adalah memberi pemahaman bahwa uang tidak serta merta bisa diperoleh, melainkan butuh usaha. Dengan begitu anak akan belajar mengharagi uang, HAPPYfams.

2. Biasakan Anak Menyisihkan Uang untuk Ditabung

Anak Pintar Mengatur Uang
Sumber: Idu-dance.com

Mendidik anak tentang cara mengatur uang sejak dini juga bisa dilakukan dengan membiasakan mereka menyisihkan uang, HAPPYfams. Cara ini sebenarnya bisa menjadi menyenangkan untuk anak kalau HAPPYfams bisa mengelolanya dengan baik lho. Modifikasi saja sesuai dengan ide yang HAPPYfams miliki.

Misalnya berikan buah hati celengan dengan bentuk karakter kesukaan mereka. Sampaikan bahwa ketika celengan itu sudah penuh, maka anak bisa menabungnya di bank atau dipakai untuk membeli sesuatu. Dengan begitu anak tentu akan lebih bersemangat menabung uang pada celengannya, HAPPYfams.

3. Beri Pemahaman Mengenai Perbedaan Antara Keinginan dan Kebutuhan

Metode Mengatur Keuangan
Sumber: Timeout.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau anak-anak kerap meminta atau bahkan memaksa orang tua membelikan sesuatu. Tenang saja, kondisi ini merupakan hal yang cukup wajar HAPPYfams. Akan tetapi tidak bisa dibiarkan begitu saja sebab bisa membentuk anak menjadi pribadi egois dan keras kepala.

Oleh sebab itu penting bagi HAPPYfams untuk memberi pemahaman tentang apa itu keinginan dan kebutuhan. Kebutuhan adalah hal yang harus dipenuhi seperti tempat tinggal dan makanan, sedangkan keinginan hanya sebatas apa yang ingin dimiliki. Jadi tidak selamanya keinginan harus diperturutkan.

4. Sesekali Ajaklah Buah Hati Ikut Berbelanja Bersama

Cara Mengatur Uang
Sumber: Laredoemergency.com

Percaya tidak HAPPYfams kalau anak-anak biasanya lebih mudah memahami suatu hal dengan cara praktik atau aktivitas langsung dibanding petuah? Metode ini juga bisa HAPPYfams terapkan untuk membuat anak pintar mengatur uang. Salah satu caranya yaitu melibatkan dalam kegiatan berbelanja.

Sesekali ajaklah buah hati ikut berbelanja kebutuhan rumah di supermarket. Libatkan mereka saat HAPPYfams hendak memilih salah satu barang, misalnya roti. Pada saat inilah HAPPYfams bisa sekaligus menjelaskan tentang perbandingan kualitas produk dan kebijakan dalam memilih suatu barang.

BACA JUGA:

5. Bermain Jual Beli dengan Buah Hati? Tidak Masalah!

Cara Mengatur Uang Sejak Dini
Sumber: Colburnfinancial.com

Sama halnya dengan berbelanja bersama, HAPPYfams juga bisa bermain jual beli dengan buah hati untuk melatih kemampuan pengelolaan uangnya. Skenario permainannya cukup sederhana yaitu menjadi penjual dan pembeli. Manfaatkan saja barang yang ada di rumah sebagai jualan.

Ketika anak menjadi pembeli, berikan list belanja serta sejumlah uang pada mereka. Pantau bagaimana mereka bisa mengelola keuangan tersebut agar cukup untuk membeli semua kebutuhan. Jangan lupa untuk bertukar posisi sesekali untuk meningkatkan kemampuan buah hati berhitung ya, HAPPYfams.

6. Saat Masuk Usia Sekolah, Cobalah Memberi Jatah Uang Jajan Mingguan

Mengatur Uang Sejak Dini
Sumber: Money-revealed.com

Setelah buah hati cukup besar dan sudah mulai bersekolah, cobalah untuk menjatah uang jajang mereka selama satu pekan, HAPPYfams. Metode ini juga merupakan salah satu cara mengatur uang sejak dini yang terbilang ampuh. Asumsikan bahwa anak sudah paham teori kebutuhan dan keinginan, ya HAPPYfams.

Dengan begitu buah hati akan lebih berhati-hati dalam mengelola keuangannya selama satu pekan itu, HAPPYfams. Sebaiknya sediakan bekal untuk mereka agar bisa lebih berhemat. Jangan lupa juga untuk memberi reward jika anak berhasil dan ganjaran apabila gagal.

7. Orang Tua Adalah Teladan Paling Baik untuk Anak

Anak Mengatur Uang Sejak Dini
Sumber: Reachma.org

Mengajarkan anak untuk mengelola keuangan dan berhemat sejak dini memang sangat penting, HAPPYfams. Apalagi dalam masa pandemi seperti ini beberapa pekerjaan terancam akan hilang. Akan tetapi sebelum itu satu hal yang wajib HAPPYfams catat baik-baik adalah menjadi contoh untuk buah hati.

Seringkali kegagalan didikan pada anak bukan terletak dari metode yang digunakan. Melainkan sumber utamanya adalah diri orang tua sendiri. Kenapa? Sebab ada banyak kasus di mana orang tua sibuk menasehati dan mereka justru tidak melakukan itu. Jadi berikan contoh pada buah hati bahwa HAPPYfams juga selalu menabung dan mengatur keuangan.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan yang bisa HAPPYfams terapkan pada buah hati. Selalu ingat bahwa keberhasilan setiap cara tergantung dari HAPPYfams sendiri. Kalau HAPPYfams memiliki kritik, saran, pertanyaan, atau ingin sharing seputar hal ini maka langsung saja meninggalkan diri kolom komentar berikut.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "Cara Mengajarkan Anak Untuk Pintar Mengatur Uang Sejak Usia Dini"